ANALISIS COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT KAUM LESBIAN “FEMME” DENGAN MASYARAKAT LINGKUNGANNYA (STUDI KASUS DI KOTA MEDAN)

  • Angga Tinova Yudha Universitas Medan Area
Keywords: Communication Privacy Magamenent, Self Disclosure, Lesbian

Abstract

Penelitian ini berawal dari rasa penasaran tentang kaum lesbian dalam bersosialisasi. Apalagi secara umum keberadaan mereka belum bisa diterima. Lesbian dianggap sebagai aib dalam agama, adat dan sosial budaya masyarakat di Kota Medan. Setelah ditelusuri lebih lagi, ternyata lesbian sendiri terbagi dalam tiga jenis. Femme, butchy, dan andro. Dalam kasus ini kami berfokus meneliti tentang lesbian “femme.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan Paradigma Konstruktivisme melalui teori manajemen privasi (CPM) untuk memperkuat penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode snowball dan studi dokumentasi, kemudian disajikan dalam bentuk narasi. Peneliti mendapati individu menutup rapat informasi privat dari masyarakat lingkunganya tentang penyimpangan seksual sebagai lesbian femme. Namun, terbuka dalam interaksi dan aktivitas sehari-hari. Masyarakat lingkungannya sulit mengenali penyimpangannya tersebut. Pengungkapan identitas diri dilakukan kepada sahabat atau komunitasnya dan masyarakat yang bisa memaklumi perilakunya. Penelitian ini merupakan kerahasiaan informasi penyimpangan orientasi seksual kaum lesbian femme kepada lingkungan sekitarnya, sehingga harus dijaga dan penuh kehati-hatian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dayakisni, Tri dan Hudaniah. 2006. Psikologi Sosial. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Devito, A. Joseph. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group

Krisnawati, Vera Eka. 2017. Komunikasi Masyarakat Jepang Ditinjau Dari Sisi Manajemen Privasi Komunikasi. Interaksi Jurnal Ilmu Komunikasi, volume 6 nomor 1, 38-47.

Masyitah. 2016. Analisis Interaksi Simbolik Kaum Lebian Butch dengan Masyarakat Lingkungannya. Wacana, volume 15 nomor 3, 181-279.

Moleong, J. Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Njotoraharjo, Felicia. 2014. Manajemen Komunikasi Privasi Seorang Mantan Pria Simpanan. Jurnal e-komunikasi, volume 2 nomor 3.

Petronio, Sandra. 2002. Boundaries of Privacy: Dialetics of Disclosure. New York: SUNY Press

Sugiarto, Irine Angelina. 2017. Manajemen Komunikasi Privasi Kaum Lesbian di Kota Samarinda. E-journal Ilmu Komunikasi, volume 5 nomor 3, 580-592.

West, Richard dan Turner, H. Lynn. 2013. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Published
2021-11-20
How to Cite
Yudha, A. (2021). ANALISIS COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT KAUM LESBIAN “FEMME” DENGAN MASYARAKAT LINGKUNGANNYA (STUDI KASUS DI KOTA MEDAN). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 4(1), 38-44. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v4i1.59