https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/issue/feed Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique 2024-10-14T14:18:58+00:00 Remaja Putra Barus majabarus@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi <em>Communique</em> ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yakni pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini memiliki e-ISSSN bernomor registrasi&nbsp;<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1534759360&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2622-7290</a>&nbsp;yang dikeluarkan oleh LIPI dan terakreditasi <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=7978" target="_blank" rel="noopener">Sinta S5</a></p> https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/360 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SENI LUKIS YANG EFEKTIF DI ERA DIGITAL 2024-10-14T14:18:57+00:00 Deli . delid4529@gmail.com Usman . delidelii2022@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Pelaku usaha khususnya dalam bidang seni lukis melalui media sosial untuk meningkatkan pengaruhnya dalam industri seni. </em><em>Metode </em><em>Pen</em><em>elitian</em><em> kualitatif</em><em> yang </em><em>&nbsp;digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data</em><em>,dokumentasi ,serta</em><em> wawancara mendalam dengan pelaku usaha seni lukis Perkasa Artpainting</em><em>. Tujuan dari penelitian&nbsp; untuk mengetahui strategi yang baik dalam menggunakan media sosial atau </em><em>untuk menciptakan kesadaran, membangun keterlibatan, dan mendorong interaksi dengan target pasar yang potensial</em></p> <p><em>Hasil penelitian </em><em>&nbsp;strategi komunikasi pemasaran Perkasa Artpainting&nbsp; dengan memanfaatkan media sosial&nbsp; dalam pengembangan brand image, pemasaran yang telah diterapkan dalam jasa lukis sudah tepat sehingga dapat menarik minat pembeli dengan kesadaran barand image, potensi daya beli konsumen yang mengalami peningkatan.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-10-14T12:33:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/372 Analisis Manajemen Event 14 Tahun Kolaborasi Nyata di Radio PRFM 107,5 News Channel Kota Bandung 2024-10-14T14:18:57+00:00 Sindi Maya sindimpr17@gmail.com <p><span class="s19"><span class="bumpedFont15">Radio telah berkembang menjadi alat untuk menyampaikan informasi dan hiburan dari waktu ke waktu. Seiring perkembangan zaman, radio terus menyiarkan musik dan berita terbaru. Di era modern saat ini, radio meredup dan banyak orang meninggalkan radio. Ditengah proses transisi dari konvensional, banyak perusahaan yang bergerak di bidang &nbsp;penyiaran &nbsp;radio mulai &nbsp;mengikuti &nbsp;perkembangan di dalam &nbsp;perubahan &nbsp;konsep pemasarannya. Salah satu cara agar &nbsp;perusahaan &nbsp;radio tetap dikenal dan didengarkan oleh masyarakat adalah &nbsp;membuat &nbsp;sebuah event atau acara</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">. </span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont15">Event adalah kegiatan &nbsp;atau festival untuk merayakan peristiwa yang dilakukan pada waktu tertentu dengan tujuan memberikan pesan kepada khalayak. Untuk memastikan event berjalan sukses, maka perlu dilakukan pengelolaan event. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengevaluasi pengelolaan event 14 Tahun Kolaborasi Nyata Radio PRFM 107,5 News Channel dengan metode studi kasus, karena peneliti ingin mendapatkan data yang</span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont15">, rinci, lengkap, dan mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses pengelolaan event pada 14 Tahun Kolaborasi Nyata Radio PRFM 107,5 News </span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont15">Channel. </span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont15">Hasil penelitian penyelenggaran acara 14 Tahun Kolaborasi Nyata telah </span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont15">menerapkan 5 proses manajemen acara sesuai dengan teori Goldblatt.</span></span></p> 2024-10-14T12:36:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/369 ANALISIS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI JARAK JAUH ANTARA ANAK DENGAN ORANGTUA BAGI MAHASISWA POLITEKNIK LP3I BANDUNG 2024-10-14T14:18:57+00:00 AMILA AZZAHRA amilaazzahra59@gmail.com <p><em>Komunikasi antarpribadi jarak jauh menjadi penting dalam menjaga hubungan antara indivdu yang terpisah oleh jarak. Seperti yang terjadi di Kampus Politeknik LP3I Bandung, banyak mahasiswa dan mahasiswi yang merantau, serta berkomunikasi jarak jauh dengan anggota keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi antarpribadi jarak jauh, media komunikasi yang digunakan, perubahan kebiasaan dan komunikasi saat merantau, hambatan, serta solusinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data dari hasil wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini melibatkan 3 (tiga) orang mahasiswi, dan 2 (dua) orang mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa dengan Program Studi yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya efektivitas komunikasi antarpribadi jarak jauh, terdapat adanya keterbukaan yang ditunjukkan oleh orangtua lebih menonjol dibanding responden, kemudian rasa empati mendalam yang dirasakan orangtua jauh lebih besar dibanding responden, dan adanya sikap orangtua selalu mendukung responden di setiap kegiatannya, yang membuat responden semangat dan selalu mengingat nasihat orangtuanya, kemudian sikap positif yang diberikan orangtua sudah cukup baik karena memberikan kepercayaan diri dan menunjukkan kasih sayang terhadap responden, serta sikap kesetaraan kepada responden dalam hal berpendapat. Terkait media komunikasi antarpribadi jarak jauh yang digunakan semua responden sepakat menggunakan Smartphone yang dimana semuanya memakai aplikasi dan media sosial, yang di gunakan ialah media komunikasi WhatApp serta Instagram. Mengenai penyesuaian pribadi dan komunikasi, semua responden menyatakan perlunya adaptasi yang signifikan terhadap gaya hidup virtual baru, beralih dari interaksi langsung ke interaksi virtual.</em></p> 2024-10-14T12:39:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/368 Representasi Women Empowerment Dalam Iklan Make Over Edisi "Discover The Unseen Power" 2024-10-14T14:18:57+00:00 Indah Titi Setiawati indahsetiawati2017@gmail.com Al Musa Karim indahsetiawati2017@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk meneliti representasi women empowerment pada iklan produk kosmetik Make Over. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Peneliti akan melakukan analisis data primer dengan mengamati objek dan subjek penelitian melalui situs Youtube. Sumber data primer didapatkan dari iklan Make Over dan sumber data sekunder berasal dari studi kepustakaan. Peneliti akan membagi penelitian dan pembahasan pada setiap tokoh dalam iklan. Pembagian setiap tokoh akan diawali dengan titik kelemahan tokoh hingga mencapai pada titik women empowerment. Data yang diperoleh berupa scene, yang selanjutnya diproses menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menemukan makna denotasi, makna konotasi, dan mitos iklan tersebut adalah keempat perempuan tersebut berupaya mewujudkan impian mereka. Selain itu keempat tokoh perempuan tersebut berhasil merubah dan memperbaiki pandangan diskriminasi kaum perempuan. </em><em>Make Over ingin mendorong kaum perempuan untuk menjadi lebih dewasa dalam mencapai mimpi-mimpi tanpa adanya batasan. Secara umum pembahasan dari analisis iklan Make Over edisi ”Discover The Unseen Power” menunjukan bahwa women empowerment didapatkan melalui titik terendah pada setiap tokoh. Setiap tokoh mempunyai permasalahan terkait perjalanan hidup dan menjalani titik terendah hingga mereka menemukan kekuatan dari dalam untuk terus berjuang dan dapat mencapai apa yang mereka inginkan. Selain itu perempuan harus memiliki power dan kebebasan atas pilihan hidup mereka.</em></p> 2024-10-14T12:42:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/371 ANALISIS ISI BERITA KONTROVERSI GIBRAN MAJU CAWAPRES USAI PUTUSAN MK BATASAN USIA CAPRES DAN CAWAPRES PADA PILPRES 2024 KOMPAS.COM PERIODE 16 OKTOBER–9 NOVEMBER 2023 2024-10-14T14:18:57+00:00 Nuri Pajri Juliaasrima nuriasrima@gmail.com Al Musa Karim Nuriasrima@gmail.com <p><em>Tahun 2023, isu dinasti politik Gibran Wali Kota Solo menjadi kontroversi usai dirinya resmi menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Calon Presiden (Capres) Prabowo. Kontroversi Gibran maju sebagai Cawapres menjadi perbincangan hangat di kalangan tokoh politik dan publik bahkan internasional. Terkait isu pemberitaan kontroversi Gibran maju sebagai cawapres 22 Okober 2023, maka dari itu tugas media berita online bertugas memberikan informasi kepada masyarakat publik dan peneliti memlih Media Kompas.com yang memberitakan isu tersebut secara berturut-turut periode 16 Oktober-9 November. Kontroversi dinasti politik Presiden Jokowi usai anaknya resmi menjadi Cawapres Prabowo dinilai sebagai kelanjutan dari Presiden Jokowi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif coding sheet. Teknik analisis data yakni menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan isi pesan dan mendapatkan data dengan maksimal menggunakan teori yang di gunakan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian berita Media Kompas.com berdasrkan kategori isu tema berita berita yang dominan yakni</em> <em>kategori </em><em>tanggapan tokoh politik dan publik penolakan terhadap pasangan calon</em><em> 35 berita </em><em>54,68%, Kompas.com lebih memfokuskan bahwa pemberitaan tersebutlah yang penting untuk diberitakan. Kemudian dari kategori bentuk berita kategori yang paling dominan yakni kategori negatif sebanyak 51 berita 82,81%, ini menunjukkan bahwa Kompas.com menolak keras adanya dinasti politik yang di lakukan oleh salah satu pasangan Calon Presiden dengan menyajikan berita yang menyudutkan salah satu pihak Pasangan Calon.</em></p> 2024-10-14T12:49:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/375 MANAJEMEN KRISIS MCD INDONESIA (STUDI KASUS BOIKOT PRODUK PRO ISRAEL) 2024-10-14T14:18:57+00:00 Mishelia Kartika misheliakartika7@gmail.com Arfian Suryasuciramdhan misheliakartika7@gmail.com Meiby Zulfikar misheliakartika7@gmail.com M.Reihan Manalu misheliakartika7@gmail.com Mauliya Fitriani misheliakartika7@gmail.com <p>Isu gencatan senjata di Gaza, Palestina kembali menjadi topik hangat dan sensitif saat ini, fenomena tersebut menjadi dampak yang sangat kompleks terhadap perusahaan. Boikot produk Israel telah meningkat di media sosial terutama di Indonesia, menunjukkan dukungan nyata masyarakat terhadap korban krisis Gaza di Palestina. Bisnis dari negara-negara yang mendukung Israel diboikot oleh masyarakat menyebabkan penurunan reputasi perusahaan. Perusahaan yang terkena dampak harus membuat strategi manajemen masalah dan komunikasi krisis yang efektif untuk mengatasi masalah ini, termasuk didalamnya adalah McDonald’s. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada perusahaan yang sensitif terhadap isu politik dan merespons krisis reputasi terhadap isu-isu kontroversial. Dengan menggunakan metode studi literature fokus penelitian ini adalah bagaimana McDonald's menangani masalah dan krisis melalui strategi manajemen isu dan komunikasi krisisnya. Analisis tersebut dapat memberikan wawasan untuk perusahaan lain dalam mengelola krisis serupa di masa depan.&nbsp;</p> 2024-10-14T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/376 PERAN MEDIA RELATIONS DALAM MENINGKATKAN REPUTASI INSTITUSI KEPOLISIAN 2024-10-14T14:18:57+00:00 Nofalia Juliana Sari Nofaliajulianas@gmail.com Arfian Suryasuciramdhan arfianbinabangsa@gmail.com Meiby Zulfikar Meibyzulfikar1@gmail.com Sekar Tijani Putri Atika Karssese@gmail.com Rizky  Esa  Saputra rizkyesasaputra@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media relations dalam meningkatkan reputasi institusi kepolisian, dengan fokus pada publisitas melalui konferensi pers dan siaran pers. Di tengah tantangan reputasi yang dihadapi oleh kepolisian, terutama setelah peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan pada tahun 2022, hubungan yang baik dengan media menjadi krusial. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi literatur, penelitian ini memeriksa praktik media relations Polri dan dampaknya terhadap persepsi publik. Hasilnya menunjukkan bahwa konferensi pers memberikan platform langsung untuk menyampaikan informasi penting dan membangun citra kepemimpinan, sedangkan siaran pers memungkinkan pengendalian narasi dan respons cepat terhadap isu-isu kontroversial. Dengan memanfaatkan kedua platform ini secara efektif, kepolisian dapat memperkuat hubungan dengan media, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan membangun reputasi sebagai penegak hukum yang profesional dan peduli terhadap keamanan publik</p> 2024-10-14T13:02:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/380 Analisis Semiotika Karakter Alpha Female Dalam Film Gadis Kretek Episode 1 Model teori Roland Barthes 2024-10-14T14:18:57+00:00 Moh Nufal Syarif mohnovalsarif3644@gmail.com Popi Andiyansari mohnovalsarif@gmail.com <p><em>Film merupakan salah satu media yang dapat menyampaikan berbagai informasi dan pesan didalamnya. Penelitian ini meneliti tentang Analisa semiotika roland barthes tentang sebuah film berjudul “Gadis Kretek”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan karakter Alpha Female dari film Gadis Kretek. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian semiotika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan untuk Teknik Analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ditemukan 5 scene yang menggambarkan Alpha Female di film Gadis Kretek. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang makna konotasi denotasi dan mitos yang ada di dalam film yang sesuai dengan nilai Karakter Alpha Female. </em></p> <p><em>Kata kunci: </em><em>semiotika, film, alpha female</em></p> 2024-10-14T13:08:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/384 POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA REMAJA DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF YOUTUBE (STUDI PADA ORANG TUA DAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TENGGARONG 2024-10-14T14:18:57+00:00 MUHAMMAD HEZKI ARIFANI hezki.muhammad3445@gmail.com Ainun Ni'Matu Rohimah hezki.muhammad3445@gmail.com Kadek Dristiana Dwiv Ayani hezki.muhammad3445@gmail.com Diah Rahayu hezki.muhammad3445@gmail.com <p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang tepat dalam mencegah dampak negatif YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dimana peneliti melakukan observasi terhadap orang tua dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tenggarong, melakukan wawancara dan dokumentasi kepada orang tua mengenai pola komunikasi yang digunakan dalam keluarga. Dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah mendapatkan hasil, peneliti menganalisis data menggunakan teori disonansi kognitif dan konsep efektivitas komunikasi keluarga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 pola komunikasi yang digunakan oleh orang tua kepada remajanya, yakni pola komunikasi yang memerdekakan, otoriter, dan demokrasi. Hal tersebut dikaitkan dengan konsep efektivitas komunikasi keluarga, untuk mengetahui pola komunikasi yang tepat dalam mencegah dampak negatif YouTube.</span></span></em></p> 2024-10-14T13:11:53+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/395 PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEMP HUMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA BERORGANISASI (SURVEI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI HUMAS DAN KOMUNIKASI DIGITAL FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA) 2024-10-14T14:18:57+00:00 Aqilah Claracynthia aqilah.clara10@gmail.com Wina Puspita Sari winapuspitasariunj@gmail.com Muria Putriana muriaputriana@gmail.com Andika Salsa Dewi salsadewi19@gmail.com Muhammad Zulfan Anbiya m.zulfananbiya@gmail.com Akmal Fatih Seif aldienakmal2004@gmail.com Beatrice Samantha Surya beatricesamantha22@gmail.com Nugraha Azka Sulthan azkasulthan425@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan &nbsp;media sosial Instagram oleh BEMP Humas terhadap minat mahasiswa untuk bergabung dalam organisasi. Dengan pesatnya perkembangan media sosial, dampak positif dan negatifnya bagi masyarakat semakin terlihat jelas. Penggunaan media sosial yang berlebihan, khususnya Instagram, dapat memengaruhi perilaku individu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media sosial Mayfield yang membahas tentang karakteristik media sosial dan pengukurannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram oleh BEMP Humas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti organisasi, dengan hasil regresi sebesar 0,797. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram berperan penting dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam organisasi dan dapat menjadi alat yang efektif dalam strategi komunikasi dan pemasaran organisasi kemahasiswaan.</em></p> 2024-10-14T13:18:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/386 Representasi Peran Ayah Dalam Film Gara-Gara Warisan (Analisis Semiotika John Fiske) 2024-10-14T14:18:57+00:00 Fahreza Adnan Nufa Haryanto fahreza.adn@gmail.com Noveri Faikar Urfan fahreza.adn@gmail.com <p>Film merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi, edukasi, serta sosialisasi. Gara-Gara Warisan merupakan salah satu film dengan tema keluarga. Pada film bertema keluarga tersebut, tidak terlepas dari peran seorang ayah dalam mengatasi konflik dan membina keluarganya. Peran ayah dalam memberi kasih sayang keluarganya terkadang masih dianggap sebagai nomor dua dibandingkan ibu. Peran ayah dalam keluarga juga tidak terlepas dari budaya patriarki yang masih melekat di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi peran ayah dalam film Gara-Gara Warisan menggunakan analisis semiotika John Fiske, menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi scene yang merepresentasikan peran ayah pada film Gara-Gara Warisan. Data yang telah dikumpulkan dan dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan 3 level analisis yang dikemukakan John Fiske, yaitu level realistis, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian ini adalah menggambarkan peran ayah yakni sebagai sosok yang memiliki peranan dalam keluarga sebagai provider, protector, decision maker, nurtured mother, dan child specialiser &amp; educator.</p> 2024-10-14T13:20:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/391 PENGARUH FITUR LIVE STREAMING TIKTOK TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA STREAMER GENERASI Z (SURVEI PADA PENGGUNA FITUR LIVE STREAMING TIKTOK USIA 17 – 22 TAHUN) 2024-10-14T14:18:57+00:00 Fadia Adhani fadia31adhani@gmail.com Wina Puspitasari winapuspitasariunj@gmail.com Muria Putriana muriaputriana@gmail.com Delvina Justitia Dwi Andzani delvinajustitia@gmail.com Galang Esa Rizky esarizgal@gmail.com Tobias Aryo Seto tobiasaryo.seto@gmail.com Muhammad Fadril Fardhudzi fadril78@gmail.com Bintang Viditya Putra didit5410@gmail.com <p><em>Media sosial TikTok merupakan media sosial yang sedang popular saat ini. Aplikasi TikTok memiliki fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung menggunakan fitur yang bernama live streaming. Kesehatan mental merupakan hal penting yang perlu dijaga karena mempengaruhi keberlangsungan hidup. </em><em>Lakukan pada aplikasi TikTok, fitur live streaming yang ada di TikTok memberikan benefit atau keuntungan kepada para streamer berupa gift dan koin yang dapat ditukarkan menjadi uang. Jumlah minimal followers untuk melakukan live streaming sekitar 1000 followers. Menurut hasil riset dari aplikasi TikTok, jumlah popularitas pengguna live streaming TikTok berjumlah 135 juta di Indonesia pada tahun 2023. </em><em>&nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana fitur live streaming yang ada di TikTok mempengaruhi Kesehatan mental pada Generasi Z, khususnya usia 17 – 22 tahun.&nbsp;</em></p> 2024-10-14T13:24:14+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/397 Pengaruh Social Media Engagement Tiktok Terhadap Brand Image Somethinc 2024-10-14T14:18:58+00:00 Abyan Dwi Martha dwimartha.abyan@gmail.com Wina Puspita Sari winapuspitasariunj@gmail.com Ahmad Rifqi Fadhlurrahman ahmadrifqi973@gmail.com Muria Putriana muriaputriana@gmail.com Amelinda Septia Putri amelndsptr@gmail.com Alisya Sasqia Widy alisyasw@gmail.com Ibnu Arya Fahrizky ibnuaryaf@gmail.com Nadira Syfha Febriyani nadira.sy01@gmail.com <p><em><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten pada Social Media Engagement TikTok terhadap Brand Image Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi penelitian mencakup followers aktif akun TikTok @somethinc&nbsp; yang berjumlah 3.245.000 pada tanggal 20 maret 2024 dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden, yang terdiri dari 21% laki-laki dan 79% perempuan, memberikan respon positif terhadap Brand Image Somethinc berdasarkan dimensi Kekuatan, Kepentingan, dan Keunikan. Analisis data menunjukkan nilai rata-rata responden pada variabel Social Media Engagement sebesar 2,985 dan pada variabel Keputusan Pembelian sebesar 3,275. Hasil uji korelasi menggunakan SPSS menunjukkan bahwa Social Media Engagement TikTok memiliki pengaruh yang kuat terhadap Brand Image Somethinc dengan nilai korelasi sebesar 0,792. Koefisien determinasi sebesar 0,627 menunjukkan bahwa 62,7% variabel Brand Image dipengaruhi oleh Social Media Engagement, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung &gt; t-tabel, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga mengonfirmasi pengaruh signifikan antara Media Sosial TikTok terhadap Brand Image Somethinc. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat respon positif secara keseluruhan, ada kelemahan dalam dimensi kontribusi pengguna yang perlu ditingkatkan melalui sistem penghargaan yang lebih efektif dan mekanisme umpan balik yang konstruktif. Untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, platform media sosial perlu mengembangkan sistem penghargaan yang lebih baik, menyediakan umpan balik yang membangun, serta mengadakan kampanye atau program yang mendorong partisipasi aktif. Selain itu, meningkatkan kesadaran pengguna akan pentingnya kontribusi mereka dan membentuk komunitas khusus yang lebih terfokus dapat membantu pengguna merasa lebih dihargai. Penyesuaian algoritma juga diperlukan untuk memastikan tampilan kontribusi yang lebih adil dan merata. Implementasi langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan engagement dan memotivasi pengguna untuk lebih aktif berkontribusi, sehingga membawa dampak positif bagi platform dan komunitas secara keseluruhan.</span></em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-10-14T13:27:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/409 Analisis Strategi Komunikasi Penghulu Pada Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tenggarong 2024-10-14T14:18:58+00:00 Encik Muhammad Naufal Azhari enceknaufal@gmail.com <p><em>Analisis Strategi Komunikasi Penghulu Pada Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tenggarong. Mengenai rumusan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini yaitu : Bagaimana strategi komunikasi penghulu pada pelaksanaan Bimbingan Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan TenggarongJenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan komunikasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Penghulu Kantor Urusan Agama Kecamatan Tenggarong dan sepasang Calon Pengantin. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Serta teknik analisis data dan pengolahan data dilakukan dengan tiga tahap yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi penghulu mengacuh pada komunikasi kelompok yang teknik penyampaian pesannya secara informatif dan persuasif.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam menetapkan strategi atau metode yang dipakai Kantor Urusan Agama Kecamatan Tenggarong telah menggunakan metode informatif dan edukatif. Hal tersebut bisa dilihat dari informasi yang diberikan pada saat bimbingan perkawinan.</em></p> 2024-10-14T14:00:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/411 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LADANG BUDAYA TENGGARONG DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA MELALUI MEDIA DIGITAL 2024-10-14T14:18:58+00:00 Muhammad Ilham Nur Effendi ilhamnureffendi@gmail.com Erwiantono . ilhamnureffendi@gmail.com Hairunnisa . ilhamnureffendi@gmail.com <p><em>Strategi Komunikasi Pemasaran Ladang Budaya Tenggarong Dalam Mempromosikan Wisata Melalui Media Digital. Mengenai rumusan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini yaitu : Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Ladang Budaya Tenggarong dalam mempromosikan wisata melalui media digital. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan komunikasi. Sumber data pada penelitian ini adalah pihak pengelola Ladang Budaya Tenggarong dan pengunjung yang datang berkunjung ke Ladang Budaya Tenggarong. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Serta teknik analisis data dan pengolahan data dilakukan dengan tiga tahap yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Ladang Budaya Tenggarong sudah sangat efektif dan berjalan dengan baik yaitu dengan mempromosikan wisata melalui media digital seperti menyebarluaskan informasi dimedia sosial dengan empat tahap dari bauran pemasaran 4Ps yaitu Product, Price, Place dan Promotion.</em></p> 2024-10-14T14:02:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/399 REPRESENTASI NORMALISASI KORUPSI DALAM FILM PENDEK “RECEH” KARYA LULA STUDIO 2024-10-14T14:18:58+00:00 Arif Nur Rochman aarifnur29@gmail.com Noveri Faikar Urfan veriurfan@gmail.com <p><em>Penelitian ini membahas tentang Representasi Normalisasi Korupsi Film Pendek “Receh” Karya Lula Studio. Film tersebut menceritakan tentang kehidupan masyarakat didesa yang sedang melakukan transaksi jual beli. Namun dalam transaksi jual beli itu terselip indikasi tindakan korupsi walaupun nilainya kecil. &nbsp;Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis&nbsp; mengenai normalisasi korupsi yang muncul pada film pendek “Receh” tersebut. Korupsi tak hanya muncul dalam lingkungan politik saja seperti banyak yang di beritakan di stasiun televisi serta media sosial, namun faktanya masih banyak kasus korupsi yang muncul pada lingkungan masyarakat menengah kebawah.</em></p> <p><em>Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif disertai dengan pendekatan analisis Roland Barthes. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menganalisis scene yang menunjukkan representasi pesan moral yang muncul. Proses analisis data menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes serta dipadukan sengan teori representasi Stuart Hall. Pada penelitian ini subjek yang difokuskan kepada Tokoh Mbah Karsono yang dapat dilihat dari segi denotasi (Signifier) yang menjelaskan hubungan penanda dan pertanda pada realitas menghasilkan makna eksplisit. Konotasi (signified) menjelaskan hubungan penanda dan pertanda pada non realitas, sehingga mendapatkan makna implisit dan mitos (myth) yang menjelaskan kebiasaan dan kepercayaan yang berlaku dalam masyarakat. </em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi&nbsp; pesan moral pada film pendek Receh ini ialah, Pertama masyarakat menjadi kurang percaya dengan penegak hukum, kejujuran yang semakin langka, dan sifat mengelabuhi.</em></p> 2024-10-14T14:05:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/443 MAKNA TRADISI TAWUR DI DESA WANAJAYA KECAMATAN TAMBAKDAHAN KABUPATEN SUBANG 2024-10-14T14:18:58+00:00 Chikawidya Chikawidya 2010631190007@student.unsika.ac.id Wahyu Utamidewi Wahyu.utamidewi@fisip.unsika.ac.id Luluatu Nayiroh Luluatu.nayiroh@fisip.unsika.ac.id <p><em>Tradisi Tawur di Desa Wanajaya merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang didapatkan. Tradisi ini melibatkan sanak saudara, kerabat, dan tetangga sekitar rumah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi untuk memahami motif, makna, dan simbolisme tradisi Tawur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif masyarakat melakukan tradisi Tawur didasari oleh motif sebab (rasa tanggung jawab atas janji) dan motif tujuan (harapan, permohonan, dan pembersihan diri). Masyarakat memaknai tradisi Tawur sebagai ungkapan rasa syukur, bersedekah, dan kebahagiaan. Simbol-simbol dalam tradisi Tawur memiliki makna: beras kuning (keselamatan, pencapaian, dan penghilang kesialan), uang recehan (rasa syukur dan penghargaan), dan permen (pemanis kehidupan). Tradisi Tawur merepresentasikan rasa syukur masyarakat atas rezeki, memperkuat hubungan sosial, dan mengandung nilai-nilai budaya yang luhur.</em></p> 2024-10-14T14:07:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/451 PENERAPAN AMPLIFIED WORD OF MOUTH ANTARA KONSULTAN JAFRA DENGAN CUSTOMER DALAM PEMBENTUKAN CUSTOMER LOYALTY 2024-10-14T14:18:58+00:00 Tasya Irwanty Simanjuntak tasyasimanjuntak09@gmail.com <p>The beauty industry is increasing and has many competitors, so every beauty industry must have a strategy to build and maintain customer loyalty. As was done by JAFRA Cosmetics, in this research, the researchers were interested in seeing how consultants implemented amplified word of mouth to form customer loyalty. Customer loyalty plays a vital role in the company so that it can help the company's development. The writing of this research discusses how JAFRA Cosmetics implements amplified word of mouth to form customer loyalty. This research aims to determine how JAFRA Cosmetics implements amplified word of mouth to form customer loyalty. This research uses a descriptive qualitative approach with phenomenological methods. Data collection was carried out using structured interviews. The data sources used are primary through interviews with several JAFRA consultant sources and secondary through documentation. The data analysis technique in this research is the interactive analysis model by Miles and Huberman, who state that qualitative data analysis activities are carried out continuously. The results of the data analysis show that there are several ways to spread amplified word of mouth, such as through social media by carrying out regular branding, skin checks to customers, and providing education and testimonials. Therefore, any information supplied by JAFRA consultants gives customers confidence and can attract customers to make purchasing decisions, thereby forming customer loyalty.</p> 2024-10-14T14:10:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/463 ANALISIS PENERAPAN GAYA KOMUNIKASI SUPERVISOR DI DIVISI PRODUKSI 2024-10-14T14:18:58+00:00 Dian Wijaya wdian6295@gmail.com Agustina Multi Purnomo wdian6295@gmail.com Maria Fitriah wdian6295@gmail.com <p><em>Salah satu komponen yang mempengaruhi kondusifitas dan kelancaran di tempat kerja adalah gaya komunikasi yang digunakan oleh supervisor. Gaya komunikasi yang digunakan oleh setiap supervisor dapat berpengaruh secara berbeda terhadap komunikasi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini </em><em>Untuk mengetahui </em><em>gaya komunikasi</em> <em>yang diterapkan supervisor di divisi produksi. </em><em>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer yang dilakukan melalui kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi ilmiah yaitu buku, jurnal artikel dan media website. Populasi dari penelitian ini yaitu karyawan dari Unit Percetakan Al-Quran </em><em>dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling</em><em> yaitu karyawan yang bekerja di divisi produksi dan di bawahi oleh koordinator dan sujpervisor yang ada di divisi produksi. </em><em>Hasil penelitian menunjukan bahwa </em><em>indikator "the relinguishing style" mendapatkan nilai tertinggi</em><em> dengan kategori Baik. Penelitian ini menyatakan bahwa</em><em> gaya komunikasi yang memungkinkan karyawan untuk berinisiatif dan bekerja secara mandiri dianggap lebih disukai dan lebih produktif.</em><em> Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa </em><em>para karyawan merasa nyaman dan percaya diri ketika supervisor menggunakan gaya komunikasi the relinguishing style yang menunjukkan bahwa ada banyak kepercayaan dan kerja sama di lingkungan komunikasi mereka.</em></p> 2024-10-14T14:12:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/467 ANALISIS PEMAKNAAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA LIRIK LAGU BTS BERJUDUL “00.00” (ZERO O’CLOCK) 2024-10-14T14:18:58+00:00 deviyanti nuraini deviyanti.nuraini03@gmail.com Maria Fitriah deviyanti.nuraini03@gmail.com Sukarelawati . deviyanti.nuraini03@gmail.com <p><em>Musik sebagai media komunikasi yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan emosional dan social. Penelitian ini menganalisis lirik lagu BTS yang berjudul “00.00” (Zero O’Clock) dengan menerapkan teori semiotika Roland Barthes untuk mengindentifikasi makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos. Pendekatan kualitatif digunakan dengan desain deskriptif dan teknik analisis semiotika. Metode pengumpulan data mencakup wawancara dengan penggemar BTS serta analisis dokumen tertulis, foto, gambar dan video terkait. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa makna denotasi dari lirik mencerminkan perasaan ragu dan sedih terhadap kehidupan yang tampak lebih rumit dari orang lain, tetapi dengan afirmasi positif dan doa, diri sendiri yakin bahwa kesulitan bersifat sementara dan segera menemukan kebahagiaan. Makna konotasi menekankan pentingnya tetap berfikir positif dan menggunakan kesuksesan orang lain sebagai motivasi. Makna mitos menegaskan keyakinan bahwa Tuhan selalu ada mendengarkan doa, dan fase sulit dapat diatasi dengan semangat baru dan motivasi dari pencapaian orang lain.</em></p> 2024-10-14T14:16:34+00:00 ##submission.copyrightStatement##