https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/issue/feed Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique 2024-05-21T07:34:43+00:00 Remaja Putra Barus majabarus@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi <em>Communique</em> ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yakni pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini memiliki e-ISSSN bernomor registrasi&nbsp;<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1534759360&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2622-7290</a>&nbsp;yang dikeluarkan oleh LIPI dan terakreditasi <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=7978" target="_blank" rel="noopener">Sinta S5</a></p> https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/297 REPRESENTASI KEBAHAGIAAN DALAM FILM STORY OF DINDA 2024-04-17T09:05:29+00:00 Ester Krisnawati ester.krisnawati@uksw.edu Jeremy Yehezkiel Benaya Pardede jeremyehezkiel@gmail.com seto herwandito seto.herwandito@uksw.edu <p><em>Komunikasi Massa adalah komunikasi yang dilakukan lewat media massa, dimana dikomunikasikan pesan tersebut lewat simbol-simbol supaya mampu menimbulkan dampak kepada komunikan yang menerima pesan. Dengan adanya komunikasi massa masyarakat mampu membagikan pesan kepada kerabatnya dengan instan dan mudah, salah satunya melalui film. Film adalah tayangan berbentuk audio visual yang ditayangkan melalui layar lebar. Salah satu film Indonesia yang memberikan pesan instan dan mudah tersebut merupakan salah satu film yang rilis pada tahun 2021, yaitu Story of Dinda dengan sub-judul “Second Chance of Happiness”. Film ini berkisah tentang Dinda yang berada di tengah hubungan busuk atau toxic relationship dengan seseorang bernama Kale. Pada suatu momen hubungan Dinda dan Kale sedang dalam kondisi yang sangat parah, Dinda dipertemukan dengan seorang pria bernama Pram yang memberikan saran kepada Dinda terkait hubungannya dengan Kale. Semenjak saat itu, Dinda selalu datang kepada Pram setiap kali sedang mengalami masalah dalam hubungannya dengan Kale. Hubungan mereka berlanjut dari orang terlibat dalam toxic relationship masing-masing, menjadi orang yang terlibat dalam perselingkuhan terhadap satu sama lain. Peneliti menggunakan analisis semiotika menurut John Fiske. Model analisis digunakan untuk menganalisa suatu hal yang berhubungan dengan isu sosial-budaya. Hal tersebut berkaitan dan terikat dengan objek penelitian ini dimana penelitian akan menganilisis representasi kebahagiaan dalam film Story of Dinda.</em></p> 2024-04-17T07:19:26+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/298 ANALISIS SEMIOTIKA PESAN KEBAHAGIAAN PADA VIDEO KLIP “PASTIKAN RIUH AKHIRI MALAMMU” KARYA PERUNGGU 2024-04-17T09:05:29+00:00 Dhanar Cakraningrat dhanarcakraningrat@gmail.com Seto Herwandito seto.herwandito@uksw.edu Ester Krisnawati ester.krisnawati@uksw.edu <p>Penelitian ini mencakup tentang semiotika pesan kebahagiaan dalam video klip “Pastikan Riuh Akhiri Malammu” karya dari band Perunggu. Lagu “Pastikan Riuh Akhiri Malammu” merupakan single ketiga dalam album Memorandum band Perunggu. Video klip lagu ini rilis di Youtube dan sekarang memiliki viewers sebanyak 568,017. Video Klip ini menceritakan tentang, bagaimana perasaan seorang bapak yang bersukacita atas perjalanan hidup putrinya hingga menempuh jenjang kehidupan yang baru yaitu pernikahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui teori semiotika dari Roland Barthes yang mengkaji tentang denotasi, konotasi, mitos dan pesan kebahagiaan dalam video klip “Pastikan Riuh Akhiri Malammu”. Hasil penelitian ini, denotasi yang diperoleh yaitu seorang bapak yang ikhlas dan ikut bahagia ketika melihat anak perempuannya meninggalkan dirinya karena menikah dengan pria pilihannya. Anak perempuannya sangat berterima kasih atas peran dan jasa sang bapak selama ini karena dia telah dirawat dengan penuh kasih sayang. Lalu konotasi yang dihasilkan, yaitu para tokoh menunjukkan kebahagiaan secara non verbal melalui ekspresi tersenyum. Mitos yang dihasilkan adalah para tokoh tetap menunjukan kebahagian mereka secara nonverbal meskipun situasi yang terjadi terlihat penuh kesedihan ataupun haru. Hasil dari analisis penelitian dengan semiotika Roland Barthes menunjukkan kebahagiaan dalam video klip ini ditampilkan dengan senyuman.&nbsp;&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-04-17T07:22:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/357 Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai Dalam Meningkatkan Literasi dan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 2024-04-18T12:08:40+00:00 Juli Ariska juliariska127@gmail.com Syafruddin Pohan juliariska127@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi publik yang dilakukan oleh KPU Kota Binjai dalam meningkatkan literasi dan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dimana peneliti melakukan observasi melalui analisis media sosial instagram @kpukotabinjai, wawancara langsung dengan kpu dan studi dokumentasi sebagai teknik analisis data. Setelah mendapatkan hasil, peneliti&nbsp; menganalisis data menggunakan teori strategi, teori komunikasi Harlold Laswell dan psikologi komunikasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa KPU Kota Binjai telah melaksanakan strategi komunikasi publik dengan memperhatikan unsur perencanaan, imlementasi dan evaluasi yang dikemas secara menarik melalui media komunikasi.</em></p> 2024-04-17T07:32:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/301 BULLYING DALAM FILM SERIES MY NERD GIRL (2022) 2024-04-18T12:10:42+00:00 Jeremy Joel Panotas Simanjuntak joel.aumanjuntak11@gmail.com Rendy H Abraham joel.aumanjuntak11@gmail.com <p><em>Film merupakan suatu bagian dari media komunikasi massa yang digunakan sebagai media yang menggambarkan kehidupan sosial di masyarakat. Film merupakan salah satu karakter media massa yang dijadikan sarana komunikasi yang paling efektif. Film juga menjadi salah satu kreasi budaya yang memberikan gambaran dan pelajaran hidup yang penting bagi penonton. Film juga biasa digunakan menjadi salah satu media komunikasi dengan kualitas audio dan visual yang diberikan menjadi media yang mampu mempengaruhi pola pikir kognitif&nbsp;manusia. film adalah alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak melalui media cerita. Salah satu film Indonesia yang memberikan gambaran dan pelajaran hidup adalah film yang disutradarai oleh Kuntz Agus dan tayang pertama kali pada tanggal 26 Februari 2022. Film My Nerd Girl menceritakan tentang seorang perempuan yang ingin mencari tau penyebab kematian kembarannya dengan cara menyamar menjadi kembarannya. Penyelelidikannya tidak berjalan dengan lancar karena dia malah mendapatkan dan tekanan dari lingkungan disekitarnya, mulai dari Amel yang terus menerus membullynya, ibunya yang selalu&nbsp; mengekang, dan Pacarnya yang mulai mencurigainya. Selain itu sang ayah juga berusaha untuk menutupi apa yang menyebabkan kematian kembarannya. Peneliti menggunakan analisi semiotika Roland Barthes, model analisis ini digunakan karena menganalisis tanda signifikansi. Dalam signifikansi tahap pertama merupakan hubungan dari petanda dan penanda dalam bentuk yang nyata atau biasa disebut denotasi atau makna asli yang dipahami oleh orang-orang. Dalam signifikansi tahap kedua ada konotasi yang merupakan hubungan yang tercampur dengan emosi&nbsp;dan&nbsp;perasaan. Analisis semiotika Roland Barthes ini digunakan untuk melihat tanda-tanda bullying &nbsp;yang ada pada film series My Nerd Girl.</em></p> 2024-04-17T07:36:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/321 Pengaruh Terpaan Informasi Melalui Media Baru Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Mengenai Energi Berkelanjutan 2024-04-18T12:12:13+00:00 Hilmi Husnul Khotimah hilmihusnulkhotimah97@gmail.com Ofi Hidayat hilmihusnulkhotimah97@gmail.com <p><em>Kerusakan alam, iklim yang sudah tidak stabil, </em><em>pemanasan global </em><em>telah terasa disemua bagian dibumi, perlu adanya </em><em>s</em><em>olusi dalam waktu dekat untuk penyelesaian masalah berat ini, mengikuti program dalam forum G20 yatu percepatan transisi energi menuju energi baru terbarukan yang ramah lingkungan, </em><em>komunikasi sebagai salah satu faktor penting untuk menyelesakan masalah ini karena perlu adanya Kerja sama antara pemerintah masyarakat, media digital sebagai salah satu jembatan efektif yang bisa menghubunngkan. </em><em>adapun dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi melalui media baru terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai energi berkelanjutan yang menjadi langkah awal percepatan transformasi energi mahasiswa sebagai jembatan antara pemerintah dengan masyarakat luas agar bisa secara bersam</em><em>a</em><em> sama melakukan transformasi energi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif jumlah sample yang digunakan sebesar 98 mahasiswa dari 7 fakultas dengan Tingkat kesalahan 10% dan kriteria mahasiswa aktif Universitas Teknologi Sumbawa angkatan 2020 - 2023. Penelitian ini menggunakan teori SOR yang menitik beratkan pada stimulus dan frekuensi Terpaan informasi berpengaruh positif terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa berdasarkan t tabel dengan signifikansi 1% yaitu 2.591 &lt; t hitung 8.648 maka Ha diterima dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara terpaan informasi melalui media baru dengan tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai energi berkelanjutan yang berada dalam hubungan tingkat tinggi dengan angka 0,662.</em></p> 2024-04-17T07:54:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/340 PENGARUH MEDIAMORFOSIS TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM PENGUNGKAPAN DIRI PADA KALANGAN GENERASI Z DI KOTA TANGERANG SELATAN 2024-04-18T12:15:35+00:00 Khairunnisa Al-Araf 0801030188@students.unis.ac.id Ade Irfan Abdurrahman 0801030188@students.unis.ac.id Alamsyah - 0801030188@students.unis.ac.id <p><em>ini menggunakan metode kuantitatif bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan mediamorfosis terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri di kalangan generasi Z Kota Tangerang Selatan atau tidak adanya pengaruh penggunaan mediamorfosis terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri pada kalangan generasi Z Kota Tangerang Selatan, diantara dua variabel ini diuji sehingga menghasilkan variabel mana yang paling dominan terhadap pengaruh komunikasi antarpribadi. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif kuantitatif di mana jumlah keseluruhan sampel penelitian berjumlah 100 responden. Responden dalam penelitian ini generasi Z di Kota Tangerang Selatan dengan usia antara 15 sampai 26 tahun. Pada penentuan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria responden yang aktif menggunakan sosial media. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan memberikan pertanyaan berupa form kuesioner kepada para responden yang disebar melalui jejaring media sosial, baik Instagram, Twitter dan WhatsApp. Untuk membuktikan dan menganalisis hasil penelitian ini maka digunakan uji validitas serta reliabilitas dan juga dilakukan uji regresi linier berganda, uji f sampai uji t. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan penggunaan mediamorfosis berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri pada kalangan generasi Z di Kota Tangerang Selatan. Hasil ini diperolah dari uji hipotesa pada uji f di mana menghasilkan nilai F<sub>hitung </sub>≥ F<sub>tabel </sub>(73,954 ≥ 3,10). Dengan demikian hasil dari pengujian hipotesis pada uji f menunjukan adanya pengaruh pada efektivitas komunikasi antarpribadi pada kalangan generasi Z di Kota Tangerang Selatan. Adapun pada uji korelasi variabel yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa Pengaruh Mediamorfosis (X) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 sedangkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi (Y) juga mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai korelasi antara Pengaruh Mediamorfosis (X) sebesar 0,656 dan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi (Y) 0,656 yang menyatakan bahwa kedua variabel ini memiliki hubungan yang positif dengan korelasi yang kuat.</em></p> 2024-04-17T07:54:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/316 HOAX DALAM FILM MIRACLE IN CELL NO. 7 2024-04-17T09:05:30+00:00 Arif Fauzan Amrullah arif2000030143@webmail.uad.ac.id Vani Dias Adiprabowo vani.adiprabowo@comm.uad.ac.id <p>Film <em>Miracle in Cell No. 7</em> menceritakan tentang seorang ayah bernama Dodo Rozak yang memiliki keterbelakangan mental atau dikenal dengan sebutan autisme spectrum disorder. Dodo dituduh melakukan suatu tindakan kriminal yakni membunuh dan memerkosa anak perempuan seorang politikus. Dalam film tersebut, media massa menyajikan informasi yang tidak benar atau hoax kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pers pada pelanggaran Kode Etik Jurnalistik dengan menyebarkan berita hoax ke media massa dalam film <em>Miracle in Cell No.7.</em> Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Pengumpulan data melalui studi pustaka dengan membaca sumber referensi dari penelitian terdahulu dan dokumentasi dengan menonton film <em>Miracle in Cell No.7</em> serta mengambil beberapa screenshot dari adegan-adegan dalam film tersebut yang berkaitan dengan peran pers dalam menyajikan berita hoax ke media massa pada kasus meninggalnya anak perempuan seorang politikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pers dalam memberitakan kasus meninggalnya Melati ke media massa tidak sesuai dan telah melanggar Kode Etik Jurnalistik yang terdapat pada Pasal 1 dan 3, yang mana secara keseluruhan pers tidak bersikap independen, tidak menghasilkan berita yang akurat dan berimbang, tidak menguji informasi, tidak menerapkan asas praduga tak bersalah sehingga membuat berita <em>hoax</em>.</p> 2024-04-17T08:02:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/322 MAKNA DAN IDENTITAS SOSIAL MASYARAKAT MANDAR DALAM LIPA’ SABBE 2024-04-18T12:04:51+00:00 Wahyuddin - wahyuddin23e@student.unhas.ac.id Muhammad Farid wahyuddin23e@student.unhas.ac.id Juniarti Maryam wahyuddin23e@student.unhas.ac.id Ilham - wahyuddin23e@student.unhas.ac.id Arianto - wahyuddin23e@student.unhas.ac.id Muhammad Munir wahyuddin23e@student.unhas.ac.id <p><em>Lipa</em><em>’</em><em> sa</em><em>b</em><em>be Mandar merupakan sarung kebanggan masyarakat&nbsp; Suku Mandar yang sampai saat ini digunakan, </em><em>lipa’ sabbe mandar memiliki dua motif </em><em>corak</em><em> atau motif </em><em>&nbsp;</em><em>yakni corak</em><em> sure</em><em> dan bunga</em><em>. Simbol lipa sa’be memiliki corak sesuai&nbsp; pemaknaan masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk meng</em><em>eksplorasi makna identitas sosial dalam </em><em>simbol </em><em>l</em><em>ipa </em><em>sabb</em><em>be khas Mandar, Dalam penelitian ini penulis &nbsp;menggunakan teori semiotika</em><em> untuk memaknai simbol-simbil dalam motif lipa sabe</em><em>. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol makna lipa s</em><em>ab</em><em>be Mandar memiliki macam makna, seperti corak atau sure&nbsp; yang digunakan raja-raja di Mandar dan sure yang bermakna identitas sosial Mandar, </em><em>l</em><em>ipa</em><em>’</em> <em>s</em><em>a</em><em>b</em><em>be adalah identitas manusia Mandar yang&nbsp; bisa dikenal sesuai dengan sosok pemakainya. Ia seorang bangsawan raja, ketua adat, ana’ pattola, tau biasa sering disebut batua Sebagai pemimpm masyarakat, mereka menjaga empat unsur antara lain: Asagenang (berkecukupan), Asalamang (menjaga keselamatan dan keamanan bersama) Assiamang-amang (solida ritas dan soliditas dalam kehidupan) Siannangang Siri’ anna lokko’ (menjaga martabat dan harga diri).</em> <em>Motif ini menunjukkan herarki misalnya, raja dan tingkat sosial dari seseorang, apakah dia bangsawan atau rakyat biasa. </em><em>Temuan lainnya</em><em> pemahaman dalam menggunakan sa</em><em>b</em><em>be diketehui,</em><em> tidak</em><em> sembranngan digunakan, namun ada juga beberapa corak atau sure&nbsp; yang bisa digunakan masyarakat umum.</em></p> 2024-04-17T08:03:30+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/299 Pesan Moral Dalam Iklan Im3 “Kembali Untuk Mengulang #Serunyasilaturahmi” Di YouTube (Analisis Semiotika Makna Roland Barthes) 2024-04-17T09:05:30+00:00 Meli Firdausi Nazila melifirdausi@gmail.com <p><em>Iklan adalah instrumen penting dalam promosi produk. You</em><em>T</em><em>ube menjadi media </em><em>komunikasi </em><em>PT. Indosat Ooredoo untuk mengiklankan produknya yaitu IM3 Ooredoo seperti iklan versi “Kembali Untuk Mengulang #Serunya Silaturahmi”. Iklan sebagai instrumen promosi memiliki pesan moral. Penelitian ini bertujuan menganalisis tanda pada komunikasi verbal dan non verbal. Lalu menginterpretasi makna denotasi dan konotasi. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Pendekatan penelitiannya secara kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah IM3 dapat menjadi solusi permasalahan komunikasi. Setiap scene menampilkan komunikasi yang terulang kembali bersama orang terdekat. Tanpa melupakan orang-orang yang jauh, IM3 menawarkan solusi kreatif melalui pembelian paket internet. Pesan verbal yang ditampilkan dari iklan ini adalah lagu berjudul Kembali Untuk Mengulang. Pesan non verbalnya adalah semua pengambilan gambar, ekspresi wajah, gerak tubuh. Makna denotasinya adalah semua aktivitas yang ditampilkan secara verbal dan non verbal. Sedangkan makna konotasinya adalah interpretasi makna bersifat implisit yaitu IM3 dapat mendekatkan yang jauh dan mendekatkan kembali orang yang sudah dekat. Kesimpulannya yaitu iklan ini adalah iklan yang mengajak masyarakat untuk menciptakan kebersamaan di bulan Ramadhan bersama orang-orang terdekat. IM3 dapat menjadi solusi permasalahan komunikasi yaitu </em><em>jalinan kekerabatan</em><em> kepada orang-orang yang berbeda tempat agar tetap terhubung melalui internet.</em></p> 2024-04-17T08:14:07+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/344 Strategi Manajemen Komunikasi Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Dalam Meminimalisir Efek Pemberitaan Media 2024-04-17T09:05:30+00:00 Juniarti Maryam maryamj23e@student.unhas.ac.id , Muh. Akbar muh.akbar@unhas.ac.id Muhammad Iqbal Sultan miqsul@yahoo.com <p><em>Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Bea Cukai memiliki peranan penting dalam mempengaruhi efek pemberitaan media terhadap citra lembaga. Dalam menghadapi pemberitaan media, Bea Cukai perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti transparansi, responsif, dan konsistensi dalam menyampaikan informasi kepada publik. Selain itu, membangun hubungan yang baik dengan media massa juga merupakan hal yang krusial. Dengan demikian, dengan Boundary Spanning Public Relation (membangun komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik) melalui strategi komunikasi yang tepat, Bea Cukai dapat mengelola efek pemberitaan media dengan lebih efektif, sehingga dapat memperkuat citra lembaga di mata masyarakat. Salah satu kasusnya adalah terjadinya miskomunikasi dan diskomunikasi regulai beacukai terhadap persepsi masyarakat. Penelitian inipun berupaya mengkajinya dengan tujuan untuk mengidentifikasi penyebab masalah persepsi negatif masyarkat terkait kebijakan aregulasi Beacukai. Pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa penyebabnya yaitu kurangnya kemampuan SDM dalam teknik penguasaan cara berkomunikasi, manajemen isu yang perlu disempurnakan serta kurang terlibatnya seluruh element organisasi dalam Instansi Beacukai.Selain itu, ada beberapa upaya dalam menyelesaikan misinformasi dan diskomunikasi dalam komunikasi media dan public antaralain menerapkan pendekatan penyusuanan agenda setting dan kultivasi, perumusan strategi komunikasi, produksi dan aktivasi, dan Monitoring dan Evaluasi.</em></p> 2024-04-17T08:16:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/339 KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PENANGGULANGAN STUNTING OLEH PUSKESMAS LUMBOK SEMINUNG 2024-04-18T12:17:51+00:00 ATIKA NURWAN INDRIANI atikanurwanindriani10@gmail.com Anna Gustina Zainal 2226031025@students.unila.ac.id <p><em>Stunting adalah suatu kondisi dimana seorang anak lebih pendek dari usianya atau memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan anak-anak pada usia yang sama. Dengan mengenali kehadiran stunting dalam hidup kita dan mengambil langkah proaktif menuju perbaikan diri, kita dapat melepaskan diri dari cengkeramannya dan membuka potensi pertumbuhan kita sepenuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dilakukan Puskesmas Lumbok Seminung dalam melaksanakan pembangunan untuk mengatasi stunting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi pembangunan yang dilakukan Puskesmas Lumbok Seminung melalui edukasi, pemantauan pertumbuhan dan kolaborasi telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.</em></p> 2024-04-17T08:21:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/338 EFEKTIVITAS STRATEGI HUMAS DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS MODEL ATR 2024-04-18T12:01:52+00:00 Amelia - ardalia99@gmail.com Dwi Aryanti 214110102055@mhs.uinsaizu.ac.id Hidayatur Rohmah 214110102207@mhs.uinsaizu.ac.id Anas Azhimi Qalban 214110102207@mhs.uinsaizu.ac.id <p>Efektivitas strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berkaitan dengan konstruksi pesan yang dibangun. Strategi humas ini dimaksudkan untuk mengatasi persepsi menyeramkan dan membosankan terhadap museum karena banyaknya tayangan media massa yang menampilkan tantangan uji nyali sehingga berpotensi menurunkan minat berwisata. Ditambah lagi banyaknya masyarakat termasuk Gen-Z yang beraktivitas di Internet. Untuk itu, perlu adanya strategi yang efektif dalam mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana keefektifan strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berdasarkan model ATR dengan metode deskriptif kuantitatif serta teknik pengumpulan data melalui pengamatan atau observasi, studi pustaka dan angket. Angket yang disebarkan berisi pertanyaan yang mencakup awareness, trial, reinforcement. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian yang terdiri dari 100 responden dengan minimal usia 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menurut awareness (kesadaran) sebesar 87,62%, trial (mencoba) sebesar 88,74%, dan reinforcement (penguatan) sebesar 87,73%. Strategi humas Museum Benteng Vredeburg dalam meningkatkan minat berkunjung berbasis model ATR dikatakan efektif dengan nilai 88,03% yang diperoleh dari rata-rata hitung keseluruhan tingkatan.</p> 2024-04-17T08:24:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/346 PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK TENAGA MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU HAJI MEDAN 2024-04-18T12:19:22+00:00 Nurul Sabrina nurulsabrinaaa17@gmail.com Nurbani - nurulsabrinaaa17@gmail.com <p><em>Rumah sakit memiliki kewajiban memberikan layanan yang dapat memuaskan pasien. Salah satu</em></p> <p><em>cara yang dapat dilakukan rumah sakit adalah tenaga medis menggunakan komunikasi terapeutik dalam melayani atau menangani penyakit pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik tenaga medis terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSU Haji Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 2066 dan dengan menggunakan rumus slovin maka diperoleh sampel sejumlah 95 responden yang tersebar pada 8 poliklinik (geriatri, bedah anak, neuro anak, paru, endokrin, gigi, tht, dan neurologi dewasa). Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak RSU Haji Medan berkenaan dengan pengambilan data penelitian, dan menyebarkan angket kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif (tabel tunggal) dan analisis statistik inferensial (uji t dan uji koefisien determinan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji hipotesis ditemukan bahwa nilai uji T lebih besar daripada T tabel maka Ha diterima H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh komunikasi terapeutik tenaga medis terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSU Haji Medan. Kemudian melalui pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 37,3% yang artinya variabel komunikasi terapeutik memberikan kontribusi sebesar 37,3% terhadap variabel kepuasan pasien. Sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Peneliti mengharapkan adanya penelitian lanjutan yang terkait denngan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien di RSU Haji Medan.</em></p> 2024-04-17T08:31:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/355 Strategi Humas KPU Kabupaten Magelang Dalam Upaya Meningkatkan Partisipati Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 2024-04-18T12:21:19+00:00 fajar azhar muharom fajarashar11899@gmail.com Popi Andiyansari fajarashar11899@gmail.com <p>Indonesia merupakan negara demokrasi yang dimana kekuasaan tertinggi ada pada rakyat, Kekuasaan itu harus didasari berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Hal ini merupakan bentuk perwujudan dari demokrasi berdasarkan atas hukum. Dalam meningkatkan partisipasi masyarakat didunia politik, pemerintah memiliki badan penyelenggara pemilihan umum yaitu komisi pemilihan umum.&nbsp; Penelitian ini berjudul Strategi Humas Kpu Kabupaten Magelang Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024. Untuk mengetahui peran humas dalam membuat strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metode <em>indepth interview</em> dengan teori level evaluasi program efektif <em>publi</em><em>c</em><em> relation</em> menurut Scott M. Cutlip. Teknik pengumpulan data yaitu dengan <em>indepth interview</em> yang dilakukan pada humas komisi pemilihan umum Kabupaten Magelang. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu strategi humas dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pemula dengan melakukan program kegiatan sosialisasi di sekolah, masyarakat dan sosial media. Menjalankan program komisi pemilihan umum mengajar dan membuat acara lomba sebagai sosialisasi yang menjelaskan asas pemilu, hak dan kewajiban masyarakat dalam partisipasi pemilu.</p> 2024-04-17T08:37:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/351 HUBUNGAN HUMAN RELATIONS MAHASISWA DENGAN TOXIC RELATIONSHIP 2024-04-18T12:24:15+00:00 Sekar Tri Kesumawardani sekartri.kesumaw@gmail.com Maria Fitriah sekartri.kesumaw@gmail.com Agustina Multi Purnomo sekartri.kesumaw@gmail.com <p><em>Toxic relationship berdampak pada kehidupan sosial seseorang. Adanya perilaku posesif dalam suatu relasi sehingga adanya batasan dalam bersosialisasi dengan pergaulan yang lebih luas. Akibatnya, toxic relationship dapat menurunkan keharmonisan hubungan antarmanusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan human relations mahasiswa dengan toxic relationship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian jenis korelasional digunakan untuk menguji perbedaan karakteristik dari dua atau lebih variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Rumpun Sosial dan Komunikasi Kota Bogor yang berjumlah sebanyak 4.403 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Nonprobability sampling. Teknik penarikan sampel dalam nonprobability sampling yaitu purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin batas toleransi kesalahan 10% sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden.</em> <em>Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan hasil yang akurat dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara human relations dengan toxic relationship yang ditujukan dari hasil uji korelasi rank spearman dengan nilai korelasi sebesar 0,213 dan nilai signifikan 0,033 &lt; 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang positif antar variabel human relations dan toxic relationship. Sedangkan nilai R Square dalam penelitian ini sebesar 0,073 atau 7,3% yang artinya bahwa variabel human relations (X) berpengaruh terhadap toxic relationship (Y) yang sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.</em></p> 2024-04-17T08:39:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/342 STRATEGI KOMUNIKASI DAN ALUR PRODUKSI DALAM PEMOGRAMAN ACARA TVRI MEDAN DI MASA GENERAL MILENIAL 2024-04-18T12:29:23+00:00 Hotmatua Peralihan hotmatuaparalihan@uinsu.ac.id Desi Wulandari hotmatuaparalihan@uinsu.ac.id Ghefira Nur Azzahra hotmatuaparalihan@uinsu.ac.id Muhammad Aidil Azhar hotmatuaparalihan@uinsu.ac.id Rifky Rinanda Lubis hotmatuaparalihan@uinsu.ac.id Putri Maharani Yuniza hotmatuaparalihan@uinsu.ac.id Surya Alfi Rozi hotmatuaparalihan@uinsu.ac.id <p class="s18"><span class="s17"><span class="bumpedFont15">Salah satu lembaga penyiaran publik (LPP) adalah TVRI </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">Medan</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">, TVRI </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">Medan</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15"> memiliki sebuah program yang berjudul generasi milenial. Didalam program tersebut bertujuan untuk mengajak anak-anak zaman sekarang yang dimana mereka memiliki prestasi untuk percaya diri dalam mengenalkan diri sendiri yang pasti tidak jauh dari prestasi yang mereka miliki t</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">entunya. Oleh karena itu tujuan penelitian </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">ini adalah</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15"> untuk mengetahui susunan program apa saja yang </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">ada didalam TVRI Medan </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">dan juga meng</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">g</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">ali tentang strategi komunikasi yang </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">benar-</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">benar pantas dalam mempertahankan program </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">g</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">enerasi </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">mi</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">le</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">nial itu sendiri dalam kehidupan anak muda maupun </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">m</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">asyarakat dilingkungan itu sendiri. Kemudia</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">n</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15"> dalam alur produksi program yang berada diacara TVRI </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">Medan</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15"> ini </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">yang merupakan</span></span> <span class="s17"><span class="bumpedFont15">stasiun </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">tv terkenal </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">di Su</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">matera </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">Utara sangat </span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">memiliki peran yang begitu penting dalam mengambil, menyi</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">mpulkan dan juga menyampaikan sebuah informasi dengan akurat tidak hanya informasi, namun ada juga hiburan, edukasi yang sangat diminatin masyarakat. Dalam hal nya &nbsp;tidak hanya itu saja namun ada alur yang berkaitan dengan produksi prog</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">ram didalamnya, TVRI tentu mengakaitkan dengan sebuah prosedur yang sudah terstruktur dan juga terorganisasi didalamnya. Dalam alur juga ada sebuah produksi dimana bidangnya dimulai dari &nbsp;rencana rencana yang sudah ditetapkan, seperti didalamnya ada pengembangan pada sebuah k</span></span><span class="s17"><span class="bumpedFont15">onsep, pengumbulan semua materi, penulisan naskah, dan lain sebagainya.</span></span></p> <p>&nbsp;</p> 2024-04-17T09:02:08+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/361 HITAM PUTIH KEBERHASILAN MISIONARIS NOMMENSEN DI TANAH BATAK (ANALISIS NARATIF BUKU TOKOH TIGA SERANGKAI DALAM MENINGKATKAN PERADABAN MASYARAKAT BATAK TOBA) 2024-05-21T07:34:43+00:00 Nadra Ideyani Vita nadravita@staff.uma.ac.id Louise Freedyana Anggreini nadravita@staff.uma.ac.id Remaja Putra Barus majabarus@gmail.com <p><em>Sejarah peradaban Suku Batak sebagai salah satu suku dengan populasi terbanyak di Indonesia tampaknya selalu menarik untuk diketahui termasuk jejak pekabaran Injil oleh misionaris Ingwer Ludwig Nommensen di Tanah Batak. Misionaris berkebangsaan Jerman ini telah mengabdikan 56 tahun hidupnya di Tanah Batak dan menuai kesuksesan meski mendapat penolakan dari masyarakat Batak dan catatan hitam mengenai perannya dalam Perang Toba. Keberhasilan Nommensen diasumsikan karena kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan mengambil hati masyarakat Batak di mana ia bersahabat dengan raja-raja Batak yang dimuat dalam narasi buku Tokoh Tiga Serangkai Dalam Meningkatkan Peradaban Masyarakat Batak. Narasi dalam buku tersebut terbagi atas 5 (lima) bagian berdasarkan teori struktur narasi Nick Lacey, yaitu kondisi keseimbangan dan keteraturan, gangguan (disruption) terhadap keseimbangan, kesadaran terjadi gangguan, upaya untuk memperbaiki gangguan serta pemulihan menuju keseimbangan. Keberhasilan komunikasi Nommensen merujuk pada pendekatan komunikasi lintas budaya, yaitu bahasa dan adat-istiadat Batak maupun Melayu, memahami kondisi geografis, psikis, religius dan pemerintahan di Tanah Batak serta pendekatan kesehatan, pendidikan, ekonomi, pertanian, kerohanian, seni budaya, dan nilai-nilai pribadi dalam dirinya. Keberhasilan Nommensen tidak diraih dalam satu malam, melainkan melalui proses belajar yang kontinu yang dilalui dengan penuh keberanian, kasih, ketekunan serta penyerahan diri kepada Tuhan.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##