Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ <p>Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi <em>Communique</em> ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yakni pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini memiliki e-ISSSN bernomor registrasi&nbsp;<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1534759360&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2622-7290</a>&nbsp;yang dikeluarkan oleh LIPI dan terakreditasi <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=7978" target="_blank" rel="noopener">Sinta S5</a></p> en-US majabarus@gmail.com (Remaja Putra Barus) agung.prabow02610@gmail.com (Agung Prabowo, S.Kom, M.KOm) Fri, 31 Mar 2023 13:06:56 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS PELANGGARAN KODE ETIK HUMAS POLRI(STUDI KASUS FERDY SAMBO) https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/140 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menganalisis pelangaran kode etik profesi humas Polri ( studi kasus Ferdy Sambo). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui <em>library research</em> (studi kepustakaan). Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisa data yaitu <em>data collection, data reduction,&nbsp; data display, conclusion drawing</em><em>. </em>Hasil penelitian ini bahwa pelenggaran kode etik profesi &nbsp;dalam studi kasus Ferdy Sambo telah melanggar tujuh kode etik profesi; mencemarkan nama baik institusi Polri; merusak citra dan reputasi Polri. &nbsp;Humas Polri mampu mengatasi masalah dengan cepat dengan meningkatkan peran humas pada <em>expert prieciber</em><em>; </em><em>problem solving fasilitator</em><em>;</em> <em>communication</em> <em>technisian </em><em>; </em><em>communication fasilitator</em><em>.</em> Analisis kasus ini menjadikan pelajaran untuk publik bahwa dalam menjalankan profesi harus profesional tifak melibatkan perasaan emosional yang dampaknya&nbsp; selain merugikan diri sendiri juga merugikan intansi dan publik.</p> Rosmala ., Imadah Thoyyibah Imadah Thoyyibah ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/140 Mon, 27 Mar 2023 21:08:30 +0000 Budaya Streetwear di Jakarta Sebagai Dampak Dari Globalisasi https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/158 <p><em>Di era globalisasi,&nbsp; </em><em>streetwear </em><em>merupakan salah satu tren fesyen yang menarik di dunia&nbsp; dalam beberapa waktu terakhir. Gaya&nbsp; yang bebas dan tidak memiliki aturan ini pun&nbsp; mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Dari&nbsp; yang terkenal karena&nbsp; modenya yang sangat praktis hingga menjadi&nbsp; yang dihargai dari keaslian sebuah barang&nbsp; tersebut. Globalisasi memberikan perkembangan kepada budaya </em><em>streetwear</em><em> dan jika ditinjau&nbsp; melalui teori Interaksionisme Simbolik, simbol dari budaya&nbsp; sendiri telah berubah melalui&nbsp; maraknya interaksi di media sosial yang merubah simbol dan paradigma itu sendiri.</em><em> Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis data Miles &amp; Huberman, dengan menghadirkan data melalui wawancara tiga narasumber yang meberikan kesimpulan bahwa </em><em>s</em><em>emakin berkembangnya era, dan semakin beragamnya simbol-simbol streetwear, membuat nilai original streetwear pun menjadi berkembang juga.</em></p> Muhammad Dimyati Haq ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/158 Mon, 27 Mar 2023 21:12:34 +0000 Aktivitas Pemasaran Politik Partai Perindo https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/179 <p><em>Partai Perindo termasuk sebagai partai baru di perpolitikan Indonesia. Pada Pemilu 2019 lalu, Perindo belum berhasil memenuhi ambang batas persyaratan legislatif. Partai tersebut akan kembali berkompetisi di Pemilu 2024. Sebagai partai politik, maka komunikasi politik yang baik perlu dijalankan. Salah satu bentuk komunikasi politik adalah penerapan aktivitas pemasaran politik. Pemasaran politik dipahami sebagai serangkaian strategi yang telah disusun sedemikian rupa untuk memperkenalkan serta mempengaruhi keputusan publik sasaran sesuai dengan tujuan politik dari partai. Pemasaran politik dibutuhkan untuk membangun hubungan dengan publik sasaran, memperkenalkan partai ke publik sasaran non pengikut, merawat loyalitas pengikut, hingga meningkatkan elektabilitas. Penelitian kualitatif ini menerapkan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif selama tiga bulan. Temuan menarik dari penelitian ini adalah aktivitas pemasaran politik Perindo dititikberatkan pada strategi pull dan push political marketing. Selain itu, dari strategi yang dijalankan tampak Perindo berusaha mendekatkan diri dengan publik sasaran yang berasal dari generasi milenial dan Gen-Z. Melihat lebih dalam lagi, maka secara tingkat finansial yang dituju berasal dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.</em></p> <p>&nbsp;</p> Celly Sompotan, Silvanus Alvin ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/179 Mon, 27 Mar 2023 00:00:00 +0000 Analisis Analisis Unsur Sinematografi Dalam Membangun Realitas Cerita Pada Film Mencuri Raden Saleh https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/182 <p><em>Film yang akan dianalisa pada penelitian ini adalah film Mencuri Raden Saleh, film yang bergenre heist atau perampokan ini dirilis pada 25 Agustus 2022 yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko sekaligus penulis skenario bersama Husein M. Atmodjo. </em><em>Film ini mengangkat sebuah kisah sekelompok pemuda dan pemudi yang berencana mencuri lukisan tak ternilai dari istana kepresidenan, lukisan ini adalah lukisan bersejarah “penangkapan pengeran Diponegoro” karya Raden Saleh. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa penerapan unsur sinematografi dalam sebuah film agar dapat membangun realitas cerita dan tidak terjadinya salah pengartian dalam penyampaian makna-makna yang terdapat dalam film tersebut. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, studi pustaka, dan wawancara. </em><em>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kritik film dengan unsur sinematografi dan tekhnik dasar pengambilan gambar&nbsp; dari Joseph V. Mascelli yaitu The five C’s of Cinematography, yaitu Camera Angle, Close up, Continuity, Cutting, dan Composition. </em><em>Hal yang digambarkan dalam film ini dan dapat dilihat dari unsur mise-en-scene, yaitu latar pencahayan, kostum, dan karakter pemain termasuk akting. </em><em>Faktor pendukung yang membuat visual gambar film ini menjadi estetik dan menjadikannya salah satu film terbaik adalah unsur-unsur yang ada didalam framenya, seperti penataan artistik, penataan cahaya/lighting, dan pemilihan set lokasi yang mendukung.</em></p> Pratama Aditia; Nurfian Yudhistira ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/182 Mon, 27 Mar 2023 21:15:48 +0000 Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Minat Pengunjung Museum Affandi Yogyakarta https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/183 <p style="text-align: justify; margin: 0cm 0cm 10.0pt 0cm;"><span style="font-size: 11pt;"><span style="color: black;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Affandi Yogyakarta Melalui Kegiatan Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” Dalam Menarik Minat Pengunjung. Untuk mengetahui tujuan tersebut maka di usung 5 (lima) sub yang berfokus pada penelitian yaitu : perencanaan, pesan, media, kegiatan, dan tujuan. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan 1) Perencanaan yang dilakukan dengan berdiskusi dengan pihak terkait, yang diantaranya Ketua Pameran Museum Affandi Tim G-Art Management – Exhibition Creator dan para kurator untuk menentukan tema yang akan diangkat. 2) Pesan yang akan disampaikan dalam kegiatan ini bersifat informatif mengenai arsip-arsip dan koleksi lukisan yang ada Museum Affandi Yogyakarta. 3) Media yang digunakan dalam Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” adalah media publikasi pihak Museum Affandi Yogyakarta menggunakan media sosial yaitu: <em>Instagram, Facebook, dan Twitter.</em>&nbsp; 4) Kegiatan yang dilaksanakan oleh Museum Affandi Yogyakarta adalah Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” untuk menarik minat pengunjung. 5) Tujuan dari adanya kegiatan Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” mengingatkan kembali pada sang maestro dan memberi informasi seputar perjalanan hidupnya selama di dunia seni yang dikemas dengan menarik dan menghibur untuk menarik minat pengunjung. Kesimpulan Museum Affandi Yogyakarta dengan adanya Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” mampu memberikan sajian informasi serta edukatif untuk menarik minat pengunjung mengenai koleksi arsip-arsip milik sang maestro kepada pengunjung dan Next Generation.</span></span></p> Dimas Yudho Prakoso, Kartika Sari Yudaninggar ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/183 Mon, 27 Mar 2023 21:16:57 +0000 Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Awareness Produk Lokal Erigo Apparel https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/184 <p><em>Kehadiran teknologi internet dan platform media sosial memberikan perubahan dan kemudahan bagi kehidupan manusia, salah satunya dapat dimanfaatkan dalam kegiatan bisnis untuk mengenalkan hingga memasarkan produk lokal kepada masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Produk lokal Erigo Apparel merupakan salah satu produk lokal yang memanfaatkan perkembangan teknologi internet dan platform media sosial Instagram untuk mengenalkan hingga mempromosikan produknya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social media marketing Instagram terhadap brand awareness produk lokal Erigo Apparel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019 dengan jumlah 81 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 orang yang ditentukan menggunakan ukuran sampel rumus Slovin serta menggunakan teknik penarikan sampel simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh social media marketing Instagram terhadap brand awareness produk lokal Erigo Apparel yang ditunjukan dari hasil uji analisis regresi linear sederhana dengan nilai F hitung 27.496 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih besar dari 0.05 </em><em>sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel X (social media marketing) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (brand awareness) produk lokal Erigo Apparel.</em> <em>Sedangkan nilai R Square dalam penelitian ini sebesar 0.297 yang berguna untuk menghitung besarnya persentase pengaruh variabel X (social media marketing) terhadap variabel Y (brand awareness).</em></p> Kiki Dwi Arviani ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/184 Mon, 27 Mar 2023 21:17:56 +0000 REPRESENTASI DOMINASI ISTRI DALAM KELUARGA https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/188 <p><em>Penelitian&nbsp; ini&nbsp; dilakukan&nbsp; untuk&nbsp; mengetahui&nbsp; bagaimana&nbsp; representasi&nbsp; dominasi istri dalam keluarga yang disajikan melalui media sosial khususnya instagram. Hal ini didasarkan pada masih banyaknya stereotype mengenai gender khususnya antara laki-laki dan perempuan hingga mengarah pada wilayah suami-isti. Bagaimana peran yang dibebankan khususnya bagi istri sering dikonstruksikan ke arah ketidakadilan gender oleh masyarakat. Penelitian ini berfokus pada postingan akun Instagram @cerminlelaki sebagai tempat untuk para lelaki menyampaikan keluh kesah yang disebut dengan aktivitas curhat. Peneliti menggunakan dua postingan pada periode bulan Februari 2021 yang disesuaikan dengan topik penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan model analisis Semiotika Roland Barthes. Analisis Roland Barthes terdiri atas tanda dan penanda yang dimaknai secara denotatif, konotatif, serta mitos atau operasi ideologi. Dari analisis Roland Barthes tersebut ditemukan bagaimana istri direpresentasikan dan dieksploitasi sebagai bentuk pengukuhan ideologi patriarki dengan cara mengkonstruksi dominasi yang erat kaitannya dengan wacana gender istri sebagai sosok perempuan, istri dalam teks disajikan sebagai dominasi yang bersifat semu dan hanya untuk pengantar dalam melanggengkan kekuasaan suami sesungguhnya melalui penyudutan kepada istri yang dianggap tidak sesuai dengan struktur budaya masyarakat. Produksi teks curhatan sebagai sebuah wadah penyampaian keluh kesah suami memiliki makna untuk mengarahkan keberpihakan masyarakat atas golongan suami dan berujung memperkuat posisi suami sebagai simbol laki-laki untuk memproduksi wacana ideologi patriarki melalui teks curhatan.</em></p> Nasikhatul Ummah, Catur Suratnoaji ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/188 Mon, 27 Mar 2023 21:51:35 +0000 PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/192 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan komunikasi interpesonal guru dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus meggunakan pendekatan teori interaksi simbolik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang mendampingi dan mengajar anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah inklusif, tapatnya di SDN 2 Sendangadi Mlati, Sleman.&nbsp; Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai sumber data primier. Observasi dan wawancara mendalam dilakukan di SDN 2 Sendangadi, terdapat tiga guru yang menjadi sumber utama dalam wawancara, yaitu&nbsp; guru kelas tiga dengan anak Retadasi Mental, guru kelas empat dengan anak Tuna Daksa dan guru kelas enam dengan anak Low Vision. Selain guru yang mengajar, peneliti juga mewawancarai guru Tata Usaha yang mengurus assesment anak berkebutuh khusus, serta mewawancarai kepala sekolah. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa guru memiliki peran penting terhadap upaya peningkatan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus lewat komunikasi interpersonal yang di kemas dalam strategi dan metode pembelajaranya. Dengan menggunakan komunikasi verbal dan non verbal yang sederhana dan baik, memahami karakteristik setiap anak berkebutuhan khusus, serta membantu proses sosial anak lewat contoh interaksi yang dikemas dalam metode dan startegi pembelajaran. Dengan keterbatasanya dalam segi fisik maupun intelektual anak berkebutuhan khusus dapat memiliki interaksi sosial yang baik lewat peran guru dalam mendidik dan memberikan pelajaran, dengan strategi yang secara tidak langsung dapat memudahkan anak berkebutuhan khusus ini berinteraksi secara sosial yang baik di luar sekolah nantinya.</em></p> <p>&nbsp;</p> Dean Aristya Viero, Novita Ika Purnama Sari ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/192 Mon, 27 Mar 2023 21:52:34 +0000 Pengaruh Brand Ambassador Song Joong Ki dan Brand Image Scarlett Whitening terhadap minat beli konsumen https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/195 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador Song Jong Ki dan Brand Image Scarlett Whitening terhadap minat beli konsumen. Metode yang digunakan adalah </em><em>kuisioner melalui google form </em><em>dengan sampel sebanyak </em><em>4</em><em>23 responden yang merupakan konsumen produk kecantikan Scarlett Whitening. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda</em><em> uji t, uji f,uji normalitas dan uji korelasi</em><em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Ambassador Song Jong Ki dari pengelolaan data memperoleh nilai T hitung sebesar 4,828 dan Sig sebesar 0,00 &lt; 0,05 sehingga Brand Ambassador Song jong ki berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk Scarlett Whitening. Brand Image Scarlett Whitening dinyatakan juga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen secara signifikan,dengan perolehan nilai T hitung sebesar 3,389 dan Sig sebesar 0,00 &lt; 0,0. Dari kedua variabel, Hasil uji t menunjukkan bahwa Brand </em><em>Image</em><em> memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap minat beli konsumen dibandingkan dengan Brand </em><em>Ambassador</em><em> Scarlett Whitening. </em></p> Cassandra Okta Via ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/195 Mon, 27 Mar 2023 21:53:21 +0000 HOAX ISU AGAMA DAN UPAYA MELAWAN PENYEBARANNYA https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/196 <p><em>Sebagai salah satu leading sector, Kantor Kemenag Kota Cirebon memiliki tanggung jawab untuk mengatasi hoax isu agama yang dapat memecah persatuan. Salah satu upaya yang bisa diterapkan adalah dengan mengoptimalkan strategi komunikasi publik melalui pesan dan pemilihan saluran komunikasi yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran media digital Kantor Kemenag Kota Cirebon dalam melawan hoax isu agama. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian memeroleh hasil sebagai berikut, pertama dalam mengatasi hoax isu agama, media digital Kemenag Kota Cirebon berperan sebagai saluran komunikasi publik, bekerjasama dengan Kementerian Agama pusat dan provinsi. Kedua, platform digital dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi yang berisi konten atau fakta untuk melawan hoax isu agama yang beredar. </em></p> Amelia Dwi Handayani ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/196 Mon, 27 Mar 2023 21:54:18 +0000 PENGARUH PESAN DAN MEDIA KOMUNIKASI PROGRAM AIR SUSU IBU DINAS KESEHATAN KOTA TERNATE TERHADAP PERILAKU PARA IBU https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/197 <p><em>Latar Belakang: pentingnya pesan dan media komunikasi akan program Air Susu Ibu Dinas Kesehatan Kota Ternate terhadap para ibu berkarir dan tidak berkarir di Kota Ternate tentunya akan berefek kepada tingkat risiko kematian bayi di Kota Ternate. Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan dan media komunikasi program Air Susu Ibu Dinas Kesehatan Kota Ternate terhadap perilaku ibu berkarir dan tidak berkarir. Metode: jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus melalui pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini sebesar 21.869.&nbsp; Pada penelitian ini, jumlah sampel yang diambil yaitu 100 responden. dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mempunyai arti yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil: koefisien determinasi didapatkan hasil nilai R Square pengaruh pesan dan media komunikasi secara simultan terhadap perilaku ibu berkarir sebesar 37,80%, dan nilai R Square sebesar pengaruh pesan dan media komunikasi secara simultan terhadap perilaku ibu tidak berkarir sebesar 51,10%. .Kesimpulan: terdapat pengaruh yang signifikan dari pesan dan media komunikasi program Air Susu Ibu Dinas Kesehatan Kota Ternate terhadap perilaku ibu berkarir dan tidak berkarir, untuk</em> <em>yang paling berpengaruh yaitu nilai siginifikan ibu tidak berkarir.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> DEDEN JAELANI ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/197 Mon, 27 Mar 2023 21:55:06 +0000 PROBLEMATIKA DALAM EKRANISASI THREAD KKN DI DESA PENARI https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/198 <p><em>Film KKN (Kuliah Kerja Nyata) Desa Penari merupakan film Indonesia </em><em>bergenre horor yang cukup sukses. Film ini diambil dari thread di media sosial Twitter yang ditulis oleh </em><em>SimpleMan</em><em> pada tahun 2019.&nbsp; Thread tersebut menjadi viral dikarenakan alur</em><em> cerita yang</em><em> sistematis dan mengalir </em><em>serta</em><em> merupakan cerita nyata. Sejak adanya thread tersebut banyak youtuber yang mulai melakukan explore untuk mencari lokasi asli Desa Penari. Dalam pencarian</em><em>nya</em><em> tidak hanya mengandalkan pesan tersurat yang disampaikan oleh </em><em>SimpleMan</em><em> melalui thread</em><em>-</em><em>nya, namun juga mengandalkan pesan tersirat dalam cerita yang secara umum</em><em> yang</em><em> merujuk daerah Banyuwangi dan sekitarnya.&nbsp; Akan tetapi dalam proses syuting, setting tempat yang digunakan adalah daerah Yogyakarta sehingga clue budaya </em><em>J</em><em>awa </em><em>T</em><em>imur tidak lagi mengerucut ke daerah </em><em>J</em><em>awa </em><em>T</em><em>imur. Berdasarkan problematika tersebut peneliti tertarik mengkaji bagaimana bentuk implikasi dari enkranisasi </em><em>thread </em><em>KKN di Desa Penari</em><em>. </em><em>Maka </em><em>penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi penggiat di bidang perfilman yang tertarik dalam ekranisasi, terutama pada film yang bertemakan budaya dan mistifikasi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tiga tahapan pengumpulan data, yakni observasi nonpartisipan, studi pustaka dan dokumentasi. </em><em>U</em><em>ntuk analisis data dengan mereduksi, menyajikan dalam bentuk tabel yang dianalisis dengan semiotika </em><em>R</em><em>oland </em><em>B</em><em>arthes </em><em>dan</em><em> dideskripsikan dengan menggunakan teori stimulus respon. Hasilnya, </em><em>adanya upaya pengaburan di film KKN Di Desa Penari dikarenakan beberapa aduan dari masyarakat Banyuwangi yang beberapa tahun ini kedatangan pemburu ‘Desa Penari’. </em><em>Selain itu, antusias masyarakat dalam mengunjungi Banyuwangi mulai menurun dan berganti mengunjungi lokasi syuting yang dilakukan di Yogyakarta. </em></p> Rika Nur Rahmawati, Zahrotus Sa'idah ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/198 Mon, 27 Mar 2023 21:56:19 +0000 KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA TEBUIRENG https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/200 <p><em>Penelitian ini membahas mengenai komunikasi persuasif antara Guru dan Siswa di RA Tebuireng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana teknik komunikasi persuasif guru dalam pembentukkan karakter anak usia; 2) untuk mengetahui faktor yang menunjang dan menghambat proses komunikasi persuasif yang dilaksanakan oleh guru.&nbsp; Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah 3 guru dan 1 kepala sekolah dengan 52 siswa terbagi dalam 3 kelas. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data yaitu data primer, angket dan data hasil wawancara dan data sekunder. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa komunikasi persuasif guru dan cara guru dalam berkomunikasi terhadap anak cukup baik dan respon anak juga sudah cukup baik.&nbsp; Para guru menggunakan perkataan lemah-lembut, tutur kata yang baik dan benar, memberikan perhatian, keteladanan dan kebiasaan atau sikap yang baik dalam sehari-hari.&nbsp; Faktor-faktor yang menunjang ataupun menghambat proses komunikasi persuasif yang dilakukan guru dalam membentuk karakter anak usia dini yaitu berdasarkan faktor intern, instink, keluarga dan kebiasaan. faktor ekstern lingkungan pergaulan, lingkungan bermain anak dan lingkungan sekolah.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em><em>Komunikasi Persuasif, Psikologi Komunikasi, Pembentukkan Karakter Anak Usia Dini</em></p> <p>&nbsp;</p> An Nisa Dian Rahma; Marlina Deliana, ms, Angga Tinova Yudha, mr, Selamat Riadi, mr, Armansyah Matondang, mr ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/200 Mon, 27 Mar 2023 21:57:04 +0000 Primordialisme dan Agenda Media dalam Pilkada Langkat https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/205 <p><em>Media massa kerap menjadikan faktor primordialisme sebagai segmentasi audiensi. Kecenderungan ini merupakan orientasi ekonomi politik media, yang tampak semakin jelas dalam menyambut peristiwa politik seperti pemilihan kepala daerah (Pilkada). Media massa berperan besar untuk mengekpresikan pilihan politik terhadap kandidat tertentu. Peran ini semakin efektif&nbsp; jika media massa mampu merancang segmentasi audiensi berdasarkan faktor primordial dalam komunitas di wilayah peredarannya sehingga masyarakat mempunyai kedekatan bahkan sense of&nbsp; belonging&nbsp; terhadap media tersebut. Harian Waspada berhasil mengambil posisi itu di Sumatera Utara, termasuk Langkat. Agenda pemberitaan yang&nbsp; saling mempengaruhi dengan kelompok kepentingan&nbsp; di daerah ini&nbsp; membuat suratkabar ini muncul sebagai ikon dan barometer bagi masyarakat, termasuk dalam menentukan pilihan politik. Kondisi ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak, dimana pasar Waspada akan semakin kuat sehingga berkontribusi terhadap ekonomi dan kredibilitas politiknya sendiri, sedangkan masyarakat pun mendapatkan&nbsp; media “seagenda” untuk mempopularitaskan sekaligus&nbsp; memenangkan kandidat yang menjadi pilihan politik mereka.</em></p> Nurhalim Tanjung ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/205 Mon, 03 Apr 2023 06:44:37 +0000