REPRESENTASI FEMINISME EMILY COOPER DALAM SERIAL “EMILY IN PARIS” DI NETFLIX
Abstract
Banyak Film yang mengangkat tema feminisme, dimana perempuan diwujudkan dalam sosok yang mandiri namun menemui berbagai kendala di masyarakat. Seperti karakter Emily Cooper dalam serial Emily in Paris yang tayang sejak 2020 lalu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendefinisikan level realitas feminisme Emily Cooper dalam serial Emily in Paris, untuk menjelaskan level representasi feminisme Emily dan untuk menjelaskan level ideologi feminisme Emily. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika John Fiske yang di dalamnya terdapat tiga level analisis yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi analisis teks serta studi literatur/kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama Serial Emily in Paris, Emily Cooper memiliki empat kategori feminisme yang mana kategori tersebut dibuat berdasarkan konsep feminisme yaitu feminisme dalam pengambilan keputusan, feminisme dalam konsep percaya diri, feminisme dalam intelektualitas, dan feminisme dalam kemandirian. Berdasarkan pengamatan peneliti, empat kategori feminisme yang dibuat berdasarkan konsep feminisme ke-empatnya memiliki andil yang sama. Tidak hanya satu kategori yang terlihat atau yang tampak berperan, semua kategori memiliki peran yang sama rata. Berdasarkan teori yang digunakan, teori semiotika John Fiske pada level realitas peneliti menggunakan kode penampilan, tata rias, kostum, perilaku, cara bicara, lingkungan dan ekspresi untuk menganalisis sequence dari serial Emily in Paris. Pada level representasi peneliti menggunakan teknik pengambilan gambar, suara dan dialog. Sedangkan pada level ideologi, ideologi yang direpresentasikan Emily adalah ideologi feminisme.
Downloads
References
Moleong, L, J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.
Rusadi, U. (2015). Kajian Media: Isu Ideologis dalam Perspektif, Teori dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutanto, O. (2017). Representasi Feminisme Dalam Film “Spy”. Jurnal E- Komunikasi.
Vera, N. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.