Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Awareness Produk Lokal Erigo Apparel

  • Kiki Dwi Arviani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Social Media Marketing, Brand Awarness, Instagram, Erigo

Abstract

Kehadiran teknologi internet dan platform media sosial memberikan perubahan dan kemudahan bagi kehidupan manusia, salah satunya dapat dimanfaatkan dalam kegiatan bisnis untuk mengenalkan hingga memasarkan produk lokal kepada masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Produk lokal Erigo Apparel merupakan salah satu produk lokal yang memanfaatkan perkembangan teknologi internet dan platform media sosial Instagram untuk mengenalkan hingga mempromosikan produknya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social media marketing Instagram terhadap brand awareness produk lokal Erigo Apparel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019 dengan jumlah 81 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 orang yang ditentukan menggunakan ukuran sampel rumus Slovin serta menggunakan teknik penarikan sampel simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh social media marketing Instagram terhadap brand awareness produk lokal Erigo Apparel yang ditunjukan dari hasil uji analisis regresi linear sederhana dengan nilai F hitung 27.496 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih besar dari 0.05 sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel X (social media marketing) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (brand awareness) produk lokal Erigo Apparel. Sedangkan nilai R Square dalam penelitian ini sebesar 0.297 yang berguna untuk menghitung besarnya persentase pengaruh variabel X (social media marketing) terhadap variabel Y (brand awareness).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (2018). Manajemen Ekuitas Merek.
Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Babbie, E. (2016). THE PRACTICE OF SOCIAL RESEARCH.
DataIndonesia. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing : Step-By-Step Techniques To Spread the Word About Your Business Fast and Free.
Heggde, G., & Shainesh, G. (2018). Social media marketing: Emerging concepts and applications. In Social Media Marketing: Emerging Concepts and Applications. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5323-8
Katadata. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Pada Januari 2021%2C jumlah pengguna,tercatat sebanyak 202%2C6 juta.
Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. DataIndonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Malholtra, N. K., & Dash, S. (2016). Marketing Research: An Applied Approach Seventh Edition. In Pearson India Education Services.
Neuman, W. L. (2014). Basic of Social Research : Qualitative & Quantitative Approach.
Sekaran, U. (2016). Research Methods for Business.
Katadata. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Pada Januari 2021%2C jumlah pengguna,tercatat sebanyak 202%2C6 juta.
Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. DataIndonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Malholtra, N. K., & Dash, S. (2016). Marketing Research: An Applied Approach Seventh Edition. In Pearson India Education Services.
Neuman, W. L. (2014). Basic of Social Research : Qualitative & Quantitative Approach.
Published
2023-03-27
How to Cite
Arviani, K. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Awareness Produk Lokal Erigo Apparel. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 216-224. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.184