PENGARUH PESAN DAN MEDIA KOMUNIKASI PROGRAM AIR SUSU IBU DINAS KESEHATAN KOTA TERNATE TERHADAP PERILAKU PARA IBU

(STUDI KASUS PADA IBU BERKARIR DAN TIDAK BERKARIR)

  • DEDEN JAELANI UNIVERSITAS PARAMADINA
Keywords: Pesan Komunikasi, Media Komunikasi, Perilaku, Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja

Abstract

Latar Belakang: pentingnya pesan dan media komunikasi akan program Air Susu Ibu Dinas Kesehatan Kota Ternate terhadap para ibu berkarir dan tidak berkarir di Kota Ternate tentunya akan berefek kepada tingkat risiko kematian bayi di Kota Ternate. Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan dan media komunikasi program Air Susu Ibu Dinas Kesehatan Kota Ternate terhadap perilaku ibu berkarir dan tidak berkarir. Metode: jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus melalui pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini sebesar 21.869.  Pada penelitian ini, jumlah sampel yang diambil yaitu 100 responden. dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mempunyai arti yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil: koefisien determinasi didapatkan hasil nilai R Square pengaruh pesan dan media komunikasi secara simultan terhadap perilaku ibu berkarir sebesar 37,80%, dan nilai R Square sebesar pengaruh pesan dan media komunikasi secara simultan terhadap perilaku ibu tidak berkarir sebesar 51,10%. .Kesimpulan: terdapat pengaruh yang signifikan dari pesan dan media komunikasi program Air Susu Ibu Dinas Kesehatan Kota Ternate terhadap perilaku ibu berkarir dan tidak berkarir, untuk yang paling berpengaruh yaitu nilai siginifikan ibu tidak berkarir.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkins, Charles K. dan Ronald E. Rice (2013). Theory and Principles of Public Communication Campaigns. Dalam Ronald E. Rice dan Charles K. Atkins. Public Communication Campaign. New York : Sage Publication
Badan Pusat Statistika. (2021). Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Jakarta
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2012). Angka Kematian Bayi. Diakses dari http://sirusa.bps.go.id
Berlo, David K. (1960). The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. Holt, Rinehart and Winston, New York
Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo
Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Cutlip, S.M., Allen H.C., dan Broom, G.M. (2005). Effective Public Relations. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, Edisi 8
Effendy, Onong Uchjana. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya
Efendy, Onong Uchana. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:Remaja Rosda Karya
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. Jakarta
Kementerian PPN/Bappenas. (2017). Sustainable Development Goals Kementerian PPN/Bappenas. Jakarta
Kotler, P., Lee, N., dan Roberto, N. (2002). Social Marketing Improving The Quality of Life. London: Sage Publication, Inc, hlm 5
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. Jakarta 2012
Ruslan, Rosady. (2017). Metode Penelitian Public Relations & Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Semua hal SDG untuk anak-anak di Indonesia (profil singkat provinsi: Maluku Utara). 2021. Diperoleh dari https://www.unicef.org/indonesia/
Semua hal manfaat air susu ibu. 2020. Diperoleh dari https://www.halodoc.com/
SPSS Versi 21
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sukendar, M.U. (2017). Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Yogyakarta: CV Budi Utama, hal.68
Sunarto. (2003). Manajemen, Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Elex Media Kompotindo
Snyder, Leslie B. (2002). Development Communication Campaigns, dalam: Gudykunst William B. dan Bella Mody (eds). 2002. Handbook of International and Intercultural Communication. California: Sage
Smith, R. D. (2013). Strategic planning for public relations (4th edition). New York: Routledge
www.unicef.org, 2021
Published
2023-03-27
How to Cite
JAELANI, D. (2023). PENGARUH PESAN DAN MEDIA KOMUNIKASI PROGRAM AIR SUSU IBU DINAS KESEHATAN KOTA TERNATE TERHADAP PERILAKU PARA IBU. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 276-287. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.197