PERANCANGAN SOCIAL MEDIA MARKETING UMKM SILAQ DA-LAM MEMBENTUK BRAND IDENTITY

  • Adi Nur Prasetyo Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Sosial media marketing. Media Sosial, UMKM

Abstract

Pemasaran dengan memanfaatkan media internet atau electorinc marketing(e-marketing) mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat karena adanya internet yang membantu mempermudah mencari informasi, berkomunikasi tanpa batas, dan jarak. SILAQ adalah UMKM yang bergerak di bidang sabun organik dengan mengusung sistem eco friendly. Dengan sistem yang di bawa mereka seperti eco friendly, woman empowerement dan sustainable life dapat menjadi tonggak awal kepada masyarakat akan pentingnya menjaga gaya hidup yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. SILAQ menggunakn media Instagram sebagai alat untuk promosi sekaligus kampanye akan sistem yang mereka gaungkan. Social Media Marketing dipilih sebagai salah satu pendekatan dan variabel pemasaran online dari SILAQ melalui media sosial Instagram dengan memperhatikan empat elemen variabel kesuksesan yaitu Content Creation, Content Sharing, Connecting dan Community Building.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D., and Joachimsthaler, E. (2000). Brand Leadership. New York : The Free Press. Education
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing management 12e. Up per Saddle River, NJ: Pears Edu cation.
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2016). Marketing Management, Edisi ke15. Penerbit Perarson Mas sa. Erlangga. Jakarta
McQuail, Denis. 1991. Teori Komunikasi
Mileva, L & Fauzi, Achmad. 2018. Pengaruh Social Media Market-ing Terhadap Keputusan Pem-belian (Survei Online pada Maha-siswa Sarjana Jurusan Ilmu Ad-ministrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Admin-istrasi
Soewardikoen, D. W. (2021). Metodologi Penelitian DKV. Yogyakarta: PT. Kanisius
Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit An di Yogyakarta
Tuten, Tracy L. 2008. Advertising 2.0 Social Media Marketing in a Web 2.0 World.Connecticut : Praeger
Wulandari, A., & Widyantoro, A. O. Strategi Social Media Marketing Produk Tekstil UMKM Ikat Celup di Purworejo, Jawa Ten gah. Komunikasi, Ekonomi Kre atif dan Pemulihan Pem bangunan Global, 28.
Wulandari, Astri. (2019). Perenca naan Strategi Social Media Mar keting Pada PKM UMKM Bakpia Ivan Di Desa Janten, Kecamatan Ngestiharjo, Ka bupaten Bantul, Provinsi Diy. MBridge Press.
Published
2023-10-24
How to Cite
Prasetyo, A. (2023). PERANCANGAN SOCIAL MEDIA MARKETING UMKM SILAQ DA-LAM MEMBENTUK BRAND IDENTITY. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(1), 18-28. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i1.213