PERAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM UPAYA MEMAKMURKAN MASJID AL-IZZAH UINSU
Abstract
Kemakmuran suatu masjid dapat dilihat melalui tanggung jawab kita sebagai umat muslim dalam mengelola serta menjaga masjid tersebut. Dalam kehidupan umat islam masjid sangat penting, hal ini terbukti dengan pengulangan kata masjid dalam Al-quran sebanyak dua puluh delapan kali yang intinya sebagai tempat tunduknya insan kepada Allah SWT. Apalagi masjid Al-izzah UINSU (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara) sudah menjadi pusat aktivitas keagamaan dan lainnya bagi mahasiswa, dosen, serta masyarakat sekitar kampus UINSU. Penelitian ini dibuat agar dapat mengetahui komunikasi pembangunan dalam mewujudkan kemakmuran masjid Al-Izzah UINSU. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang merupaka cara peneliti mengumpulkan data dengan melaksanakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian Masjid : Menjadi tempat sosialisasi antara mahasiswa, Mempererat ukhuwah islamiah, Kenyamanan saat beribadah, pengajian, dzikir, dll, Menjadi tempat istirahat dan diskusi mahasiswa, Menjadi tempat kegiatan dakwah kampus, Menjadi tempat untuk mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas kuliah (Free WIFI).
Downloads
References
Ainiyah, N., & Hadiyanto, H. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Pembangunan Masjid Raya Di Desa Kudukeras Kabupaten Jember.
Fatimah, Rizky Nur and Yulianto, Achmad Rofi'i (2019). "Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Masjid untuk Peningkatan Kualitas Fasilitas dan Program". Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 17 No 2
Hamdani, D., Tressa, H., & Kurniawan, A. F. (2019). Manajemen Komunikasi Pembangunan Masjid: Studi Kasus di Kampung Rancapinang Kabupaten Bandung.
Nurhidayati, N., & Kurniawan, A.F.(2020) Analisis Penggalangan Dana Pembangunan Masjid Berbasis Transparansi Dan Akuntabilitas
Pradana,A., Fahmi,I.& Furqon,M.A.(2019) Strategi Pengambilan Keputusan Berbasis Pendekatan Partisipatif Pada Proses Pembangunan Masjid
Sulthon,M.&Effendi,I.(2020)Komunikasi Dakwah Dalam Pembangunan Masjid di Desa Kembangan,Kecamatan Bangilan,Kabupaten Tuban,Jawa Timur
Sumirat,I,Wijaya,D,& Purwanto,P.A.J(2021) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Informasi Dalam Pelaksanaan Pembanguanan Mesjid An-Nashirin Kota Bogor Tahun 2018-2019
Sururi,Muh.Habibullah,(2017),Manajemen Dakwah dan Komunikasi Baitul Mal Wat Tamwil dalam Upaya Mengembangkan Ekonomi Umat Melalui Program Bank Wakaf Mikro,Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Paper Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya
Wardiyanti,F.R.& Marthens,Y.M.(2020) Strategi Branding Untuk Meningkatkan Dukungan Publik Terhadap Program Pembanguanan Mesji di Surakarta
Yusuf,Y.Q.,Saputra,D.A,&Arifin,A.(2017). Konsep Komunikasi Dakwah dalam Pengelolaan Wakaf Produktif untuk Kemajuan Ekonomi Umat: Studi Kasus BMT Al-Istiqomah Malang