PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK TENAGA MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU HAJI MEDAN

  • Nurul Sabrina Universitas Sumatera Utara
  • Nurbani -
Keywords: Komunikasi Terapeutik, Tenaga Medis, Kepuasan Pasien.

Abstract

Rumah sakit memiliki kewajiban memberikan layanan yang dapat memuaskan pasien. Salah satu

cara yang dapat dilakukan rumah sakit adalah tenaga medis menggunakan komunikasi terapeutik dalam melayani atau menangani penyakit pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik tenaga medis terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSU Haji Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 2066 dan dengan menggunakan rumus slovin maka diperoleh sampel sejumlah 95 responden yang tersebar pada 8 poliklinik (geriatri, bedah anak, neuro anak, paru, endokrin, gigi, tht, dan neurologi dewasa). Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak RSU Haji Medan berkenaan dengan pengambilan data penelitian, dan menyebarkan angket kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif (tabel tunggal) dan analisis statistik inferensial (uji t dan uji koefisien determinan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji hipotesis ditemukan bahwa nilai uji T lebih besar daripada T tabel maka Ha diterima H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh komunikasi terapeutik tenaga medis terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSU Haji Medan. Kemudian melalui pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 37,3% yang artinya variabel komunikasi terapeutik memberikan kontribusi sebesar 37,3% terhadap variabel kepuasan pasien. Sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Peneliti mengharapkan adanya penelitian lanjutan yang terkait denngan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien di RSU Haji Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiani C. Budhi. (2018). Pengukuran Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Bidang Akademik Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis, 1(1), 1-9
Afnuhazi. (2015). Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan Jiwa. Gosyen Publishing.
Agnena, S. (2015). Analisa Komunikasi Terapeutik Dokter dan Pasien dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu di Rumah Sakit Aisyiyah Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 3(1), 156-171
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2)
Febriati.2014. EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BONTANG.Jurnal Ilmu Komunikasi.2(4).287-296
Hakim, Lukman. (2013). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Bersalin di Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Brimob Watukosek Gempol Pasuruan. Jurnal Kanal, 2(1), 66-76
Hasibuan, Efendy, Afriany. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Handover, Komunikasi Teraupetik Dan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Haji Medan Tahun 2021. Jurnal Medicine, 8(1), 48-62
Indrasari, Meithiana.(2019).Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Kurniadi, Hayatullah & Lestari, Shinta, Suci.(2016). Komunikasi Kesehatan (Dokter Kepada Pasien) Di Pekanbaru. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Universitas Abdurrab Tahun 2016 (SHPPA 2016).215-222
Lalongkoe, Maksimus Ramses,Thomas Alfai Edison. (2014). Komunikasi Terapeutik Pendekatan Praktisi Kesehatan. Graha Ilmu Machfoedz
LG.(2023, 15 Agustus 2023). Tower Baru Rsu Haji Medan Sudah Bisa Digunakan, Edy Rahmayadi Wujudkan Prioritas Kesehatan Rakyat Sumut.Diskominfo Sumut. https://diskominfo.sumutprov.go.id/artike l-6788-tower-baru-rsu-haji-medan-sudah- bisa-digunakan-edy-rahmayadi- wujudkan-prioritas-kesehatan-rakyat- sumut.html (di akses tanggal 20 Agustus 2023)
Mahendro. (2017). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Jogja.Journal UMY.6(1)
Muhayyah, Syaida, Nada & Naryati. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Indonesian Journal Of Nursing Sciences And Practices, 3(2), 1-6
Ngalimun. (2018).Komunikasi Kesehatan Konseling Dan Terapeutik. Dua Satria Offsite
Nurbani. (2019). Komunikasi Antar Pribadi. Universitas Terbuka
Rachman.(2020). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rsud Bangkinang. Jurnal Jom Fisip, 7(2)
Riauan,Imam, M. A. R. , & Shasrini, T.(2017). Dampak Komunikasi Terapeutik Terhadap Citra Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru).Jurnal The Messenger, 9(1).
Sari, Fitria, Afna.(2020). Etika Komunikasi. (Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa). Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127-135.
Tamara, Virginia, Cathrine., Utami, Niswati, Tri., Aini, Nur., (2021).Analisis Pengaruh Komunikasi Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Pratama Siti Rahmah Tanjung Morawa. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 5(2), 29-38
Utami, Susilasih, Sedya., Haeruddin., Suharni. (2023).Analisis Pengaruh Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Gigi Pada Tindakan Perawatan Gigi Dan Mulut Dipoli Gigi Rsu Anna Medika Madura Tahun 2022. Journal Of Muslim Community Health. 4(2), 100-109
Published
2024-04-17
How to Cite
Sabrina, N., & -, N. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK TENAGA MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU HAJI MEDAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 158-166. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.346