Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai Dalam Meningkatkan Literasi dan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024

  • Juli Ariska USU
  • Syafruddin Pohan
Keywords: Strategi Komunikasi, Komisi Pemilihan Umum dan Pemilu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi publik yang dilakukan oleh KPU Kota Binjai dalam meningkatkan literasi dan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dimana peneliti melakukan observasi melalui analisis media sosial instagram @kpukotabinjai, wawancara langsung dengan kpu dan studi dokumentasi sebagai teknik analisis data. Setelah mendapatkan hasil, peneliti  menganalisis data menggunakan teori strategi, teori komunikasi Harlold Laswell dan psikologi komunikasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa KPU Kota Binjai telah melaksanakan strategi komunikasi publik dengan memperhatikan unsur perencanaan, imlementasi dan evaluasi yang dikemas secara menarik melalui media komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Nurkhin , S Martono, Muhsin, Fachrurrozie, dan M. F. (2021). Jurnal implementasi. Jurnal Implementasi, 1(2), 139–145.
Alvat, P. A. (2020). Refleksi Indonesia. (Guepedia, Ed.). Bogor: Guepedia.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fauziah, A. R., Bimantara, C. S., Bahrenina, K. A., & Pertiwi, Y. E. (2023). Meningkatkan Kualitas Pemilu Serentak Tahun 2024 Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital. Jurnal Kajian Konstitusi, 3(1), 51.
Hartono, M. I. A., K, R. C., & Rosalia, F.
Published
2024-04-17
How to Cite
Ariska, J., & Pohan, S. (2024). Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai Dalam Meningkatkan Literasi dan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 36-44. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.357