Representasi Women Empowerment Dalam Iklan Make Over Edisi "Discover The Unseen Power"

  • Indah Titi Setiawati Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Al Musa Karim
Keywords: Representasi, Women Empowerment, Iklan, Semiotika Roland Barthes.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti representasi women empowerment pada iklan produk kosmetik Make Over. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Peneliti akan melakukan analisis data primer dengan mengamati objek dan subjek penelitian melalui situs Youtube. Sumber data primer didapatkan dari iklan Make Over dan sumber data sekunder berasal dari studi kepustakaan. Peneliti akan membagi penelitian dan pembahasan pada setiap tokoh dalam iklan. Pembagian setiap tokoh akan diawali dengan titik kelemahan tokoh hingga mencapai pada titik women empowerment. Data yang diperoleh berupa scene, yang selanjutnya diproses menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menemukan makna denotasi, makna konotasi, dan mitos iklan tersebut adalah keempat perempuan tersebut berupaya mewujudkan impian mereka. Selain itu keempat tokoh perempuan tersebut berhasil merubah dan memperbaiki pandangan diskriminasi kaum perempuan. Make Over ingin mendorong kaum perempuan untuk menjadi lebih dewasa dalam mencapai mimpi-mimpi tanpa adanya batasan. Secara umum pembahasan dari analisis iklan Make Over edisi ”Discover The Unseen Power” menunjukan bahwa women empowerment didapatkan melalui titik terendah pada setiap tokoh. Setiap tokoh mempunyai permasalahan terkait perjalanan hidup dan menjalani titik terendah hingga mereka menemukan kekuatan dari dalam untuk terus berjuang dan dapat mencapai apa yang mereka inginkan. Selain itu perempuan harus memiliki power dan kebebasan atas pilihan hidup mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/1242
http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/627
Published
2024-10-14
How to Cite
Setiawati, I., & Karim, A. M. (2024). Representasi Women Empowerment Dalam Iklan Make Over Edisi "Discover The Unseen Power". Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(1), 29-40. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i1.368