Analisis Manajemen Event 14 Tahun Kolaborasi Nyata di Radio PRFM 107,5 News Channel Kota Bandung

  • Sindi Maya Politeknik LP3I
Keywords: Kota Bandung, Manajemen Acara, PRFM, Radio

Abstract

Radio telah berkembang menjadi alat untuk menyampaikan informasi dan hiburan dari waktu ke waktu. Seiring perkembangan zaman, radio terus menyiarkan musik dan berita terbaru. Di era modern saat ini, radio meredup dan banyak orang meninggalkan radio. Ditengah proses transisi dari konvensional, banyak perusahaan yang bergerak di bidang  penyiaran  radio mulai  mengikuti  perkembangan di dalam  perubahan  konsep pemasarannya. Salah satu cara agar  perusahaan  radio tetap dikenal dan didengarkan oleh masyarakat adalah  membuat  sebuah event atau acara. Event adalah kegiatan  atau festival untuk merayakan peristiwa yang dilakukan pada waktu tertentu dengan tujuan memberikan pesan kepada khalayak. Untuk memastikan event berjalan sukses, maka perlu dilakukan pengelolaan event. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengevaluasi pengelolaan event 14 Tahun Kolaborasi Nyata Radio PRFM 107,5 News Channel dengan metode studi kasus, karena peneliti ingin mendapatkan data yang, rinci, lengkap, dan mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses pengelolaan event pada 14 Tahun Kolaborasi Nyata Radio PRFM 107,5 News Channel. Hasil penelitian penyelenggaran acara 14 Tahun Kolaborasi Nyata telah menerapkan 5 proses manajemen acara sesuai dengan teori Goldblatt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Verianty, W. A. (2023, March 31). Event Adalah Acara, Ini Penjelasan dan Cara Membuatnya. liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/5248128/event-adalah-acara-ini-penjelasan-dan-cara-membuatnya
Bladen, C., Kennell, J., Abson, E., & Wilde, N. (2012, June 12). Events Management. https://doi.org/10.4324/9780203852972
Cangara, H. (2022, April 8). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kelima. http://books.google.ie/books?id=fagC0AEACAAJ&dq=pengantar+ilmu+komunikasi+hafied+cangara&hl=&cd=3&source=gbs_api
PKPTK22: Menjelaskan penelitian studi kasus, penelitian deskriptif dan penelitian tindakan kelas. (2022, March 11). https://spada.uns.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=118062
JURNAL SENI TARI Terakreditasi SINTA 4 - PDF Free Download. (n.d.). https://docplayer.info/234208632-Jurnal-seni-tari-terakreditasi-sinta-4.html
PENTINGNYA EVENT DALAM PEMASARAN MEREK. (n.d.). https://infocuscreativa.com/news/view/9
Riadi, M. (2021, September 14). Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Manajemen Event. KajianPustaka. https://www.kajianpustaka.com/2019/04/manajemen-event.html
Komunikasi Adalah: Definisi, Jenis, & Penggunaannya. (2023, July 4). LSPR. https://www.lspr.ac.id/definisi-jenis-penggunaannya-komunikasi
Store, D. (2023, October 7). Pengertian Komunikasi: Karakteristik, Sejarah, Unsur dan Macam-Macam. Deepublish Store. https://deepublishstore.com/blog/materi/pengertian-komunikasi
Rais, H. (2020, November 8). Kilas Balik 11 Tahun PRFM: Cerita Terbentuknya PRFM, Hingga Jadi Tempat Curhat Pendengar - PRFM News. PRFM News. https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-13927285/kilas-balik-11-tahun-prfm-cerita-terbentuknya-prfm-hingga-jadi-tempat-curhat-pendengar?page=all
Setiawan, E. (n.d.). Arti kata acara - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/acara
Goldblatt, J. (2013, November 25). Special Events. John Wiley & Sons. http://books.google.ie/books?id=WQOJAgAAQBAJ&dq=0471396877&hl=&cd=8&source=gbs_api
Firmansyah, D., Anindita, A., & Widyaningrum, A. G. (2023, July 28). Konvergensi Televisi Dan Media Sosial Dalam Distribusi Konten Berita. Jurnal Visi Komunikasi, 22(01), 16. https://doi.org/10.22441/visikom.v22i01.15672
Hamsinah, H., Yolanda, A., & Toruan, R. R. M. L. (2021, August 31). Penyelenggaraan Event “BRI RUN” Dalam Meningkatkan Brand Image PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Jurnal Cyber PR, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1413
Uljanatunnisa, U., Handayani, L., & Alisyah, V. (2020, November 22). ANALISIS MANAJEMEN EVENT (Studi Kasus Program CSR Wirausaha Muda Mandiri 2019). Expose:
Published
2024-10-14
How to Cite
Maya, S. (2024). Analisis Manajemen Event 14 Tahun Kolaborasi Nyata di Radio PRFM 107,5 News Channel Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(1), 10-18. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i1.372