PERAN MEDIA RELATIONS DALAM MENINGKATKAN REPUTASI INSTITUSI KEPOLISIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media relations dalam meningkatkan reputasi institusi kepolisian, dengan fokus pada publisitas melalui konferensi pers dan siaran pers. Di tengah tantangan reputasi yang dihadapi oleh kepolisian, terutama setelah peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan pada tahun 2022, hubungan yang baik dengan media menjadi krusial. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi literatur, penelitian ini memeriksa praktik media relations Polri dan dampaknya terhadap persepsi publik. Hasilnya menunjukkan bahwa konferensi pers memberikan platform langsung untuk menyampaikan informasi penting dan membangun citra kepemimpinan, sedangkan siaran pers memungkinkan pengendalian narasi dan respons cepat terhadap isu-isu kontroversial. Dengan memanfaatkan kedua platform ini secara efektif, kepolisian dapat memperkuat hubungan dengan media, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan membangun reputasi sebagai penegak hukum yang profesional dan peduli terhadap keamanan publik
Downloads
References
Gatra, S. (2022). Urgensi Komunikasi Krisis Institusi Kepolisian. Kompas.Com.
Kojongian, M., Tumbuan, W., & Ogi, I. (2022). Efektifitas Dan Efisiensi Bauran Pemasaran Pada Wisata Religius Ukit Kasih Kanonang Minahasa Dalam Menghadapi New Normal. Jurnal EMBA, 10(4), 1968.
Kriyantono, R. (2015). Public Relations & Crisis Management (Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis &Kualitatif). Kencana Predana Media Group.
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif (8th ed.). Prenada Media Group.
Mason, D., Ingham, B., Urbanowicz, A., & Michael, C. (2019). A Systematic Review of What Barriers and Facilitators Prevent and Enable Physical Healthcare Services Access for Autistic Adults. J Autism Dev Disord, 49(8).
Prayogi, D., & Prawijaya, A. (2022). Strategi Media Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Luwu Timur dalam Peningkatan Sarana Informasi Publik. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 2(2), 115–131. https://doi.org/10.33701/jtpm.v2i2.2824
Raharjo, R. S. (2005). Latar Belakang Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations Tvri Yogyakarta Dan Jogja Tv). 09, 27–36.
Rofiki Rahman, A., & Astriani, A. (2023). Komunikasi Krisis Polri dalam Meningkatkan Reputasi dan Kepercayaan Masyarakat Setelah Tragedi Sepak Bola di Kanjuruhan. Komunika, 10(2), 91–101. https://doi.org/10.22236/komunika.v10i2.11042
Yosal, I. (2011). Media Relation: Konsep Pendekatan dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media.
Zulfikar, M., Handayani, P., Nasrudin, A., & ... (2023). Internal Communication in Creating Performance Synergrity. … Jurnal Politik Dan …, 15(2), 285–298. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/4815