PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEMP HUMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA BERORGANISASI (SURVEI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI HUMAS DAN KOMUNIKASI DIGITAL FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

  • Aqilah Claracynthia Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari
  • Muria Putriana
  • Andika Salsa Dewi
  • Muhammad Zulfan Anbiya
  • Akmal Fatih Seif
  • Beatrice Samantha Surya
  • Nugraha Azka Sulthan
Keywords: Media Sosial, Minat Mahasiswa, BEMP Humas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  media sosial Instagram oleh BEMP Humas terhadap minat mahasiswa untuk bergabung dalam organisasi. Dengan pesatnya perkembangan media sosial, dampak positif dan negatifnya bagi masyarakat semakin terlihat jelas. Penggunaan media sosial yang berlebihan, khususnya Instagram, dapat memengaruhi perilaku individu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media sosial Mayfield yang membahas tentang karakteristik media sosial dan pengukurannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram oleh BEMP Humas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti organisasi, dengan hasil regresi sebesar 0,797. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram berperan penting dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam organisasi dan dapat menjadi alat yang efektif dalam strategi komunikasi dan pemasaran organisasi kemahasiswaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(9), 627.

Zahra, U. Pengaruh Marketing Public Relations Akun Instagram@ pcippnutangsel terhadap Minat Berorganisai Pelajar Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Juwita, A. A., & Triyanto, M. A. (2019). Minat Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Modelling di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi, 8(4).

Putriana, M., Puspitasari, W., Sugiarto, A., Muharam, Y. A., & Darmawan, T. (2023). Penerapan Komunikasi Interpersonal pada Media Sosial: SMK N 1 Babelan Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(4), 44-55.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan komunikasi digital storytelling pada media sosial instagram. Teknika, 9(2), 121-128.

Benedict, E., & Ariestya, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Sikap Berdonasi Melalui Platform Crowdfunding. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 167-184.

Sugeng, B. (2022). Fundamental metodologi penelitian kuantitatif (eksplanatif). Deepublish.

Rifaldo, M. (2022). PENGARUH DISIPLIN KERJA, BUDAYA ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan PT. ACT Logistic International Wilayah Jakarta dan Surabaya) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133-147.

Oktaviani, D. (2019). Pengaruh media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa IAIN metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Wulandari, A., & Salma, A. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 5(2), 242-246.

Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 54-64.

Mayastri, R. A. (2015). Komunikasi Organisasi pada Organisasi Mahasiswa Internasional (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Organisasi pada AIESEC Local Committee Universitas Sebelas Maret).

Magfirah, I., & Prafitriyani, S. (2019). Pengaruh Organisasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru (Uniqbu). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 828-837.

Ardiana, E., & Putra, E. V. (2019). Organisasi Eksternal Kampus Sebagai Wadah Pengembangan Softskill Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Negeri Padang Yang Mengikuti Organisasi Eksternal Kampus). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2(3), 274-286.

Alashfahani, D. S. F., & Sri Hartini, S. H. (2016). Pengaruh motivasi organisasi dan keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi mahasiswa unit kegiatan mahasiswa universitas muhammadiyah surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Published
2024-10-14
How to Cite
Claracynthia, A., Sari, W., Putriana, M., Dewi, A., Anbiya, M., Seif, A., Surya, B., & Sulthan, N. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEMP HUMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA BERORGANISASI (SURVEI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI HUMAS DAN KOMUNIKASI DIGITAL FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(1), 95-102. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i1.395