STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LADANG BUDAYA TENGGARONG DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA MELALUI MEDIA DIGITAL
Abstract
Strategi Komunikasi Pemasaran Ladang Budaya Tenggarong Dalam Mempromosikan Wisata Melalui Media Digital. Mengenai rumusan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini yaitu : Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Ladang Budaya Tenggarong dalam mempromosikan wisata melalui media digital. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan komunikasi. Sumber data pada penelitian ini adalah pihak pengelola Ladang Budaya Tenggarong dan pengunjung yang datang berkunjung ke Ladang Budaya Tenggarong. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Serta teknik analisis data dan pengolahan data dilakukan dengan tiga tahap yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Ladang Budaya Tenggarong sudah sangat efektif dan berjalan dengan baik yaitu dengan mempromosikan wisata melalui media digital seperti menyebarluaskan informasi dimedia sosial dengan empat tahap dari bauran pemasaran 4Ps yaitu Product, Price, Place dan Promotion.
Downloads
References
Effendy, Uchajana Onong. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
David, Fred. (2004). Manajemen Strategis. Konsep-konsep. Jakarta: Indeks. 2004
Gitosudarmo Indriyono. (2008). Manajemen Pariwisata. Yogjakarta: BPFE..
J. David Hunger, Thomas L. Wheelen. (2003). Management Strategi. Andi. Yogyakarta.