MEDIA KONVENSIONAL VS NEW MEDIA: STUDI KOMPARATIF SURAT KABAR DAN MEDIA ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA
Abstract
Artikel ini didasarkan pada penelitian tentang studi banding yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa FISIP USU dengan menggunakan surat kabar (media konvensional) dan menggunakan berita online (media baru). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP USU kelas 2015-2016 yang berjumlah 1.376 orang. Sampel penelitian menggunakan rumus Taro Yamane dengan ketelitian 10% dan dengan tingkat kepercayaan 90% sehingga diperoleh sampel 94 orang. Data penelitian diperoleh melalui studi lapangan dengan instrumen angket dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tabel tunggal dan pengujian hipotesis melalui Paired Samples T Test. Berdasarkan hasil perhitungan melalui Paired Samples T Test, hasil penelitian pada surat kabar memiliki perbedaan yang positif dan signifikan dengan penggunaan berita online di kalangan mahasiswa FISIP USU, dan hasil lainnya tidak terdapat perbedaan antara pemenuhan kebutuhan informasi melalui surat kabar dan berita online di kalangan USU. Mahasiswa FISIP.
Downloads
References
Bungin, Burhan. 2006 Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikas: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa, Buku Pertama, Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Humanika.
Morissan. 2010. Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Vivian, John. 2008) Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana.
www.antaranews.com/berita/414167/apjii-pengguna-internet-di-indonesia-terus-meningkat. Diakses pada tanggal 3 Maret 2014.