MEDIA KONVENSIONAL VS NEW MEDIA: STUDI KOMPARATIF SURAT KABAR DAN MEDIA ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA

  • Iskandar Zulkarnain Universitas Sumatera Utara
  • Febry ichwan butsi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan
Keywords: Media Konvensional, New Media, Kebutuhan Informasi

Abstract

Artikel ini didasarkan pada penelitian tentang studi banding yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa FISIP USU dengan menggunakan surat kabar (media konvensional) dan menggunakan berita online (media baru). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP USU kelas 2015-2016 yang berjumlah 1.376 orang. Sampel penelitian menggunakan rumus Taro Yamane dengan ketelitian 10% dan dengan tingkat kepercayaan 90% sehingga diperoleh sampel 94 orang. Data penelitian diperoleh melalui studi lapangan dengan instrumen angket dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tabel tunggal dan pengujian hipotesis melalui Paired Samples T Test. Berdasarkan hasil perhitungan melalui Paired Samples T Test, hasil penelitian pada surat kabar memiliki perbedaan yang positif dan signifikan dengan penggunaan berita online di kalangan mahasiswa FISIP USU, dan hasil lainnya tidak terdapat perbedaan antara pemenuhan kebutuhan informasi melalui surat kabar dan berita online di kalangan USU. Mahasiswa FISIP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2006 Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikas: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa, Buku Pertama, Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan. 2010. Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Vivian, John. 2008) Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana.

www.antaranews.com/berita/414167/apjii-pengguna-internet-di-indonesia-terus-meningkat. Diakses pada tanggal 3 Maret 2014.
Published
2021-04-26
How to Cite
Zulkarnain, I., & butsi, F. (2021). MEDIA KONVENSIONAL VS NEW MEDIA: STUDI KOMPARATIF SURAT KABAR DAN MEDIA ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 3(2), 50-57. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v3i2.46