KONSTRUKSI MAKNA PROFESI OJEK ONLINE (Studi Fenomenologi Pengemudi Ojek Online Perempuan Di Kota Bekasi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna, motif, dan pengalaman pengemudi ojek online perempuan di Kota Bekasi. Melalui pendekatan kualitatif fenomenologis, penelitian ini menggali lebih dalam mengenai konstruksi sosial yang dialami oleh perempuan pengemudi ojek online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif utama perempuan memilih profesi ini adalah fleksibilitas waktu, kemandirian ekonomi, dan kebutuhan untuk memenuhi tanggung jawab keluarga. Profesi ojek online tidak hanya memberikan penghasilan, tetapi juga memberikan makna yang lebih dalam bagi para pengemudi, seperti rasa percaya diri, kemandirian, dan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Namun, perempuan pengemudi ojek online juga menghadapi berbagai tantangan, termasuk diskriminasi, pelecehan, dan stigma sosial. Meskipun demikian, mereka mampu membangun relasi sosial yang positif dengan sesama pengemudi dan mengembangkan strategi adaptasi untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa profesi ojek online memiliki makna yang multidimensi bagi perempuan di Kota Bekasi. Selain sebagai sumber penghasilan, profesi ini juga memberikan ruang untuk pengembangan diri, pemenuhan kebutuhan sosial, dan penguatan identitas diri. Oleh karena itu, penting untuk memberikan dukungan dan perlindungan yang lebih baik bagi perempuan pengemudi ojek online agar mereka dapat menjalankan profesinya dengan aman dan nyaman.
Downloads
References
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia
Cangara, H. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kelima.
Demartoto, A. (2013, June 4). Teori konstruksi sosial Dari Peter L. Berger Dan Thomas Luckman. Dr. Argyo Demartoto, M.Si. https://argyo.staff.uns.ac.id/2013/04/10/teori-konstruksi-sosial-dari-peter-l-berger-dan-thomas-luckman/
Dedy, Mulyana. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dedi, Mulyana. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Edgar, Andrew & Sedgwick, Peter. 1999. Key Concept in Cultural Theory. London and New York : Routledge.
Fimela.com. (2021, March 5). Perempuan Aman Berkendara Menggunakan Ojek online dengan Standar Keamanan Tertinggi Dari Gojek.fimela.com. https://www.fimela.com/lifestyle/read/4498733/perempuan-aman-berkendara-menggunakan-ojek-online-dengan-standar-keamanan-tertinggi-dari-gojek
Ilmu teori Dan filsafat komunikasi. (n.d.). Universitas Indonesia Library. https://lib.ui.ac.id/m/detail.jsp?id=20225421&lokasi=lokal
Konstruksi Realitas Sosial Dan Pengalaman Komunikasi Pelacuran Terselubung. (n.d.). Prenada Media. https://prenadamedia.com/product/konstruksi-realitas-sosial-dan-pengalaman-komunikasi/
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi: metode penelitian komunikasi : konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya.
Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif.
Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Masa. Prenada Media.
Mulyana, D. (2000). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. (n.d.). Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/251168-studi-fenomenologi-motif-anggota-satuan-da003245.pdf
Aditia, R., & Mahmud, H. (2023). Perlindungan Hukum Bagi Mitra Pengemudi Ojek Online Apabila Mengalami Kecelakaan Kerja. Jurnal Bevinding, 01(02), 46–53. https://www.uniba.ac.id/journal.uniba.ac.id/index.php/JB/article/view/785%0Ahttps://www.uniba.ac.id/journal.uniba.ac.id/index.php/JB/article/download/785/611
Airlangga, S. U. (2019). 1 | jurnal s1 sosiologi universitas airlangga.
Ali, M., Kharis, A., & Karlina, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Dalam Penggunaan Jasa Ojek Online ( Go-Jek ) Di Kota Mataram. 6(2), 75–84.
Ilmu, K., Alamianti, D., Dyah, R., Rachaju, K., & Salim, R. F. (2022). Jurnal Politikom Indonesiana: Realitas Perempuan Driver Ojek Online. Ilmu Politik Dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 48–59. https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesianahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana
Kurniawan, F., & Soenaryo, S. F. (2020). Menaksir Kesetaraan Gender Dalam Profesi Ojek Online Wanita Di Kota Malang. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(2), 115. https://doi.org/10.17977/um021v4i2p115-124
Muhammadiyah Malang, U., Nur Anisa Larasati, P., & Sulistyowati, T. (2021). Ketimpangan Gender Terhadap Driver Ojek Online Perempuan (Studi Kasus Pada Komunitas Grab Queen di Malang) Gender Inequality Against Female Online Ojek Driver (Case Study on Grab Queen Community in Malang City). Jurnal Perempuan Dan Anak (JPA), 4(2), 86–73.
Perlindungan hukum TERHADAP KESELAMATAN Dan KEAMANAN PENGEMUDI OJEK online UNTUK KEPENTINGAN MASYARAKAT | Putri | Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia. (n.d.). UNDIP E-JOURNAL SYSTEM PORTAL. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jphi/article/view/6171/0
Peter L. Berger, (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). Jakarta: LP3ES.
Perlindungan hukum TERHADAP KESELAMATAN Dan KEAMANAN PENGEMUDI OJEK online UNTUK KEPENTINGAN MASYARAKAT | Putri | Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia. (n.d.). UNDIP E-JOURNAL SYSTEM PORTAL. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jphi/article/view/6171/0
Peter L. Berger, (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). Jakarta: LP3ES.
Schütz, A. (1967). The Phenomenology of the Social World. Evanston, IL: Northwestern University Press.
Sigit Hermawan, S., & Amirullah, S. (2021). Metode PENELITIAN bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Suryo. (1990). Genetika manusia.
Smith, Jonathan A., Flowers, Paul., and Larkin. Michael. 2009. Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington: Aditia, R., & Mahmud, H. (2023). Perlindungan Hukum Bagi Mitra Pengemudi Ojek Online Apabila Mengalami Kecelakaan Kerja. Jurnal Bevinding, 01(02), 46–53. https://www.uniba.ac.id/journal.uniba.ac.id/index.php/JB/article/view/785%0A
https://www.uniba.ac.id/journal.uniba.ac.id/index.php/JB/article/download/785/611
Airlangga, S. U. (2019). 1 | jurnal s1 sosiologi universitas airlangga.
Ali, M., Kharis, A., & Karlina, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Dalam Penggunaan Jasa Ojek Online ( Go-Jek ) Di Kota Mataram. 6(2), 75–84.
Ilmu, K., Alamianti, D., Dyah, R., Rachaju, K., & Salim, R. F. (2022). Jurnal Politikom Indonesiana: Realitas Perempuan Driver Ojek Online. Ilmu Politik Dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 48–59. https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesianahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana
Kurniawan, F., & Soenaryo, S. F. (2020). Menaksir Kesetaraan Gender Dalam Profesi Ojek Online Wanita Di Kota Malang. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(2), 115. https://doi.org/10.17977/um021v4i2p115-124
Muhammadiyah Malang, U., Nur Anisa Larasati, P., & Sulistyowati, T. (2021). Ketimpangan Gender Terhadap Driver Ojek Online Perempuan (Studi Kasus Pada Komunitas Grab Queen di Malang) Gender Inequality Against Female Online Ojek Driver (Case Study on Grab Queen Community in Malang City). Jurnal Perempuan Dan Anak (JPA), 4(2), 86–73.
Sage. Smith, Jonathan A. (ed.). 2009. Psikologi kualitatif: Panduan praktis metode riset. Terjemahan dari Qualitative Psychology A Practical Guide to Research Method. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Vlăduțescu, Ș. (2013). Two major books of communication: Wolfgang Donsbach (Ed.) (2008). The international encyclopedia of communication. Stephen W. Littlejohn & Karen A. Foss (EDS.) (2009). Encyclopedia of communication theory. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 15(4), 84-85. https://doi.org/10.9790/0837-1548485
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo.