ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN DAIHATSU GRAN MAX PADA POSTINGAN INSTAGRAM @DAIHATSUIND
Abstract
Pesatnya Perkembangan teknologi pada era digital menciptakan ragam aktivitas bermasyarakat yang tak lepas dari media elektronik, salah satunya dalam bermedia sosial pada Instagram. Instgaram menjadi salah satu pusat media sosial yang sampai sekarang terus berkembang dan diminati oleh masyarakat, instagram banyak digunakan sebagai sumber informasi salah satunya adalah akun @daihatsuind yang merupakan akun yang mengunggah konten informasi produk Daihatsu salah satunya adalah produk Gran Max. Melalui konten tersebut muncul berbagai informasi seperti keunggulan produk Gran Max. Hal ini yang menarik peneliti untuk meneliti konten postingan pada akun instagram @daihatsuind.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat pada konten akun @daihatsuind dalam pemanfaatan teknologi yang canggih melalui media Instagram pada konten postingan @daihatsuind. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian dokumentasi. Tekhnik pengambilan data yang penulis gunakan adalah purpossive sampling dan menggunakan teknik analisis teori semiotika Roland Barthes guna mengetahui minat masyarakat pada Daihatsu Gran Max yang tersusun dari sebuah tanda berupa denotasi, konotasi dan mitos pada postingan @daihatsuind.
Hasil dari analisis semiotik terhadap konten di akun @daihatsuind yang dikemas dalam bentuk screenshoot foto mempererlihatkan bahwa adanya postingan yang membuat msyarakat menyukai produk Gran Max, dimana akun @daihatsuind memanfaatkan konten untuk memposting informasi yang bermanfaat dan tidak hanya memberikan ruang gosip.
Downloads
References
Amrullah, I. (2021). Pemakaian Bentuk Denotasi dan Konotasi dalam Mitos Tuturan Nadiem Makarim di Program Close The Door Corbuzier Podcast (Kajian Semiotika Roland Barthes). Eprints Undip, 1–13. http://eprints.undip.ac.id/83899/1/13010116130064_Ilham_Amrullah_Artikel_Jurnal_Mahasiswa.pdf
Barthes, Roland. 2004. Mitologi, Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa, Yogyakarta & Bandung: Jalasutra.
Barthes, Roland. 2007. Petualangan Semiologi Roland Barthes, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Barthes, Roland. 2012. Elemen-Elemen Semiologi, Yogyakarta: Jalasutra
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.
Enterprise, Jubile. 2012. Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Hadi, Armando Satriani & Adam Muhammad Nur, 2016 “Relasi Appraisal Dalam Aspek Attitude Pada Media Online Instagram,” Jurnal Sasindo Unpam 3 , No. 2.
Hakim, L., & Anjani, E. (2022). Representation of the Massage Peace of Gus Dur About Papua in Stand-up Comedy Mamat Alkatiri ’ s Representasi Pesan Perdamaian Gus Dur Tentang Papua Dalam Stand-up Comedy Mamat Alkatiri Representation of the Massage Peace of Gus Dur … , Lukman Hakim , Eka. 33(1), 35–56.
Irwansyah, 2019. Perkembangan instagram dalam perspektif konstruksi sosial. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, Vol. 3 No. 1.
Juwita, Rina. 2027. Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi, Jurnal Penelitian Komunikasi.Vol,20. No,1
Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Dan Burneh” Kompetensi 11, No. 2.Oktober.
Kurniawan, Punguh. 2017.“Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai
Moleong, Lexi. J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murdiyanto, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif ,Yogyakarta: Yogyakarta Press.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: Cakra Books, h. 4.
Nuraeni,Yuni. Cholidah Astri Pertiwi1 , Edi Prihantoro2. 2015. "3 Motif Penggunaan Dan Terpaan Media Akun Instagram Terhadap Persepsi Khalayak” .Artikel .Universitas Guna Darma.
Pradopo, Rachmat Djoko, 1998. Semiotika: Teori, Metode dan Penerapannya, Jurnal Humaniora. Vol.7, No.7.
Prasanti, D. 2017. Etika Komunkasi Dalam Media Sosial, Jurnal Komunikasi. Vol. 10, No.1
Sari, Astari Clara, dkk. 2018. “Komunikasi dan Media Sosial”, Jurnal Sastra, Makassar: Universitas Muslim Indonesia, 2018.
Setawan, Johan & Albi Anggito, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak, h. 7.
Setiawan, Arif, Sugiarti dan Eggy Fajar Andalas, 2020. Desain Penelitian Kualitaif Sastra, Malang: UMM Press.
Siregar, Emiel Salim. Dkk, 2022, Literasi Digital: Bijak Dalam Berekspresi Dan Bermedia .Yayasan Kita Menulis.
Wahyudin,Uud. 2016. Etika Komunikasi Di Media Sosial, Jurnal Prosiding Nasional Komunikasi. Vol. 53, No 1
Yunii, Vera. 2022. 6 Cara Bijak Menggunakan Media Sosial, Jaga Etika dan Privasi. Idn Times. (Online) (https://www.idntimes.com/tech/gadget/ni-made-verayuniartini/cara-bijak-menggunakan-media-sosial-c1c2)
Yusuf, M. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Iklan Menjadi Yang Terbaik Dengan Internet Terbaik Telkomsel. Jurnal Skripsi, 11. http://repository.unim.ac.id/112/1/jurnal skripsi M. Yusuf.pdf