STRATEGI BRANDING VIRTUAL TOUR PALEMBANG 360 SEBAGAI INOVASI PARIWISATA DI ERA DIGITAL
Abstract
Terjadinya penurunan angka kunjungan wisatawan akibat pandemi Covid-19 yang berdampak besar pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dinas Parisiwata Kota Palembang Palembang memutuskan untuk menjadi kota pertama yang menggunakan virtual tour untuk mempromosikan objek wisatanya. Pemerintah melihat peluang besar untuk mengembangkan tujuan wisata dengan teknologi ini. Diperlukan upaya komunikasi merek untuk membranding virtual tour Palembang 360, yang dirancang dengan sempurna oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahami lebih baik strategi dalam branding virtual tour Palembang 360. Metode yang digunakan dalam penelitian ini. kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori perencanaan pesan oleh Charles berger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding yang efektif bergantung pada pemilihan pesan yang jelas, media yang tepat, serta integrasi teknologi. Dinas Pariwisata memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube untuk menjangkau audiens, dengan Instagram sebagai platform utama. Virtual Tour juga diintegrasikan ke dalam website Charming Palembang untuk kemudahan akses. Selain itu, strategi konvensional seperti expo dan event pariwisata menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Evaluasi berkala dilakukan untuk mengoptimalkan strategi ini.
Downloads
References
Caniago, U C, A Syarifudin, and ... 2023. “Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Palembang Dalam Membangun Kampung Kreatif.” Jurnal Ilmu Komunikasi01(02):34–37.
Dewi, N. L. P. S., & Suwintana, I. K. (2023). Virtual Tour Video 360 pada Objek Wisata Unggulan di Kecamatan Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20(1), 15–25.
Febriyanti, Berlian, Rizkilah, and Rusnawati. 2022. “Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Pariwisata Kota Palembang Dalam Mewujudkan Ekonomi Kreatif Pasca Pemulihan Covid 19.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK) 1, No. 1(1): 58.
Fischer, D., Prasuhn, J., Strese, S., & Brettel, M. (2021). THE ROLE OF SOCIAL MEDIA FOR RADICAL INNOVATION IN THE NEW DIGITAL AGE. International Journal of Innovation Management. https://doi.org/10.1142/s1363919621500754
Haryono, Eko. 2023. “Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” An-Nuur 13(2).
Mustari, N., Hartaman, N., Audrina Sahrir, V., Rahmi Aulia, N., & Atirah H, S. (2021). Branding Pariwisata dalam Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Majene. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 282–293. https://doi.org/10.14710/jiip.v6i2.11912
Safika, N., Saputra, H. I., & Ardiansyah, M. R. (2024). Transformasi komunikasi digital dalam pariwisata: Peran virtual tour dalam meningkatkan pengalaman wisatawan. Jurnal Informatika dan Teknologi, 12(1), 45–57.
Syam, N. W., Sugiana, D., & Bajari, A. (2015). Perencanaan pesan dan media (Edisi 1). Universitas Terbuka.
Thomas, Dianto G., Sherwin R.U.A. Sompie, and Brave A. Sugiarso. 2018. “Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan Di Kepulauan Bunaken.” Jurnal Teknik Informatika 13(1): 14–22.
Umafagur, F., Sentinuwo, S. R., & Sugiarso, B. A. (2016). Implementasi Virtual Tour Sebagai Media Informasi Daerah (Studi Kasus: Kota Manado). E-journal Teknik Informatika, 9(1), 1–10.
Yasir. (2021). Komunikasi pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. 9(1), 108–120.
Yuliana, A., & Lisdianto, E. (2017). Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Promosi Objek Wisata di Stone Garden Kabupaten Bandung Barat. 01(01), 19–24.
Zulfadli, Muhammad. 2021. 2 Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Lombok Barat Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pasca Gempa. http://etheses.uinmataram.ac.id/1956/.