Representasi Citra Diri @fbreeana Sebagai Fashion Influencer Lemon8 Di Tengah Standar Kecantikan Modern

  • Sekar Ayu Dyah Sitoresmi Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
  • Ari Mariyono
  • Danang Try Purnomo
Keywords: Representasi Citra Diri, Influencer, Lemon8, Standar Kecantikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana Febriana P Devi (@fbreeana) membangun citra diri sebagai fashion influencer pada platform media sosial baru seperti Lemon8 ditengah standar kecantikan yang ada di Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini menganalisis konten Lemon8 @fbreeana pada periode Oktober 2024 hingga Februari 2025. Analisis dilakukan pada tiga tingkatan makna: denotasi, konotasi, dan mitor. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipan dan dokumentasi unggahan media sosial Lemon8 @fbreeana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @fbreeana memperlihatkan bagaimana fashion dapat mengubah penampilan seseorang. Febriana P Devi @fbreeana merepresentasikan dirinya sebagai mentor yang membagikan pengetahuan fashion, sebagai trendsetter, dan sebagai komunikator yang membangun komunitas interaktif.Meski beberapa konten @fbreeana masih memperkuat standar kecantikan yang umum, namun seperti tubuh langsing dan kaki jenjang, namun @fbreeana memberikan alternatif melalui trik fotografi dan pemilihan pakaian yang lebih eksklusif dengan menunjukkan bahwa tampilan elegan dan cantik juga dapat dicapai melalui cara yang sederhana sehingga memberikan flesibilitas bagi audeins untuk menampilkan citra diri yang diinginkan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa identitas yang dibangun di media sosial tidak hanya dipengaruhi oleh individu, tetapi juga oleh karakteristik  platform yang digunakan dan interaksi dengan pengikut. Temuan dalam penelitian memberikan pemahaman tentang bagaimana influencer fashion menghadapi standar kecantikan modern melalui proses konstruksi dan representai citra diri.

 



Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarini, S., Wahidar, T. I., & Yozani, R. E. (2021). Fenomena Fashion Blogger Dalam Membentuk Citra Diri Dan Kredibilitas Untuk Menciptakan Penampilan Ideal. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 295. https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2346
Athaya, F. H., & Irwansyah, I. (2021). Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur Dalam Variabel Penting Bagi Influencer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 334–349. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.254
Elsera, M., Intan Saputri, E. F., Wahyuni, S., & Nurhaliza, S. (2022). Kecantikan Perempuan Ernis Cina di Kota Tanjung Pinang. Sosial Budaya, 19(1). https://doi.org/10.24014/sb.v19i1.16194
Erfiana, W., & Purnamasari, D. (2023). Strategi Content Marketing Influencer Melalui Shopee Affiliate Program Pada Instagram. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 11(2), 134. https://doi.org/10.30659/jikm.v11i2.28261
Fitrasari, A. (2024). Kontruksi Kecantikan Warna Kulit Perempuan Indonesia ( Studi Kasus di Kota Surabaya ). 13(13), 61–70.
Maureen, C., & Stellarosa, Y. (2021). Instagram sebagai Pembentuk Citra Diri Generasi Milenial Jakarta. Warta ISKI, 4(1), 27–34. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.73
Morris, C. (2023). Apa Itu Lemon8, Aplikasi Baru yang Populer dari Pencipta TikTok? https://www.nasdaq.com/articles/what-is-lemon8-the-hot-new-app-from-the-creator-of-tiktok
Mudak, S., & S. Manafe, F. (2023). Pemulihan Citra Diri Remaja Madya: Integrasi Psikologi dan Teologi. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(1), 60–72. https://doi.org/10.37364/jireh.v5i1.143
Muhammad Rayhan Firdaus, & Rahmawati Zulfiningrum. (2022). Representasi Citra Diri Keanu Sebagai Influencer Melalui Instagram @keanuagl. Jurnal Heritage, 10(2), 105–114. https://doi.org/10.35891/heritage.v10i2.3234
Pratiwi, O., & Luthfianiza, L. (2020). Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas Kulit Perempuan Ideal Indonesia Dalam Iklan Citra. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12016
Putri, S. A., Novitasari, A., & Khoirunnisa, H. A. (2021). Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan Thermolyte Plus. Jurnal Audiens, 2(2), 154–165. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11627
Rizaty, M. A. (2024). Data Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia pada 2024. https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-media-sosial-di-indonesia-pada-2024
Rosandi, F., & Afrika Maharani. (2023). Hubungan Antara Citra Diri (Self-Image) Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Yang Berbelanja Di Shopee. Jurnal Psimawa, 6(2), 81–86. https://doi.org/10.36761/jp.v6i2.3524
Sari, W. A. N., & Harianto, S. (2023). Analisis Media Representasi Citra Diri (Studi Kasus Lesti dan Billar dalam Membangun Citra Diri Sebagai Keluarga Harmonis). Jurnal Pemikiran Sosiologi, 9(2), 259. https://doi.org/10.22146/jps.v9i2.80526
Sultanatta, C., & Maryam, S. (2019). Analisis Semiotika Logo Brodo Footweardi Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153–174. https://doi.org/10.33822/jep.v1i01.448
Syahrania, K. M., Sukmawardani, R. R., & Subaldan, P. (2021). Representasi Perempuan Jepang sebagai Standar dalam Iklan Shinzui Body Lotion Edisi Tahun 2015. Jurnal Audiens, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.18196/jas.v3i1.11695
Tobing, A. (2023). Lemon8, Aplikasi Buatan ByteDance, Bayar Mahal Unggahan Influencer. https://katadata.co.id/ekonopedia/profil/6482e119c840e/lemon8-aplikasi-buatan-bytedance-bayar-mahal-unggahan-influencer#google_vignette
Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak (Journal of Communication), 3(1), 47. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1219
Published
2025-04-14
How to Cite
Sitoresmi, S., Mariyono, A., & Purnomo, D. (2025). Representasi Citra Diri @fbreeana Sebagai Fashion Influencer Lemon8 Di Tengah Standar Kecantikan Modern. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(2), 352-367. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i2.528