STRATEGI LITERASI DIGITAL DALAM MEMBATAS KONTEN PORNOGRAFI KALANGAN ANAK REMAJA SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SMP & SMA AL-ISLAMIC AMALIA TEBING TINGGI

  • Raisha Annisa Hutapea Universitas Medan Area
Keywords: Literasi Digital, Covid 19, Edukasi, Pornografi

Abstract

Di era pandemi covid 19 hampir setiap hari kalangan remaja menggunanakan media internet mulai dari kegiatan belajar daring, bertelekomunikasi menggunakan online selama social distancing dan hal ini hampir setiap hari dilakukan, sehingga jika tidak terkontrol dapat mengakses hal-hal yang tidak diinginkan seperti konten pornografiyang  dapat diakses secara mudah, hal ini sangat penting untuk di cegah. Dari penelitian penyuluhan setelah dilakukan edukasi mengenai strategi digital literasi membatas konten pornografi selama pandemic covid 19, dalam penggunaan gadget tingkat pengetahuan siswa siswi mengalami peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya. Kegiatan edukasi mengenai konten pornografi dalam penggunaan gadget yang menunjukkan adanya peningkatan tingkat pengetahuan siswa-siswi di SMP dan SMA  AL-ISLAMIC di Tebing Tinggi dengan pengetahuan yang baik meningkat dari 22,2% menjadi 44,4% serta dihasilkan komitmen bersama untuk pengawasan penggunaan gadget dilingkungan sekolah yang merupakan upaya dalam mengurangi kecanduan para pelajar terhadap konten pornografi, serta dengan harapan para pelajar mengedukasi diri sendiri dampak yang ditimbulkan karena terbiasa mengkonsumsi konten pornografi yang mengakibatkan perilaku tindak kekerasan seksual dalam jangka panjang akan terjadi dimasa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aufderheide, P. (1993). Media Literacy. A Report of the National Leadership Conference on Media Literacy. Aspen Institute, Communications and Society Program, 1755 Massachusetts Avenue, NW, Suite 501, Washington, DC 20036..

Baran Stanley, J., & Davis Dennis, K. (2010). Teori Komunikasi Dasar (Pengaruh Pergolakan dan Masa Depan).

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion Dalam Penelitian Kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117-127.

Rachmaniar, R., Prihandini, P., & Janitra, P. A. (2018). Perilaku penggunaan smartphone dan akses pornografi di kalangan remaja perempuan. Jurnal Komunikasi Global, 7(1), 1-11.

Suchyadi, Y., Ambarsari, Y., & Sukmanasa, E. (2018). Analysis of Social Interaction of Mentally Retarded Children. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies), 2(2), 17-21.

Tamburaka, A. (2016). Literasi Media; Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Raja Pers.
Published
2021-04-29
How to Cite
Hutapea, R. (2021). STRATEGI LITERASI DIGITAL DALAM MEMBATAS KONTEN PORNOGRAFI KALANGAN ANAK REMAJA SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SMP & SMA AL-ISLAMIC AMALIA TEBING TINGGI. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 3(2), 58-63. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v3i2.53