PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TEMAN SEBAYA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI

  • Fatma Syahida Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Eraskaita Ginting
  • Rina Febriana
Keywords: Autisme, Komunikasi Interpersonal, Sekolah Inklusi, Teman Sebaya

Abstract

Komunikasi interpersonal memainkan peran penting dalam perkembangan sosial anak autisme, terutama dalam lingkungan sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunikasi interpersonal dengan teman sebaya dapat membantu anak autisme dalam meningkatkan keterampilan sosial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di kelas inklusi SD Negeri 30 Palembang, khususnya di kelas 4D. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan responden yaitu guru pengajar kelas inklusi kelas 4, siswa reguler kelas 4D, dan siswa autisme di kelas 4D. Penelitian ini juga dibahas berdasarkan Teori FIRO (Fundamental Interpersonal Relationship Orientation) oleh Willian Schutz pada tahun 1958. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara siswa autisme dan teman sebaya berkontribusi terhadap perkembangan sosial mereka. Anak autisme mulai menunjukkan keterlibatan dalam aktivitas sosial, memahami aturan norma kelas, dan mendapatkan dukungan emosional dari teman sebayanya, meskipun tingkat keterlibatan mereka bervariasi. Penelitian ini menegaskan bahwa lingkungan yang mendukung , dengan komunikasi interpersonal yang positif, dapat membantu anak autisme berkembang lebih baik dalam interaksi sosialnya. Komunikasi interpersonal juga menjadi faktor penting dalam mendukung perkembangan sosial anak autisme di lingkungan pendidikan inklusi. Oleh karena itu, kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan inklusif yang kondusif bagi perkembangan sosial anak autisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, K. (2022). Mengenali Ciri-Ciri Anak Autis Sejak Dini. Alodokter.Com. Diakses pada 17 September 2024. https://www.alodokter.com/mengenali-ciri-ciri-anak-autis-sejak-dini

Balqis, P. (2019). KEMAMPUAN SOSIAL ANAK AUTIS PADA KELAS INKLUSI DALAM MENGATASI KESULITAN BERSOSIALISASI DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Biantoro, O. F. (2024). Kebijakan dan Tantangan Pendidikan Inklusif Di Indonesia. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 1(2), 310–319. https://doi.org/10.38073/aijis.v1i2.1697

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2020). Exceptional Learners An Introduction to Special Education (14th ed.). Pearson.

Kementerian Kesehatan RS Soeradji Tirtonegoro. (2024). Kenali Pengklasifikasian Autisme dan Cara Penanganannya. Diakses pada 12 Januari 2025. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/3287/kenali-pengklasifikasian-autisme-dan-cara-penanganannya

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Kencana.

Nirmala, A., & Huda, A. M. (2023). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Rasa Empati Siswa Reguler di Lingkungan Pendidikan Inklusif (Studi Kasus pada Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya). The Commercium, 7(2), 153–161. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56314

Noya, J. E., & Ambarwati, K. D. (2018). Gambaran Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi Multi Talenta Samarinda. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(2), 65–78. https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i2.2642

Putri, A. M. (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology (6th ed.). McGraw-Hill.

Santrock, J. W. (2019). Children (15th ed.). McGraw-Hill.

Sari, A. N., Budiman, & Hadinata, E. O. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi SD Harapan Mandiri Palembang. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(1), 122–135. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ijobs/article/view/9266

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulya, N. A., Rahmatia, A. P., Mustika, M. A., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Kedisiplinan Siswa ABK Ditinjau Dari Peran Teman Sebaya. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i2.249

World Health Organization. (2023). Autism. Who.Int. diakses pada 17 September 2024. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Published
2025-04-14
How to Cite
Syahida, F., Ginting, E., & Febriana, R. (2025). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TEMAN SEBAYA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(2), 396-402. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i2.530