UPAYA MENARIK MINAT PEMBACA BERITA MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI KASUS MEDIA CETAK TRIBUN SUMSEL)

  • Anisa Rizky Putri Universitas Negeri Raden Fatah Palembang
  • Taufik Akhyar
  • Sonia Nurprameswari
Keywords: Media Sosial, Facebook, Minat Pembaca, Tribun Sumsel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh Tribun Sumsel dalam menarik minat pembaca melalui media sosial Facebook, terutama di kalangan generasi milenial. Dalam era digital yang ditandai dengan penurunan oplah media cetak, Tribun Sumsel memanfaatkan Facebook sebagai platform untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang memungkinkan analisis mendalam terhadap strategi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi dan keterlibatan pengguna di Facebook sangat penting dalam meningkatkan minat pembaca. Tribun Sumsel berhasil menyajikan konten yang relevan dengan isu terkini dan memanfaatkan fitur interaktif untuk mendorong diskusi. Selain itu, penerapan etika komunikasi dan kode etik jurnalistik membantu membangun kepercayaan pembaca. Dengan menggunakan alat analisis seperti Google Trends dan Google Analytics, Tribun Sumsel dapat menyesuaikan konten berita agar lebih sesuai dengan minat audiens. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang efektif dalam penyajian konten, interaksi yang aktif, dan komitmen terhadap kredibilitas informasi telah memperkuat posisi Tribun Sumsel sebagai sumber informasi yang kredibel di era digital. Saran untuk pengembangan lebih lanjut mencakup inovasi konten, peningkatan literasi digital, dan interaksi yang lebih aktif dengan audiens untuk mempertahankan eksistensi dan meningkatkan minat pembaca.

 

 





Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. (2016). DIGITALISASI, ERA TANTANGAN MEDIA (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1245
Anugrafianto, T. R. (2023). Analisis Dampak Media Digital terhadap Pola Konsumsi Berita Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(3), 21–25.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. Junral Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715–1718.
Faridah, S., Saputra, R. I., & Ramadhani, M. I. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sd Negeri 2 Tambang Ulang. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 5(2), 60. https://doi.org/10.31602/jt.v5i2.12451
Gilang, D. P. (2014). Teori Framing. Bianglala Teori Komunikasi, 1–24.
Husna Nashihin, Rani Efendi, & Suci Salmiyatun. (2020). Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.24
Muhlis, M., Jasad, U., & Halik, A. (2018). Fenomena Facebook Sebagai Media Komunikasi Baru. Jurnal Diskursus Islam, 6(1), 19–35. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i1.6759
Muliawanti, L. (2018). Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme Dan Profesionalitas Jurnalisme Online. LENTERA: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.21093/lentera.v2i1.1168
Nuzulia, A. (2022). Media Massa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Wardaningsih, A. D. (2021). Transformasi Jurnalisme Perjalanan Tiga Media: Dari Konvensional Menuju Online. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 42(2), 237. https://doi.org/10.47313/jib.v42i2.1439
Widyawati, W., & Rusdi, F. (2023). Strategi Redaksi Media Kompas.com dalam Menarik Minat Generasi Milenial. Koneksi, 7(1), 28–34. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.15978
Yuyu.D. (2023). Peran Editor Media Online Dalam Menjaga Kredibilitas Berita: Studi Kasus Pada Editor Suara.com. 2504, 1–9.
Published
2025-04-14
How to Cite
Putri, A., Akhyar, T., & Nurprameswari, S. (2025). UPAYA MENARIK MINAT PEMBACA BERITA MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI KASUS MEDIA CETAK TRIBUN SUMSEL). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(2), 403-409. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i2.531