PERAN INFLUENCER SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PMB UDINUS 2024 MELALUI SMART DIGITAL CONTENT MARKETING
Abstract
Instagram sebagai salah satu media sosial yang digunakan sebagai sarana promosi telah menjadi elemen penting dalam pemasaran jasa, termasuk di bidang pendidikan. Universitas swasta, seperti Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), memanfaatkan media sosial untuk menarik minat calon mahasiswa baru (PMB) melalui berbagai strategi digital yang inovatif. Salah satu strategi yang diterapkan adalah penggunaan influencer dalam kampanye pemasaran berbasis konten digital. Influencer memiliki peran dalam membangun brand awareness, meningkatkan engagement, serta menyebarkan informasi secara luas dan cepat kepada calon mahasiswa yang menjadi target utama promosi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran influencer sebagai strategi promosi PMB UDINUS 2024 melalui pendekatan Smart Digital Content Marketing. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori jaringan sosial menurut Wellman, yang mencakup lima elemen utama, yaitu node, edge, strength of ties, network patterns, dan interconnectedness, dan dilengkapi dengan model Smart Digital Content Marketing juga digunakan untuk menganalisis efektivitas strategi promosi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran influencer dalam mempromosikan PMB UDINUS melalui content marketing tercapai dalam menarik minat calon mahasiswa dengan model smart digital content marketing berupa unggahan konten promosi di fitur reels Instagram. Strategi ini berhasil menarik interaksi audiens dan menambah serta memperluas jangkauan informasi secara signifikan melalui media sosial.
Downloads
References
Aryanti, D., Herawati, M., Firjatullah, N. F., Juhaida, I. S., Latifah, A., & Kurniawan, K. S. (2022). Analisis Pengaruh Waktu Upload Konten terhadap EngagementAkun Media Sosial. The Journal Gastronomy Tourism Vol 6 No 1.
Bakshy, E., Messing, S., & Adamic, L. A. (2015). Exposure to ideologically diverse news and opinion on Facebook. Science, 1130-1132.
Braniwati, M., & Bangsawan, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta. Teknologi untuk Masyarakat.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233
Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millenial Indonesia . JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) .
Jesslyn, J., & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk. Prologia, 5(1), 135–141. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8178
M, A. A., Rahman, A. F., & Sadique, A. F. (2020). The impact of social media on social networks: A bibliometric and visualisation analysis. Heliyon.
Maulana, I. (2023). Peran Tiktok TraxFM Semarang Untuk Meningkatkan Interaktivitas Audiences dan Brand Awareness. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1).
Nasrullah, R. (2021). Manajemen Komunikasi Digital : Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.
Noviariansyah, A. (2023). Strategi Content Marketing Akun @Orchidpoison dalam memasarkan Produk Lokal Somethinc Skincare di Media Sosial Twitter. Universitas Tidar.
Pratiwi, M. R., Hapsari, S. A., & Yusriana, A. (2019). Refleksi Citra Universitas Dian Nuswantoro Melalui Unggahan di Akun @udinus_smg. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 23(2), 518337.
Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk "Rendang Uninam". Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat.
Setiawan, T., Hikam, M. A., Suhartomo, A., Tamba, S. M., Hasibuan, E. W., Kartodirdjo, A. M., . . . Arrazaq, T. A. (2022). Pendekatan Jaringan Sosial untuk Menganalisis Partisipasi Politik di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19: Scoping Review. Humanitas.
S, S. E., & R, B. H. (2020). Social Networks and Health. Annual Review of Sociology.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common Volume 5 Nomor 2.
Vadiyanur, A., & Yoedtadi, M. G. (2024). Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Media Sosial. Prologia, 8(2), 467–473. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27673
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi : Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.