Menyingkap Idealisme, Preferensi, dan Keberpihakan Sosial Anak Muda Era Digital
Abstract
Studi ini membahas idealisme, preferensi, dan keberpihakan sosial anak muda era digital. Sebab, saat ini anak muda terlanjur di label dari negatif: alay, hedon, konsumtif, dan panik. Lewat kajian kualitatif, dengan pendekatan etnografi virtual dan analisis deskriptif-interpretif, studi ini menyimpulkan bahwa gen Z yang tumbuh di bawah pengaruh ekologi virtual dan ekosistem digital sesunggunya memiliki orientasi dan sikap unik, yakni punya kesadaran etis, visi politik kritis, dan keberpihakan sosial pada isi-isu sensitif publik. Dengan dukungan techno-digital, gen Z mampu mewarnai cara berpikir masyarakat informasi, menavigasi dunia yang tumbuh di bawah algoritma e-demokrasi, sambil menantang isu ketidakadilan dan dehumanisasi yang diproduksi elite. Mengulik cara pandang anak muda yang punya dimensi etis dan kritis akan membantu kita untuk memahami orientasi dan sikap mereka secara lebih obyektif. Memahami karakter anak muda yang etis, idealis, kritis, dan dinamis menjadi modal penting bagi siapa pun yang ingin terkoneksi dengan kelompok ini. Sebab, anak muda adalah generasi yang akan menggantikan posisi generasi tua, dan di pundak merekalah hitam-putih nasib dan masa depan bangsa ini ditentukan
Downloads
References
Alfaruqy, Z. M., et al. (2022). Explaining the Forms of Generation Z’s Political Engagement: A Study on Generation Z in Semarang, Indonesia. Simulacra: Jurnal Sosiologi, 5(2), 99-112. doi: 10.21107/sml.v5i2.17047.
Amrita, N, D. A., et al. (2024) Green Marketing: Dunia Baru dalam Dunia Marketing. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
apjii.or.id (2024, February 07). Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/ apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang.
Basrowi & Suwandi (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Berger, P. L., & Luckmann, T. (2012). Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.
Borkovich, D. J. (2022) Digital Ethnography: A Disruptive Qualitative Approach to Inquiry. Journal of Issues in Information Systems, 23(4), 119-134. doi: 10.48009/4_iis_2022_111.
BPS (2024, July 01) Gini ratio Maret 2024 tercatat sebesar 0,379. https://www. bps.go.id/id/pressrelease/2024/07/01/2371/gini-ratio-maret-2024-tercatat-sebesar-0-379-.html.
Casey, A. E. (2021, March 31). Social Issues That Matter to Generation Z. https://www.aecf.org/blog/generation-z-social-issues.
cnbcindonesia.com (2024, June o4) Warga RI yang Kuliah Cuma 10%, Gimana Nih Pak Jokowi? https://www.cnbc indonesia.com/research/20240604120106-128-543650/warga-ri-yang-kuliah-cuma-10-gimana-nih-pak-jokowi.
brainacademy.id (2024, December 10). Generasi Boomers, X, Y, Z, & Alpha. https://www.brainacademy.id/blog/karakteristik-generasi-boomers-x-y-z-alpha.
Daniel, B. K. (2011). Handbook of Research on Methods and Techniques for Studying Virtual Communities: Paradigms and Phenomena. New York: Information Science Reference.
data.goodstats.id (2023, August 29). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. https://data.goodstats.id /statistic/sensus-bps-saat-ini-indonesi a-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv.
detik.com (2024, October 29) Minat & Kesadaran Gen Z Terhadap Isu Lingkungan Ternyata Tinggi. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7612433/minat-kesadaran-gen-z-terhadap-isu-lingkungan-ternyata-tinggi.
Duhigg, C. (2012) The Power of Habit (First Edition). New York: Random House.
genhq.com (2023), “The State of Gen Z® 2023: Gen Z's Expectations, Consumer Behavior, and Life Perspectives”. https://genhq.com/the-generations-hub/state-of-gen-z/
IDN Research Institute (2024) Indonesia Gen Z Report 2024: Understanding and Uncovering the Behavior, Challenges, and Opportunities. https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-gen-z-report-2024.pdf.
kompas.com (2024, August 27) Gen Z Jadi Penentu Keberhasilan Pembangunan Berkelanjutan. https://www.kompas. com/edu/read/2024/08/27/142029071/gen-z-jadi-penentu-keberhasilan-pembangunan-berkelanjutan.
Korhonen, V. (2024, July 03) Generation Z in the United States - Statistics & Facts. https://www.statista.com/topics/10522/generation-z-in-the-united-states/
Kotler, P. (2011) Reinventing Marketing to Manage the Environmental Imperative. Journal of Marketing, 75(4), 132-135. doi: 10.1509/jmkg.75.4.132.
Kusaini, U. N., & Amalianita, B. (2024). Changes and Interactions of Social Sensitivity of Generation Z Students in the Digitial Era. (2024). Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 43-50. https://jurnal.ubt.ac.id/index.php/jbkb/article/view/10.
Mahapatra, G. P., et al. (2024) Gen Z: An emerging phenomenon. NHRD Network Journal, 15(2), 246-256. doi: 10.1177/26314541221077137.
Majed, M. A. A. S. (2023). Generation Z Engagement in Politics: Preferences and Perspectives. https://pircenter. org/en/editions/generation-z-engage-ment-in-politics-preferences-and-perspectives/
Mason, J. (2002) Qualitative Researching (2nd Edition). California, Thousand Oaks: SAGE Publications Inc.
mckinsey.com (2024, February 27) Curated Reads for Gen Z—And Their Z-Curious Colleagues. https://www. mckinsey.com/~/media/mckinsey/email/genz/2024/02/2024-02-27d.html.
McLeod, S. (2024) Phenomenology in Qualitative Research. https://www. simplypsychology.org/phenomenolo-gy-in-qualitative-research.html.
Moleong, L. J. (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musthafa, N. Q., & Darmawan, W. (2024). Generasi Z Sebagai Agen Perubahan Dalam Melestarikan Budaya Lokal di Era Globalisasi. International Conference of Humaniora and Social Science (ICHSS), Vol. 4, 983–990. https://program doktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/view/460.
Nurhayati, et al. (2020). Analisis Kepekaan Sosial Generasi Z di Era Digital dalam Menyikapi Masalah Sosial. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 17-23. doi: 10.36706/jbti.v7i1.11415.
Nuttall, C. (2024, October 14) 12 Characteristics of Gen Z in 2025. https://www.gwi.com/blog/generation-z-characteristics.
Pradipta, M. A. et al. (2024). Cinta Tanah Air pada Era Digital: Peran Generasi Z dalam Mempertahankan Identitas Nasional. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 109-118. doi: 10.58192/ populer.v3i4.2787.
Pratama, P. (2025, February 18). KOMIK: Serbuan Tagar ‘#KaburAjaDulu”. https://katadata.co.id/infografik/67b3e70dbe8f8/komik-serbuan-tagar-kabur-aja-dulu.
Purfitasari, S. (2014) Prostitusi Keling: Konstruksi Sosial Masyarakat dan Stigmatisasi. Journal of Educational Social Studies, 3(2), 44-50. doi: 10.15294/JESS.V3I2.6655.
Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif. http://repository.uin-malang.ac.id/ 2437/1/2437.pdf.
Rahman, R., et al. (2024) The Impact of Gen Z's Pro-Environmental Behavior on Sustainable Development Goals Through Tree Planting. Sustainable Future, 8(5), 1-16. doi: 10.1016/j.sftr. 2024.100251.
Said, S. M. (2024, January 31). Politik Gen Z. https://rumahpemilu.org/politik-gen-z/
Spradley, J. P. (1997). Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
tempo.co (2024, August 22) Masyarakat Sipil Bersatu dari Mahasiswa hingga Aktivis Gelar Demo Protes DPR Soal Putusan MK. https://www.tempo.co/ politik/masyarakat-sipil-bersatu-dari-mahasiswa-hingga-aktivis-gelar-demo-protes-dpr-soal-putusan-mk-17090.
tempo.co (2025, March 19). Tagar Indonesia Gelap Dapat Sentimen Negatif. https://www.tempo.co/ politik/tagar-indonesia-gelap-dapat-81-persen-sentimen-negatif-1221552.
The Annie-Cassey-Fondation (2024, March 31) Social Issues That Matter to Generation Z. https://www.aecf.org/ blog/generation-z-social-issues.
Twenge, J. M. (2023, May 01) How Gen Z Changed Its Views On Gender. https://time.com/6275663/generation-z-gender-identity/
Wijaya, I., et al. (2024). The Influence of Digital Competence on Generation Z’s Political Participation in the City of Jayapura. Tamalanrea: Journal of Government and Development (JGD), 1(3), 162–172. doi: 10.69816/jgd.v1i3. 42588.
William, H., et al. (2024). Peran Generasi Z Dalam Membangun Harmoni di Tengah Keberagaman. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 2(2), 121-132. doi: 10.46445/nccet.v2i2.960.
Zirzis, M. (2024) Evolusi Ekonomi di Era Digital: Kontribusi Generasi Z Dalam Perekonomian. Jurnal Literasi Indonesia, 1(2), 77-83. https://jli.staiku.ac.id/ index.php/st/article/view/11/30




