EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM AKTIVITAS BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SMP AL-ISLAMIC AMALIA TEBING TINGGI
Abstract
Selama pandemi Covid 19 berlangsung, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi fokus pada semua bidang, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan sangat terbantu dengan hadirnya teknologi yang mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih variatif dan kreatif. Keberadaan media online akhir-akhir ini menjadi salah satu cara dalam aktivitas pembelajaran, mulai dari usia pra sekolah hingga perguruan tinggi. Intensitas waktu penggunaan media online lebih sering digunakan daripada bersosialisasi dengan keluarga atau lingkungan. Penggunaan media online dalam aktivitas belajar harus disertai dengan pendampingan dan pengawasan orang tua, karena selain berdampak positif ada pula yang berdampak negatif dari penggunaan media online. Efektifitas penggunaan media online dalam aktivitas belajar akan berjalan lancar jika jaringan internet bagus dan kuota internet tidak terbatas. Namun beberapa masalah terjadi dengan ketidak efektifan penggunaan media online dalam aktivitas belajar jika jaringan internet tidak lancar, kuota terbatas, dan kegiatan belajar mengajar monoton apalagi ketika dalam pelajaran matematika, fisika, kimia dan biologi karena banyaknya penurunan rumus. Efektifnya pembelajaran media online dalam aktivitas belajar dengan adanya kemampuan guru dalam merancang, berinovasi, meramu materi dan kreativitas agar dapat memotivasi para siswa/i tetap semangat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
Downloads
References
Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.
Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi,10(1), 1—18.
Huang, J. J. S., Yang, S. J. H., Huang,Y.-M., dan Hsiao, I. Y. T, 2010, SocialLearning Networks: Build Mobile Learning Networks Based on Collaborative Services, Educational Technology & Society, 13 (3), 78–92.
Sandiwarno, 2016. Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO 8(2) 191. http://doi.org/10.22441/fifo.v812.i314.
Silahuddin, 2015. Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1) 48-59. http://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kaualitatif). Alfabeta.
Warjanto, Setyo., Nurhayati., Azhar, Anugrah., 2014, Efektifitas Social Learning Network Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Alat Optik, Prosiding Fisika UIN 2014, Jakarta
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif
Asnawir dan M. Basyirudin U. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers