Strategi Konten Media Sosial X @BlibliCare dalam Membangun Customer Engagement
Abstract
Pesatnya perkembangan internet telah mengubah cara manusia maupun perusahaan dalam berkomunikasi. Media sosial menjadi salah satu platform strategis dalam membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Akun layanan pelanggan @BlibliCare di media sosial X selain berfungsi sebagai media komunikasi, juga dimanfaatkan untuk mengunggah berbagai konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten media sosial X @BlibliCare serta tingkatan customer engagement yang terbentuk berdasarkan konsep Four Pillars Social Media Content Strategy dan Four Stages of Customer Engagement. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif dengan unit analisis berupa 112 unggahan akun @BlibliCare selama periode Oktober hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten berbentuk foto/gambar dengan jenis konten hiburan paling banyak digunakan. Seluruh konten yang diunggah berhasil mendorong keterlibatan pelanggan hingga ke tahap creation, yang menunjukkan strategi konten @BlibliCare efektif dalam mendorong partisipasi aktif pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi konten yang bersifat menghibur cenderung lebih efektif dalam menarik perhatian dan mendorong partisipasi pengguna media sosial. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pemilihan jenis konten berperan penting dalam membangun customer engagement di media sosial.
Downloads
References
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Asari, A., Syaifuddin, E. R., Ningsi, N., Sudianto, Maria, H. D., Adhicandra, I., Nuraini, R., Baijuri, A., Pamungkas, A., Kusumah, F. G., Yuhanda, G. P., Murti, & Sudaru. (2023). Komunikasi digital. In Buku Dosen-2009 (Issue July). Penerbit Lakeisha. http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/0/BDS/judul/00000000000000084311/
Azhar, A., & Iskandar, U. (2024). Dampak komunikasi digital: analisis media konvensional ditaklukkan media baru di kalangan mahasiswa ilmu hubungan internasional universitas almuslim bireuen 1. 8, 5–9.
Dharma, B., & Efrianda, M. R. (2023). Analisis Penjualan Online Melalui Media Sosial Tiktok. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 3(3), 269–278. https://doi.org/10.51903/jupea.v3i3.885
Dharmawan, L., Priatna, W. B., Santoso, H., Ramdani, G., Sartika, I., Wijaya, A. S., Pranata, R. T. H., & Suriaatmaja, B. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN PROMOSI DESA WISATA PERTANIAN PERKOTAAN DI AEWO MULYAHARJA BOGOR. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/18916
Diannzah, D. M. (2021). Analisis Interaksi Pengguna Twitter Menggunakan Social Network Analysis Dan Topic Modelling Terkait Strategi Pemasaran E-Commerce [Universitas Islam Indonesia]. In Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38724
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenadamedia Group.
Evans, D. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Wiley Publishing, Inc.
Haidar, N. F., & Martadi. (2021). ANALISIS KONTEN VISUAL POST INSTAGRAM Riliv DALAM MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT. Jurnal Barik, 2(2), 121–134. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Lim, W. M., & Rasul, T. (2022). Customer engagement and social media: Revisiting the past to inform the future. Journal of Business Research, 148(May), 325–342. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.04.068
Maulana, A., & Hafiz, M. (2024). Peran Konten Interaktif Dalam Membangun Keterlibatan Dengan Pengguna Di Instagram: Tinjauan Adidas Indonesia. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 175–189. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1326
Milyane, T. M., Umiyati, H., PutrI, D., Juliastuti, Akib, S., Daud, R. F., Dawami, Rosemary, R., Athalarik, F. M., Adiarsi, G. R., Puspitasari, M., Andi, Ramadhani, M. M., & Rochmansyah, E. (2022). Pengantar ilmu komunikasi. Widina Bhakti Persada.
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.57
Oktaviani, A., & Shakilla, C. A. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN KOMUNITAS ONLINE: ANALISIS AKUN TWITTER (X) @WATCHMENID. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 06(01). https://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/8154
Pamungkas, D. S., Saputra, I. B., & Laksana, A. (2024). Strategi Komunikasi Digital Melalui Media Sosial Untuk Membangun Kepercayaan Konsumen. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.461
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3). https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
Safko, L., & Brake, D. K. (2009). The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. John Wiley & Sons, Inc.
Sakti, T. A., & Deslia, I. F. (2024). Analisis Isi Konten Marketing Akun Instagram @mop.beauty dalam Meningkatkan Engagement Followers. JOURNAL SYNTAX IDEA, 6(9), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i9.4462
Siporay, F. R. F., & Damastuti, R. (2022). Analisis Isi Konten Post Akun Instagram @Menantea.Toko Dalam Membangun Engagement Followers. Communique : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), 55–69. https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/122
Sugiyanti, L., Arwani, A., Dewi, R. S., & Fadhillah, M. D. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Pemasangan Iklan Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional, 2(1), 215–225.
Suhairi, Siregar, I. S., Nurhadiah, Leli, N., & Handayani, R. T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.
We Are Social. (2024). Digital 2024 Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/




