Meningkatkan Reputasi Perusahaan melalui Inisiatif CSR Komunikasi Strategis
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan reputasi Perusahaan, serta dampaknya terhadap kinerja keuangan, dengan fokus pada PT Phapros Tbk di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi yang melibatkan karyawan dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik CSR PT Phapros secara signifikan meningkatkan reputasi Perusahaan dan keberlanjutan Perusahaan. Studi ini membandingkan temuan-temuan ini dengan penelitian sebelumnya, menyoroti perbedaan dalam teori dan fokus, dan berkontribusi pada pemahaman strategi komunikasi CSR dalam membangun reputasi Perusahaan. PT Phapros mengalokasikan setidaknya 3% dari keuntungannya untuk program CSR, termasuk inisiatif untuk penyandang disabilitas, proyek-proyek lingkungan, dan dukungan Kesehatan dan ekonomi Masyarakat. Program-program ini telah memberikan dampak positif terhadap persepsi, kepercayaan, dan kredabilitas publik terhadap Perusahaan. Analisis ini sejalan dengan teori Triple Bottom Line dari John Elkington, yang menekankan keseimbangan antara profit, planet, dan people. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi CSR yang efektif tidak hanya bermanfaat bagi Masyarakat, tetapi juga meningkatkan reputasi Perusahaan dan hubungan dengan para pemangku kepentingan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengadopsi pendekatan metode campuran untuk penilaian yang lebih komprehensif terhadap dampak program CSR.
Downloads
References
Akib, S., Soenhadji, I. M., Bulkis, B., Iman, M. F. S., Sayuti, A., Sushardi, S., Mu’ah, M., & Paryanto, E. (2025). Komunikasi Korporat (A. Bairizki (ed.)). Seval Literindo Kreasi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=B6ZHEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Pengelolaan+reputasi+yang+efektif+melibatkan+strategi+komunikasi+yang+terencana+dan+berkelanjutan,+yang+mampu+menjaga+dan+meningkatkan+kepercayaan+serta+kredibilitas+perusahaan+di
Ali, H. Y., Danish, R. Q., & Asrar-ul-Haq, M. (2020). How corporate social responsibility boosts firm financial performance: The mediating role of corporate image and customer satisfaction. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(1), 166–177. https://doi.org/10.1002/csr.1781
Aliyani, A. D., & Hadiprajitno, P. T. B. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Corporate Governance, dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Tax Avoidancw. Diponegoro Journal of Accounting, 12(3), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Holtzhausen, D., Fullerton, J. A., Lewis, B. K., & Shipka, D. (2017). Principle of Strategic Communication. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1).
Ihsan, F. M., Akbar, M., & Rizal, S. (2024). Strategi Pecitraan Kalla Group Dalam Menjaga Reputasi di Makassar. Journals of Social, Science, and Engineering, 3(1), 115–125.
Khaeruman, K., Suflani, S., Mukhlis, A., & Romli, O. (2023). Analisis Efektivitas Strategi Penilaian Kinerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan di Indomaret Kota Serang. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 352. https://doi.org/10.35906/jurman.v9i2.1903
Kurniawan, I., Asih, P. S., Akbar, N., & Lenggana, W. F. (2024). Corporate Social Responsibility (CSR) Communication Strategy of PT Anugrah Argon Medica Bekasi City Branch in Maintaining Company Image. Formosa Journal of Applied Sciences, 3(2), 445–454. https://doi.org/10.55927/fjas.v3i2.7713
Maulana, G. R., Widya Aqila, S., Riawan, W. R., Fachri, R., Rachmadan, A., & Herawati, N. (2023). Jurnal Mirai Management Perkembangan Penelitian Corporate Social Responsibility dan Kinerja Perusahaan: Analisis Tinjauan Literatur. Jurnal Mirai Management, 8(3), 151–164.
Nada, D. R. (2021). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PELINDO II PADA PROGRAM KEMITRAAN. (Studi Kasus CSR PT. Pelindo II Pada Pemberhentian Dana Usaha Sulam Bayang CV. Marini Bukittinggi).
Nisaputra, R. (2021). Phapros Raih Penghargaan Top CSR Awards 2021. Infobanknews.
Nopriyanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.37655
Nurjanah, A. (2022). Komunikasi CSR dan Reputasi (A. C (ed.)). Penerbit Samudra Biru.
Octaviani, F., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2022). Strategi Komunikasi dalam Corporate Social Responsibility Perusahaan sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 4(I), 21–33. https://doi.org/10.23969/humanitas.v4ii.4882
Phapros. (2024a). Keberlanjutan PT Phapros. Web Resmi PT Phapros Tbk.
Phapros. (2024b). Kontak PT Phapros Tbk. Phapros.Co.Id. https://www.phapros.co.id/kontak
Phapros. (2024c). Tentang Phapros. Web Resmi PT Phapros Tbk.
Pondalus, A. M., & Fawzi, I. L. (2021). Komitmen Perusahaan Dalam Implementasi Program Csr Beasiswa Pendidikan Pt Krakatau Steel Yang Bermitra Dengan Lp3I Cilegon, Banten. Jurnal Pembangunan Manusia, 2(1). https://doi.org/10.7454/jpm.v2i1.1012
PT Phapros. (2021). Berdayakan Masyarakat Bongsari Semarang, Phapros Raih Anugerah CSR IDX Channel 2021 en. Phapros.Co.Id.
Rachman, Y. A., & Barmawi, B. (2025). Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Citra Positif Perusahaan. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 101. https://doi.org/10.24235/orasi.v10i1.5144
Rifai, Z. (2023). Pelaporan Berkelanjutan Sebagai Konteks Evaluasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Akuntansi 45, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v4i1.701
Stefhanie, S., & Suhardjo, I. (2022). Pentingnya corporate social responsibility pada strategi perusahaan dalam masa resesi ekonomi. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1710–1722. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2199
Urde, M., & Greyser, S. A. (2016). The Corporate Brand Identity and Reputation Matrix - The case of the Nobel Prize. Journal of Brand Management, 23(1), 89–117. https://doi.org/10.1057/bm.2015.49
Zamzami, & Sahana, W. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.




