Motherhood Dalam Perspektif Teori Feminisme Pada Akun Tiktok @Megakenichiro_official
Abstract
Media sosial telah menjadi ruang bagi para ibu dalam menampilkan pengalaman serta nilai-nilai pengasuhan anak kepada publik. Para ibu muda atau perempuan yang telah memasuki usia siap menikah, mulai aktif mencari referensi mengenai pola asuh yang dianggap tepat dan sesuai untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motherhood dalam konten tiktok @Megakenichiro_official yang dikelola oleh Erna Megawati atau Uma Mega dalam menampilkan kehidupan sehari-hari bersama anak-anakny di Jepang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu teori feminisme dan konsep motherhood serta pola asuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi konten, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah perempuan generasi Z berusia 21–26 tahun yang merupakan pengikut aktif akun @Megakenichiro_official. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas khalayak memaknai motherhood Uma Mega sebagai bentuk keibuan yang autentik, memberdayakan, dan inspiratif. Terdapat pembagian peran antara suami dan istri serta kerjasama yang adil dalam mengasuh anak. Hal tersebut memberikan pemahaman tentang pengasuhan anak dalam motherhood yang ditampilkan. Konten motherhood di TikTok tidak hanya menjadi media ekspresi pengasuhan anak, tetapi juga menjadi ruang afirmasi bagi perempuan dalam membangun identitas ibu yang mandiri dan modern dalam pengasuhan anak di era digital.
Downloads
References
Ardianto, D. J., & Zulfiningrum, R. (2022). Penggunaan TikTok sebagai personal branding Benjamin Master Adhisurya (iben_ma). Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Dian Nuswantoro.
Kalodata. (2024). Tiktok statistik 2024: Data, tren, dan wawasan pemasaran yang perlu Anda ketahui. Diakses dari https://www.kalodata.com/id/blog/2024/07/tiktok-statistik-2024-data-tren-dan-wawasan-pemasaran-yang-perlu-anda-ketahui/
Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264–278.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi, cetakan ke-36). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutmainah, R. (2024). Analisis tanggapan netizen terhadap gaya pengasuhan dalam TikTok Uma Mega. [Artikel tidak dipublikasikan, dikutip dalam penelitian].
Putri, A. R., & Lestari, D. M. (2022). Representasi pola asuh positif dalam konten video TikTok. Jurnal Komunikasi Digital, 4(2), 120–130. https://doi.org/10.1234/jkd.v4i2.2022
Red, T., & Coco, D. A. N. (2024). Sosok perempuan dalam konsep. [Artikel/teks dikutip sebagai penafsiran Adrienne Rich].
Retnowati, D. A., & Sukmawaty, N. I. P. (2024). The effect of authoritative parenting style on individual development: A literature review. World Journal of Advanced Research and Reviews, 21(1), 205–209. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.21.1.2662
Rich, A. C. (1986). Blood, bread, and poetry: Selected prose, 1979–1985. New York, NY: W. W. Norton.
Sabila, K., & Tawaqal, R.S., (2025). The Phenomeneon of FoMO ( Fear of Missing Out ) Culture on Tiktok Social Media among Gen Z Fenomena Budaya FoMO ( Fear of Missing Out ) di Media Sosial Tiktok pada Kalangan Gen Z.
Siahaan, R. A. (2023). In quest of mother’s worth: How millennial instamoms’ sharenting revisits women’s traditional roles. Jurnal Komunikasi Indonesia, 12(2), Article 6.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-10). Bandung: Alfabeta.
Umanailo, M. C. B. (2019). Paradigma konstruktivis. Metodologi Penelitian, October, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ja2t
Yoshina Siautta, S., Widyaningrum, A. Y., & Setyarinata, A. W. (2020). Selubung ketidakadilan peran gender dalam motherhood pada film Athirah. Tuturlogi, 1(3), 165–183. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.001.03.2
Uljanatunnisa. (2023). Analisis resepsi konten pada akun TikTok @vmuliana terhadap kebutuhan informasi akan career preparation. Medium, 11(2), 50–63. https://doi.org/10.25299/medium.2023.vol11(02).13503
Umanailo, M. C. B. (2019). Paradigma konstruktivis. Metodologi Penelitian, October, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ja2t
Wulandari, M., & Yuliana, S. (2021). Motherhood dan feminisme dalam media sosial: Studi konstruksi peran ibu di era digital. Jurnal Gender dan Media, 3(1), 45–58.
Yoshina Siautta, S., Widyaningrum, A. Y., & Setyarinata, A. W. (2020). Selubung ketidakadilan peran gender dalam motherhood pada film Athirah. Tuturlogi, 1(3), 165–183. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.001.03.2




