INTERNAL RELATION ANTAR MAHASISWA DALAM MENGATASI BURNOUT PADA TINGKAT AKHIR DI ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN FATAH PALEMBANG
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir rentan mengalami burnout akibat tekanan akademik yang terus-menerus, tuntutan penyelesaian tugas akhir, serta kecemasan terhadap masa depan setelah lulus. Burnout dapat berdampak pada kesehatan mental, motivasi belajar, dan proses akademik secara keseluruhan. Oleh karena itu, diperlukan mekanisme dukungan yang hadir dari lingkungan terdekat mahasiswa, salah satunya melalui hubungan internal antar sesama mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internal relations antar mahasiswa tingkat akhir di Ilmu Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang berperan dalam mengatasi burnout. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori co-orientation dari Newcomb, yang menjelaskan pentingnya keselarasan persepsi, akurasi pandangan, dan kesepahaman terhadap objek komunikasi dalam membangun relasi interpersonal yang efektif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa tingkat akhir, dosen, dan psikolog.Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal relations berkontribusi penting dalam membantu mahasiswa menghadapi burnout. Bentuk hubungan yang muncul antara lain: kepercayaan, komunikasi interpersonal, dukungan sosial, kolaborasi, serta kesamaan nilai dan tujuan. Kepercayaan memungkinkan mahasiswa saling terbuka; komunikasi interpersonal memberi ruang pelepasan emosi; dukungan sosial menguatkan mental; kolaborasi mempermudah penyelesaian tugas; dan kesamaan tujuan mempererat solidaritas.
Downloads
References
Afif, D. Z., & Prabowo, A. B. (2024). Literatur Review: Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, 4, 1458–1467.
Brundage, M. J., Malespina, A., & Singh, C. (2023). Peer Interaction Facilitates Co-Construction of Knowledge in Quantum Mechanics. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.19.020133
Chaidir, L., & Widyastuti, D. A. (2023). Pentingnya Dukungan Sosial dalam Mereduksi Burnout Akademik. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 3.
Effendy, O. U. (2017). Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Fadhillah, S. F. (2022). Mengenal Burnout. Kemenkes Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1453/mengenal-burnout
Gómez, I. C., Jiménez, N. M., Moreira, A., & Rojas, L. V. (2024). Peer Learning and Academic Burnout Mitigation in Medical Students: a Mediation Analysis. BMC Medical Education, 24(1). https://doi.org/10.1186/s12909-024-06356-4
Halimah, S. N. (2022). Analisis Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Burnout Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Semester Akhir. STIKes Ngudia Husada Madura.
Haulia, N. P., Febriani, R. D., Sari, A. K., & Putra, F. W. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Academic Burnout Siswa. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 11(2), 97–106. https://jurnal-serambimekkah.org/index.php/mister/article/view/1696
Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Kencana Prenada Media Group.
Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of Collaborative Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 486–490. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.091
Lestari, B. S., & Purnamasari, A. (2022). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Problem Focused Coping dengan Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 4(1), 15. https://doi.org/10.26555/jptp.v4i1.23351
Lestari, F., Ruzain, R., & Rosyida. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Akhir yang sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Ners Indonesia, 14(1), 28–34. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31258/jni.14.1.28-34
Lianovanda, D. (2024). Mengenal Burnout: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya. Skill Academy. https://blog.skillacademy.com/tanda-tanda-terkena-burnout-akibat-lelah-bekerja
Malcic, B., Maric-Jurisin, S., Bekic, S., & Gajic, O. (2024). Development of academic burnout during COVID-19 pandemic: The role of perceived social support. Zbornik Instituta za pedagoska istrazivanja, 56(2), 343–363. https://doi.org/10.2298/ZIPI2402343M
Messina, I., Rossi, T., Maniglio, R., Loconsole, C., & Spataro, P. (2025). Risk and protective factors in academic burnout: exploring the mediating role of interpersonal emotion regulation in the link with social support. Frontiers in Psychology, 16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1536951
Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 201–211.
Oktaviona, T. N., Herlina, & Sari, T. H. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 6(1), 26–32. https://doi.org/10.47539/jktp.v6i1.344
Patil, S. K., Patkar, U. S., & Patkar, K. U. (2016). Comparision of Levels of Stress in Different Years of M.B.B.S. Students in A Medical College-An Observational Study. International Journal of Contemporary Medical Research, 3(6), 1655–1657. www.ijcmr.com
RSST, T. K. H. dan H. (2023). Pengaruh Burnout Akademik pada Kesehatan Mental Mahasiswa. Kemenkes Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2946/pengaruh-burnout-akademik-pada-kesehatan-mental-mahasiswa
Sahi, R. S., Eisenberger, N. I., & Silvers, J. A. (2023). Peer Facilitation of Emotion Regulation in Adolescence. Developmental Cognitive Neuroscience, 62. https://doi.org/10.1016/j.dcn.2023.101262
Selviana, R., Sukarelawati, & H.M. Luthfie. (2023). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa Dalam Membangun Motivasi Penyelesaian Tugas Akhir. Karimah Tauhid, 2(5), 1794–1801. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10214
Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2014). Communication Theories: Origins, Methods, adn Uses in the Mass Media (5 ed.). Pearson Education.
Shao, Y., Kang, S., Lu, Q., Zhang, C., & Li, R. (2024). How Peer Relationships Affect Academic Achievement Among Junior High School Students: The Chain Mediating Roles of Learning Motivation and Learning Engagement. BMC Psychology, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s40359-024-01780-z
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif) (29 ed.). Alfabeta.
Suresh, R., Karkossa, Z., Richard, J., & Karia, M. (2021). Program Evaluation of a Student-led Peer Support Service at a Canadian University. International Journal of Mental Health Systems, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s13033-021-00479-7
Suwatno, & Arviana, N. (2023). Komunikasi Interpersonal: Panduan Membangun Keterampilan Relasional Kontemporer. PT. Bumi Aksara.
Tayori, A., Klementina, J., Rumahorbo, M. S. I. F., Ilyas, P. A. M., Isaputra, S. A., & Kaparang, G. J. (2024). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Baru. Wacana, 16(2), 100–109. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20961/wacana.v16i2.83756
Tikkanen, L., Anttila, H., Ulmanen, S., & Pyhältö, K. (2024). Peer Relationships and Study Wellbeing: Upper Secondary Students’ Experiences. Social Psychology of Education, 27(6), 3097–3117. https://doi.org/10.1007/s11218-024-09942-y
Wang, G., & Hu, W. (2021). Peer Relationships and College Students’ Cooperative Tendencies: Roles of Interpersonal Trust and Social Value Orientation. Frontiers in Psychology, 12(July). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.656412
Wijaya, H., Susanti, E., & Fadhilah, N. (2022). Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menghadapi Stres Akademik. Jurnal Komunikasi dan Media, 10(2), 120–130.
Worley, J. T., Meter, D. J., Ramirez Hall, A., Nishina, A., & Medina, M. A. (2023). Prospective Associations Between Peer Support, Academic Competence, and Anxiety in College Students. Social Psychology of Education, 26(4), 1017–1035. https://doi.org/10.1007/s11218-023-09781-3
Ye, Y., Huang, X., & Liu, Y. (2021). Social support and academic burnout among university students: A moderated mediation model. Psychology Research and Behavior Management, 14, 335–344. https://doi.org/10.2147/PRBM.S300797




