Manajemen Privasi Komunikasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang dalam Menggunakan Fitur Close Friend Instagram

  • Dina Anugra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ahmad Muhaimin
  • Sonia Nurprameswari
Keywords: Kata Kunci: Manajemen Privasi, Close Friend, Instagram, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini secara mendalam mengkaji bagaimana mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang mengelola privasi komunikasi mereka dalam menggunakan fitur Close Friend di Instagram. Fitur Close Friend menjadi ruang strategis untuk menyampaikan ekspresi personal yang bersifat selektif dan terbatas. Namun, di balik kemampuannya menciptakan ruang privat, fitur ini juga memunculkan kerentanan terhadap kebocoran informasi pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mengelola privasi komunikasi mereka. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori Communication Privacy Management (CPM) dari Sandra Petronio, yang menjelaskan konsep kepemilikan informasi, kontrol privasi, serta dinamika batas bersama yang dapat mengalami gangguan (privacy turbulence). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk menggali secara mendalam pengalaman, motivasi, dan strategi mahasiswa dalam mengelola batasan informasi pribadi di media sosial. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa secara aktif menyusun strategi privasi berdasarkan kedekatan emosional, tingkat kepercayaan, dan pengalaman penggunaan. Mereka menetapkan batas informasi, memilih audiens secara selektif, serta membuat aturan pribadi dalam mengatur konten yang dibagikan. Meskipun fitur ini memberi rasa aman, masih terdapat risiko pelanggaran privasi, yang direspons mahasiswa dengan menyempitkan akses atau mengubah pola berbagi. Fitur Close Friend tidak hanya berfungsi sebagai ruang ekspresi personal, tetapi juga menjadi media interaksi sosial yang strategis dan refleksi dari manajemen privasi komunikasi di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annabillah, F. A., & Boer, K. M. (2023). Fitur Close Friends Instagram Sebagai Keterbukaan Diri Mahasiswa Yang Mengalami Kecemasan Bermedia Sosial. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 1550–1565. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.379
Azzahra, F., Handayani, L., & Mahdalena, V. (2022). Manajemen Privasi Komunikasi Dalpada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta Di Fitur Close Friend Instagram. 5(2), 318.
Hasbiansyah O. (2015). Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan Aplikasi Introducing Communication Theory. MediaTor, 9.
Nurbani. (2019). Buku Komunikasi AntarPribadi (Edisi 4). Universitas Terbuka.


Nurul Kamilah, F., & Budi Lestari, S. (2020). Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram. http://www.fisip.undip.ac.id
Sarasati, F., Olivia, H., & Sudarsono, A. B. (2022). Penggunaan Fitur Close Friends Instagram Sebagai Media Pengungkapan Diri Pada Generasi Z. https://doi.org/10.31294/kom.v9i2.14267.g5758
Sriwahyuni, P., & Seprina, W. O. (2024). Manajemen Privasi Komunikasi pada Fenomena Batasan Diri Generasi Z di Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 9(4), 845–865. https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.324
West Richard / Turner H Lynn. (2016). Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan Aplikasi Introducing Communication Theory (5th ed.). Salemba Humanika.
Widagdo Andaiva Dresta dan Primadata Pandu Ankarlina. (2023). Motif Penggunaan Fitur Close Friend Instagram di Kalangan Mahasiwa Fisip Universitas Jenderal Soedirman. Jurnal Interaksi Sosiologi.
Published
2025-10-12
How to Cite
Anugra, D., Muhaimin, A., & Nurprameswari, S. (2025). Manajemen Privasi Komunikasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang dalam Menggunakan Fitur Close Friend Instagram. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 8(1), 124-130. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v8i1.649