STRATEGI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL LANSIA DI PAGUYUBAN GAMELAN “MARGO LARAS” DESA NGEBEL

  • Afrelia Susanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Eli Purwati Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Deny Wahyu Tricana Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Oki Cahyo Nugroho Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: Strategi, Strategi Komunikasi, Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Lansia, Kesehatan Mental

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Antarpribadi dalam meningkatkan kesehatan mental lansia di Paguyuban Gamelan “Margso Laras” Desa Ngebel. Keseluruhan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penelitian kualitatif merupakan penelitian dengan menggunakan latar belakang alamiah dengan maksud memahami fenomena apa yang dialami subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dengan cara deskripsi dalam bentuk bahasa dan kata-kata, pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Dalam melaksanakan sebuah penelitian, banyak sekali jenis metode yang dapat digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi antarpribadi dalam meningkatkan kesehatan mental lansia di paguyuban gamelan “Margo Laras” Desa Ngebel yaitu dalam proses pembelajaran latihan gamelan antara satu lansia dengan satu lansia lainnya berbentuk komunikasi sehari-hari. Komunikasi berperan penting dalam proses pembelajaran tersebut, komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi yang paling efektif dalam proses pembelajaran tersebut dan mampu menyampaikan informasi secara maksimal antara satu lansia dengan lansia lainnya. Pendekatan seperti ini telah dilaksanakan namun belum mencapai hasil secara maksimal, dengan adanya beberapa faktor yang memperlancar dan menghambat komunikasi antarpribadi yang berlangsung. Faktor pendukung dilihat dari adanya timbal balik dalam proses pembelajaran latihan berlangsung. Sedangkan faktor penghambat adanya beberapa ketinggalan materi yang diajarkan sehingga perlu adanya pengulangan dan memperlambat proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kertamukti, R. (2013). Strategi Komunikasi Antarpribadi Dosen dan Mahasiswa dalam Pengembangan Jiwa Kreatif (Studi Deskriptif pada Progam Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (Vol. 06). Yogyakarta: Jurnal Komunikasi PROFETIK.
Makmur, R. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI ORANG DENGAN HIV AIDS (ODHA) MENGHADAPI STIGMA MASYARAKAT (Vol. 1). Jawa Barat: Lugas, Jurnal Komunikasi.
Missah, C. L. (2014). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA ORANG TUA LANJUT USIA DI PANTI RUMAH DOA KANAAN (Vol. 3). Jurnal Acta Diurna.
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok (Vol. 05). Tarumanagara: Koneksi.
Saftri, R. S., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Guru SMA Alfa Centuri Bandung Masa Pembelajaran Online di Situasi Pandemi COVID-19 (Vol. 04). Bandung: KOMUNIKOLOGI, Junal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial.
Suciawati, H. (2021). Kemampuan Komunikasi Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) (Vol. 5). Medan: KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial.
Published
2022-09-24
How to Cite
Susanti, A., Purwati, E., Tricana, D., & Nugroho, O. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL LANSIA DI PAGUYUBAN GAMELAN “MARGO LARAS” DESA NGEBEL. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 27-38. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i1.115