INTERAKSI SIMBOLIK BREAST CANCER SURVIVOR DI KOTA BANDUNG

  • Charisma Asri Fitrananda Universitas Pasundan
  • Nur Ratih Devi Affandi Universitas Pasundan
Keywords: interaksi simbolik, kanker payudara, konsep diri

Abstract

Kanker payudara mrupakan penyakit yang diangap mengerikan bagi mayoritas perempuan di seluruh dunia. Data di Who menunjukkan jumlah pengidap kanker payudara pada tahun 2020 lebih dari 2,3 juta dengan angka kematian 685.000. Sedangkan di Indonesia mencapai angka 68.858 kasus dengan peningkatan 16,6% dari total 396.914 kasus. Kanker payudara merupakan penyebab kematian tertinggi d Kota Bandung. Penderita kanker payudara yang tentunya menganggap penyakitnya merupakan hal yang mematikan tentu saja memiliki konsep diri yang berbeda dengan perempuan pada umumnya. Dengan pendekatan teori Interaksi simbolik dari Herbert Mead penelitian ini akan menguak sisi Mind (persepsi), Self (Kinsep Diri) dan Society (cara beinteraksi) metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena dianggap memiliki kekhasan dalam menguak fakta dari informan. Informan dengan jumlah 10 orang berdasarkan ungkapan dari Creswell (2008). Hasil dari penelitian ini ditemukan bawa Self dari informan yakni persepsi akan rendah diri, minder yang dimaknai dengan persepsi negative yan membentuk Self atau konsep diri demikian. Juga persepsi akan diri yang terpilih, diri yang kuat dan diri yang menginspirasi dimaknai sebagai persepsi positif yang membentuk Self atau konsep diri sejalam. Cara bertindak dari survivor dengan bertindak senormal mungkin dengan persepsi dan konsep diri positif yang mereka dapatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astana, M. 2009. Bersahabat dengan Kanker Panduan Mengobati dan Mengelola Kanker Edisi 1. Yogyakarta: Araksa
Alwasilah, Chaedar. 2003. Pokoknya Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Creswell, Jhon. 1998. Research Design Fourth Edition. Pustaka Pelajar
Huberman, Miles. 2002. Analisis Data Kualitatif.
Notoatmodjo, Soekijido. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rinieka Cipta
Miles, Mattew B dan A. Michael Hubberman. 1992 Qualitative Data Analysis: A Souurcebook of New Method> Terjemahan Tjetjep Rohendi. Analisis Data Kualitatif: Buku SUmber tentang Moleong, Lexy J. 2000 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2018 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Mead, Geore Herbert. 2008. Mind, Self and Society. Forum
Sugiyono. 2007 Metode Penelitian Bisnis: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Turner, west Richard/Lyn. 2008. Pegantar teori Komunikasi. Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika
Zulkarnain, I., & Asmara, S. (2020). Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Puspantara.
Published
2022-09-24
How to Cite
Fitrananda, C., & Affandi, N. R. (2022). INTERAKSI SIMBOLIK BREAST CANCER SURVIVOR DI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 103-113. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i1.117