TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA MASSA (TELEVISI, RADIO DAN SURAT KABAR) DI KALANGAN PENGUSAHA MUDA PERTANIAN MALAYSIA

  • Hayrol Azril Bin Mohamed Shaffril Universiti Putra Malaysia
Keywords: MEDIA MASSA, PENGUSAHA, PERTANIAN MALAYSIA

Abstract

Objektif   utama  penelitian    ini  ada/ah  untuk  mengetahui   tingkat  penggunaan    media   massa     di kalangan   pengusaha    muda  pertanian    di  Malaysia.   Sejumlah    134  responden   dari  enam  jenis   usaha berdasarkan     bidang   pertanian     telah   dipilih   sebagai    responden    penelitian     ini.   Hasil   penelitian mendapatkan    bahwa   majoritas    responden    mempunyai    tingkat  penggunaan     media   massa   di  tingkat menengah,   Televist adalah  media  massa yangpaling   sering  digunakan  oleh responden  diikuti sural  kabar dan  radio.   Program   siaran   Pertanian   "Agrjournal''    merupakan   program   siaran   televisi   berdasarkan pertanian,  adalah yang paling  sering  ditonton.  Penelitian  mendapatkan   bahwa tingkat penggunaan   media massa di kalangan  pengusaha   muda pertantan  yang  dite/iti  tidakjauh   berbeda  berdasarkan   hasil  ujian  T- test dan ANOVA  yang  menunjukkan    tidak  terdapat  perbedaan   signifikan   terhadap  faktor  jenis   kelamin, tingkat pendidikan. Umur; wilayah  geografi.  waktu penglibatan.jenis    usaha, investasi  awal dan pendapatan setahun yang  diperoleh para pengusaha   muda di bidang pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidit, G. & Husnizam. Y. 2005. Pembentukan Generasi Muda Selangor 2005: Satu Pengamatan. Institut Perkembangan Minda, Kuala Lumpur

Akpobio, I., Makanjuola, S., & Udoma, G. 2006. Reportage of Agricultural News in the Pioneer Newspaper (2004-ad) Nigeria. International Journal of Agriculture and Biology, 8:406-409.

Ezhar Tamam, Rahim Md Sail, Zainal Abidin Mohamed, Amin Mahir Abdullah, Mohammed Rezal Harnzah dan Zamre Yaacob. Kesediaan Pengusaha Pertanian Bumiputra Berskala Mikro Menghadapi Cabaran Sektor Pertanian. Siri MonografIPSAS Bil. 1/2007.

Irfan,M., Muhammad,S., Ali Khan,G. and Asif,M. 2006. Role of Mass Media in the Dissemination of Agricultural Technologies among Farmers. International Journal of Agricultural and Biology. 8:417-419

Komunikasi dan Multimedia, Angka dan Fakta Terpilih Q3, 2008. Suruhanjaya Komunikasi dan
Multimedia Malaysia

Majlis Muda Malaysia. (2007). Skim Muda Pertanian. Diambil pada April 16. 2009 daripada http://www.Muda.org.my/index.php?option=comcontent&task=view&id=100

Md. Salleh Hj. Hassan, Musa Abu Hassan, Bahaman Abu Samah, Narimah Ismail and Hayrol Azril Mohamed Shaffril(2008), Use of Information and Communication Technology (ICT) Among Agri-Based Entreneurs In Malaysia, Agriculture Information and IT-IAALD-AFITA-WCCA-2008,24-27 Ogos.Pp.753-762

Md. Salleh Hj. Hassan., & Musa Abu Hasan. 2008. Agricultural Communication. 50 Years of Malaysian Agriculture. Pp 727-739.

Musa Abu Hassan(1993) Dalam Siri Syarahan Inaugural Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi ICT untuk Semua. Penerbit Universitas Putra Malaysia. Selangor. Program siaran Malaysia KeSembilan (RMK9) (2006). Departemen Perdana Menteri Malaysia

Rogers, E.M (2004) Communication in Development. Diambil Februari 20, 2009, dari http://ann.sagepub.com/cgi/reprint/412/44

Salawu, J.A., & Abubakar, T.B., (2008). Intriduction to Agricultural Extension and Rural Sociology. National Open University of Nigeria Publisher. Nigeria

Small Medium Enteprises (PKS) Productivity Performance, Laporan Tahunan Perindustrian Kecil dan Menengah 2007, National PKS Council.
Published
2018-10-02
How to Cite
Bin Mohamed Shaffril, H. A. (2018). TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA MASSA (TELEVISI, RADIO DAN SURAT KABAR) DI KALANGAN PENGUSAHA MUDA PERTANIAN MALAYSIA. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(1), 27-37. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v1i1.12