ANALISIS ISI KONTEN POST AKUN INSTAGRAM @MENANTEA.TOKO DALAM MEMBANGUN ENGAGEMENT FOLLOWERS

  • Fransiska Regina Felin Universitas Amikom Yogyakarta
  • Riski Damastuti Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: Konten Post, Media Sosial, Instagram, Engagement

Abstract

Memasuki era industri 4.0 berdampak pada semakin banyak munculnya industri dari berbagai bidang termasuk food & beverages. Industri-industri tersebut memiliki akun bisnis Instagram sebagai alat pemasaran media sosial mereka dan untuk membangun engagement followers. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik konten post yang diciptakan akun Instagram @menantea.toko dalamembangun engagement followers dan mengetahui sejauh mana tahapan engagement yang telah diraih @menantea.toko. Menantea adalah bisnis dalam bidang food & beverages yang memanfaatkan Instagram untuk menjalin interaksi dengan pelanggan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif dengan metode penelitian analisis isi kuantitatif terhadap unggahan feed Instagram @menantea.toko pada tahun 2021 dengan jumlah keseluruhan 154 unggahan. Konten postingan @menantea.toko menjadi unit analisis dalam penelitian ini yang kemudian dibagi menjadi beberapa dimensi diantaranya jenis konten post, karakteristik pesan caption, bentuk konten post, konten visual, konten visual warna, hashtag, mention dan tag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @menantea.toko berhasil sampai pada tahap tertinggi engagement yaitu kolaborasi. Dalam membangun engagement followers, @menantea toko mengelola konten post dengan memerhatikan visual konten dan memanfaatkan fitur Instagram caption, hashtag dan tag.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Nugroho, A. A. (2020). Examining Corporate Engagement in Social Media: Advancing The Use of Facebook for Corporation. CoverAge: Journal of Strategic Communication.
Arum Nurhandayani, R. S. (2019). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA INFLUENCER AND BRAND IMAGES TO PURCHASE INTENTION. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen.
Ashfiya, Z. (2018). PERBANDINGAN TINGKAT ENGAGEMENT ANTARA POST FOTO DAN VIDEO INSTAGRAM (Studi pada Akun Instagram Perusahaan Berbasis Aplikasi Smartphone). Yogyakarta: FE UNY.
Benedicta Yovi Claudia Udjulawa, R. F. (2021). Edukasi Kesehatan Kulit Perempuan Indonesia melalui Media Sosial pada Akun Instagram @hi.flawless. Jurnal Komunikasi Profesional.
Damastuti, R. (2021). MEMBEDAH FEEDS INSTAGRAM PRODUK SKINCARE LOKAL (ANALISIS ISI KUANTITATIF AKUN INSTAGRAM AVOSKIN). Perspektif Komunikasi.
Dave Evans, J. M. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis: Wiley Publishing.
Dida Lioniesa Susilo, D. J. (2015). ANALYSIS OF CUSTOMER ENGAGEMENT ON BRANDS' INSTAGRAM ACCOUNT. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Edwin Adrianta Surijah, C. T. (2017). MEMBEDAH INSTAGRAM: ANALISI ISI MEDIA SOSIAL PARIWISATA BALI. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Fauziah, A. &. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA TERHADAP TINGKATAN BRAND AWARENESS HIJUP. COM DI KOTA BANDUNG. Diakses dari http://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/116385/jurnal_eproc/pengaruh-penggunaan-social-media-terhadap-tingkatan-brand-awareness.pdf
Filo, K., Lock, D., and Karg, A. (2015). Sport and social media research: A review. Sport management review. 18(2), 166-181.
Gityandraputra, D., (2018, Desember 05). Inspirasi dalam Membuat Konten Instagram Story yang Mengundang Engagement. Diakses melalui https://academy.getcraft.com/id/inspirasi-membuat-konteninstagram-story
Hughes, & Kapoor. (2010). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Irena Pletikosa Cvijikj, F. M. (2014). Online engagement factors on Facebook brand pages. Social Network Analysis and Mining, 843-861.
Krisyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Luttrell, Regina. (2015). Social Media: How to Enggae, Share and Connect. London:Rowman & Littlefield Publishers
Manic, M. (2015). Marketing Engagement Through Visual Content. SERIES V - ECONOMIC SCIENCES.
Mahaldi, H. (2019). Content Marketing Untuk Pemula. Ebooku.id. Diakses melalui https://books.google.co.id/books?id=5a5WDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=marketing+konten&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiJg7ggsPpAhVOfisKHfitDt8Q6AEIMjAB#v=onepage&q=marketing%20konten&f=false
Muntinga, D. G., Moorman, M., & Smith, E. G. (2011). Introducing COBRAs: Exploring Motivations for Brand-Related Social Media Use, 30(1), 13-46.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rebecca Dolan, J. C. (2015). Social Media Engagement Behaviour: A Uses and Gratifications Perspective. Journal of Strategic Marketing.
Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish
Sharma, S. (2013). Black Twitter?: Racial Hashtags, Networks and Contagion. Ingenta Connect.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Timm F. Wagner, C. B. (2016). Antecedents of Brand Post Popularity in Facebook: The Influence of Images, Videos, and Text. Venice: International Marketing Trends Conference.
Weerasinghe, K. D. (2018). IMPACT OF CONTENT MARKETING TOWARDS THE CUSTOMER. International Journal of Research in Business, Economics and Management.
Wheeler, Alina. (2018). Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team. Canada: John Willey& Sons,Incx.
Zhichen Xu, Y. F. (2006). Towards the Semantic Web: Collaborative Tag Suggestions. Collaborative Web Tagging Workshop . Edinburg.

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/
https://phlanx.com/engagement-calculator-manager
https://help.instagram.com/
Published
2022-09-24
How to Cite
Felin, F., & Damastuti, R. (2022). ANALISIS ISI KONTEN POST AKUN INSTAGRAM @MENANTEA.TOKO DALAM MEMBANGUN ENGAGEMENT FOLLOWERS. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 55-69. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jikq.v5i1.122