MITOLOGI VAKSINASI PRESIDEN JOKOWI DALAM TEKS FOTO INFOGRAFIS DI DUA SITUS BERITA ONLINE
Abstract
Seiring laju penyebaran pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia mulai menggunakan jenis vaksin Sinovac per Januari 2021 untuk digunakan dalam program vaksninasi nasional. Akibat kontroversi penggunaan vaksin Sinovac, Presiden Jokowi bersedia tampil sebagai orang pertama yang menerima penyuntikan vaksin Sinovac. Kajian ini bertujuan menyibak makna denotatif, konotatif, dan mitos seperti apa yang sesungguhnya terkandung dalam teks foto infografis presiden dalam proses vaksinasi tahap 1 dan tahap 2 di Istana Negara. Studi ini menggunakan paradigma kritis, jenis penelitian kualitatif, metode analisis semiotik, objek kajian dua situs media online dan subjek kajian teks foto Infografis vaksinasi presiden. Studi ini menyimpulkan terdapat tanda-tanda semiotik pada teks foto infografis vaksinasi presiden: mitos ‘citra positif’ (merakyat, sederhana, informal, santai, penuh perhatian, melayani, inklusif, humble, toleran, dan akomodatif) sekaligus penonjolan posisi presiden sebagai aktor utama yang melatari seluruh narasi teks foto infografis.
Downloads
References
Althusser, L. (2006) Tentang ideologi: Strukturalis, psikoanalisis, cultural studies. Yogyakarta: Jalasutra.
Asmara, C.G. (2021, January 12) “Besok, Vaksinasi Jokowi Bakal Disiarkan Live Streaming”. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210112181910-4-215426/besok-vaksinasi-jokowi-bakal-disiarkan-live-streaming.
Atkin, C.K., & Rice, R.E. (2013). “Theory and principle of public communication campaigns”. in Atkin, C.K., & Rice, R.E. (ed.), Public communication campaigns. 4th Edition (pp 3-19). Thousand Oaks: Sage Publication, Inc.
Barker, C. (2006) Cultural studies: Teori dan praktek. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Barthes, R. (1977) Image, music, text (Essays selected and translated by Stephen Heath). London: Fontana Press.
Barthes, R. (2012) Elemen-elemen semiologi. Yogyakarta: Jalasutra.
Berger, P.L., & Luckmann, T. (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.
Biro Setpres (2021, January 27). "FOTO: Penyuntikan Dosis Ke-2 Vaksin Sinovac untuk Jokowi". https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210127124728-22-598997/foto-penyuntikan-dosis-ke-2-vaksin-sinovac-untuk-jokowi/3?zoom_foto.
Bogdan, R., & Taylor, S.J. (1975) Introduction to qualitative research methods: A Phenomenological Approach to the Social Sciences. New York: John Wiley & Sons.
Bouzida, F. (2014). The Semiology Analysis in Media Studies: Roland Barthes Approach. Proceedings of SOCIOINT14-International Conference on Social Sciences and Humanities. https://www.ocerints.org/Socioint14_e-publication/papers/293.pdf.
Danesi, M. (2011) Pesan, tanda, dan makna: Buku teks dasar mengenai semiotika dan teori komunikasi. Yogyakarta: Jalasutera.
Fiske, J. (2012) Pengantar ilmu lomunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Fealy, G. (2020). Jokowi in the Covid-19 era: Repressive pluralism, dynasticism and the overbearing state. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 301-323. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1846482.
Fossey, E., et.al. (2002) Understanding and evaluating qualitative research. Australian and New Zealand Journal of Psychiatry, 36(6), 717-732. https://doi.org/10.1046/j.1440-1614.2002.01100.x.
Fui, Lee Yow, et.al. (2011) The Epistemology assumption of critical theory for social science research. International Journal of Humanities and Social Science, 1(4), 129-134.
Goldhaber, G.M. (1993) Organizational communication (sixth edition). New York: McGraw-Hill.
Guba, E.G. & Yvonna S.L. (2009) “Competing Paradigms in Qualitative Research,” in Denzin, Norman K., & Lincoln, Yvonna S. (Eds.), Handbook of Qualitative Research (pp. 105-117). Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hall, S. (2007) “Notes on deconstructing the popular” in Storey, John (ed.), Cultural theory and popular culture: A reader (pp. 455-466). New York: Harvester Wheatsheaf.
Hammouri, S. (2020, June 12) “Roland Barthes: Mhyth”. https://criticallegalthinking.com/2020/06/12/roland-barthes-myth/
Hardiman, F.B. (1990) Kritik ideologi: Pertautan pengetahuan dan kepentingan. Yogyakarta: Kanisius.
Hasanah, U. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Citra Politik Jokowi Sebagai Presiden Republik Indonesia (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Tanjung Pura Pontianak). Aspirasi: Jurnal S-1 Ilmu Politik, 5(2), 1-16.
Hendrawadi, A. (2016). Kepribadian dan Citra Kepemimpinan Jokowi dalam 100 Hari (Studi Korelasional Antara Kepribadian, Citra Kepemimpinan, dan Kebijakan Pada Masa Kepemimpinan Jokowi Selama 100 Hari Sebagai Presiden di Kalangan Masyarakat Kelas Menengah ke Bawah di Kelurahan Sangkrah Surakarta). Skripsi S1, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. https://adoc.tips/download/skripsi-disusun-oleh-andre-hendrawadi-d.html.
Hidayat, D.N. (2002) Metodologi penelitian dalam sebuah “multi-paradigm science”. MediaTor: Jurnal Komunikasi, 3(2), 197-220. https://doi.org/10.29313/mediator.v3i2.766.
ICW (2021, November 19). “Bisnis PCR dan Konflik Kepentingan Pejabat Publik”. https://antikorupsi.org/id/article/bisnis-pcr-dan-konflik-kepentingan-pejabat-publik.
Idhom, A.M. (2021, September 13) “Update Vaksinasi Indonesia: Data Vaksin & Penerima per 13 September”. https://tirto.id/update-vaksinasi-indonesia-data-vaksin-penerima-per-13-september-gjtE.
“Infografic”. Oxford Learners Dictionaries. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/us/definition/english/infographic.
Kementerian Kesehatan RI (2021, January 13) “Program Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Presiden Orang Pertama Penerima Suntikan Vaksin COVID-19”. http://p2p.kemkes.go.id/program-vaksinasi-covid-19-mulai-dilakukan-presiden-orang-pertama-penerima-suntikan-vaksin-covid-19/
Kim, H., et.al. (2017) Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in Nursing & Health, 40(1), 23–42. https://doi.org/10.1002/nur.21768.
Kompas.com. (2021, January 13) “Jokowi Divaksin, Berikut 5 Fakta Vaksin Covid-19 Sinovac”. https://www.kompas.com/sains/read/ 2021/01/13/112700523/jokowi-divaksin-berikut-5-fakta-vaksin-covid-19-sinovac?page=all.
Krisdinanto, N. (2014) Anomali dan teori hirarki pengaruh terhadap isi media. Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikas, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.33508/jk.v3i1.1243.
Kurniasih, W. (n.d) “Biografi Joko Widodo (Jokowi), Presiden Indonesia Ke-7”. https://www.gramedia.com/literasi/biografi-joko-widodo/
Mannheim, K. (2002) Ideologi dan utopia: Menyingkap kaitan pikiran dan politik. Yogyakarta: Kanisius.
Mustakim (2020, September 4). “Jokowi, Pandemi Covid-19, Oposisi, dan Ancaman Resesi”. https://www.kompas.tv/article/106109/jokowi-pandemi-covid-19-oposisi-dan-ancaman-resesi?page=all.
Novianty, S.M., & Salamah, U. (2017) Seeing Jokowi, The President of Indonesia’s Leadership: case study of Goldhaber’s the charisma factor in leadership theory (Article in Proceedings of the 4th Bandung Creative Movement International Conference on Creative Industries 2017), Bandung Creative Movement, 4(1), 365-369. https://doi.org/10.2991/bcm-17.2018.72.
Patria, N. & A. Arief (2015) Antonio Gramsci: Negara dan hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pratiwi, R.H., & Darmawan, F. (2019) Infografis sebagai pendukung berita in-depth dalam situs Tirto.id. MediaTor, 12(1), 35-45. https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4484.
Putra, S.J. (2017) Representasi wanita Indonesia pada foto jurnalistik (Analisis semiotika Roland Barthes pada foto jurnalistik “pengukuhan paskibraka” dalam media online Tempo.co). Proceeding Seminar Nasional & Ilmu Sosial 2017, SocioTech, 1(1), 216-221.
Saptodewo, F. (2014) Desain infografis sebagai penyajian data menarik. Jurnal Desain, 1(3), 193-198. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563.
Sofian, A. (2021, January 13). "FOTO: Presiden Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19 Pertama di Indonesia". https://www.liputan6.com/photo/read/4456219/foto-presiden-jokowi-disuntik-vaksin-covid-19-pertama-di-indonesia.
Storey, J. (2010) Cultural studies dan kajian budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.
Sunardi, St., dkk. (2002) Semiotika negativa. Yogyakarta: Kanal.
Tamburian, H.H.D. (2014) “Gaya komunikasi Jokowi sebagai pemimpin Indonesia” dalam Endah Muwarni, dkk. (ed.). Komunikasi dan pemilu 2014: Persiapan, pelaksanaan, dan masa depan (pp. 92-98). Jakarta: ISKI dan Kompas.
Widyawati (2021, January 18) “Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Membutuhkan Waktu 15 Bulan”. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20210103/2536122/pelaksanaan-vaksinasi-covid-19-indonesia-membutuhkan-waktu-15-bulan/
Wicandra, O.B. (2006) Peran infografis pada media massa cetak. Nimana: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1), 44-49. https://doi.org/10.9744/nirmana.8.1.
Yakub, A. (2021, January 15) Titik Kritis Kehalalan Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac China. Kolom Majalah Tempo. https://kolom.tempo.co/read/1423539/titik-kritis-kehalalan-vaksin-covid-19-produksi-sinovac-china.