PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DENGAN ATLET MENEMBAK CLUB BRAWIJAYA SC DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PADA KEJUARAAN NASIONAL “ANTAR CLUB 2022” DI TENGAH PANDEMI COVID-19 ERA NEW NORMAL

  • Berliana Laily Rizmayanti UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Kusnarto Kusnarto UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR
Keywords: Peran Komunikasi Interpersonal, Pelatih, Atlet

Abstract

Peran pelatih sangat dibutuhkan demi meningkatkan rasa percaya diri dalam mencapai prestasi saat mengikuti perlombaan Nasional di tengah pandemi Covid-19 era new normal. Pelatih sebagai seorang pemimpin harus bisa meningkatkan rasa percaya diri atlet untuk mencapai prestasi. Penelitian ini membahas peran komunikasi interpersonal yang efektif antara pelatih dan atlet dalam peningkatan prestasi pada saat kejuaraan Nasional di tengah pandemi Covid-19 era new normal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana peran komunikasi interpersonal pelatih dengan atlet olahraga menembak club Brawijaya SC dalam meningkatkan prestasi pada kejuaraan nasional “Antar Club 2022” di tengah pandemi Covid-19 era new normal. Teori yang digunakan peneliti adalah Teori Pandangan Humanistik (Devito). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Data peneliti merupakan data wawancara mendalam dengan lima informan yang ditentukan berdasarkan purposive sampling. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa pentingnya sikap keterbukaan pelatih saat latihan maupun lomba, adanya sikap empati pelatih untuk atlet lebih mendapat perhatian, sikap mendukung yang sangat membantu dalam peningkatan prestasi atlet, pentingnya sikap positif dalam program latihan atlet untuk meningkatkan prestasi, dan pentingnya sikap kesetaraan pelatih kepada seluruh atlet di tengah pandemi Covid-19 era new normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AW, Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakartra: Graha Ilmu.
Conny R, Semiawan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Damayanti, L. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Anifa. https://doi.org/10.32505/anifa.v1i1.2428
Daniar, A., & Nurhaniza, Z. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Mendorong Guru Sekolah Alam Bandung dalam Bekerja dan Berprestasi. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 41. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9313
Devito, Joseph. (1997). Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Professional Books.
Erdiyanti, Y. P. (2018). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Berprestasi Akademik Dalam Pembentukan Karakter Yang Positif Dan Minat Belajar. Jurnal Universitas Majalengka.
Gibb, Jack R. (1961). “Defensive Communication” Journal Of Communication. 11/3.
Goleman, D. (1996). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hanif, A. R. (2019). Peran Komunikasi Interpersonal dalam membemtuk Kemandirian. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 9(25), 1–108.
Huberman, & Miles. (1992). Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta: UI Press.
Janata, J. (2020). Peran Komunikasi Interpersonal Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu(Studi pada Hotel Guest House Sutos Sungailiat Bangka). Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.47995/jik.v3i1.37
Lanes, L. G., Warouw, D. M. ., & Mingkid, E. (2021). Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dalam Proses Belajar Daring Bagi Anak Di SD Negeri 15 Manado. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Meti, M., & Nurhidayah, Y. (2018). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. https://doi.org/10.24235/orasi.v9i1.2961
Nadia, R. P., & Delliana, S. (2020). Peran Komunikasi antara Guru dan Murid dalam Membangun Minat Belajar di Komunitas Jendela Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(1), 83–94. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.7019
Ngalimun. (2018). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2021). Peranan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1223–1230. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1092
Wiryanto, (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Wuwungan, N. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Guru Dan Sekolah Pembina Luar Biasa Provinsi. E-Journal Ilmu Komunikasi, 4(4), 294–304.
Zulkifli, M. (2019). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru di PAUD Kharisma dan PAUD Lestari). Pamator Journal, 12(1). https://doi.org/10.21107/pamator.v12i1.5180
Published
2022-09-24
How to Cite
Rizmayanti, B., & Kusnarto, K. (2022). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DENGAN ATLET MENEMBAK CLUB BRAWIJAYA SC DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PADA KEJUARAAN NASIONAL “ANTAR CLUB 2022” DI TENGAH PANDEMI COVID-19 ERA NEW NORMAL. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 70-82. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i1.125