PSIKOEDUKASI PENCEGAHAN PERILAKU MEROKOK

  • Raras Sutatminingsih Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Sumatera Utara
Keywords: Pencegahan perilaku Merokok, Psikoedukasi, Komunikasi Asertif

Abstract

Kegiatan psikoedukasi pencegahan perilaku merokok ini bertujuan agar warga sekolah, khususnya siswa-siswa dan guru-guru tidak lagi merokok dan mencegah siswa-siswa dan guru-guru yang lain untuk merokok. Hal ini dilataberlakangi oleh perilaku merokok yang masih didapati dilakukan oleh anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Bahkan perilaku itu masih dijumpai di lingkungan sekolah, walaupun dilakukan secara sembunyi- sembunyi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka sangat perlu dilakukan upaya pencegahan dan penyelesaian bagi warga sekolah agar siswa-siswa dan guru-guru tidak lagi merokok dan mencegah siswa-siswa dan guru-guru yang lain untuk merokok. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melakukan kegiatan Psikoedukasi Pencegahan Perilaku Merokok, menayangkan video pencegahan perilaku merokok, Pelatihan Komunikasi Asertif Pencegahan Perilaku Merokok poster dan banner pencegahan perilaku merokok. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Perguruan Al-Azhar Medan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian Psikoedukasi Pencegahan Perilaku Merokok ini adalah bahwa Psikoedukasi pencegahan perilaku merokok ini dapat meningkatkan pemahaman siswa SMA Al Azhar Medan tentang kandungan rokok, dampak fisik, dampak psikologis, dan penyebab seseorang berperilaku merokok. Oleh karena itu, kegiatan ini dimungkinkan akan dapat mencegah perilaku merokok pada mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrowi & Barida, M. 2013. The Effectiveness of Asserive Training to Increase the Communication Skills of High School Students in Surakarta. DIJE, 1, 95-105.
Fikriyah, S., dan Febrijanto, Y. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada mahasiswa laki-laki di asrama putra. Jurnal STIKES, 5(1), 99-109.
Smet, B. (1994). Psikologi lesehatan. Jakarta: PT Gramedia.
Lian, T.Y., dan Dorotheo, U. (2018). The tobacco control atlas: ASEAN
Moleong, Lexy J. 2000 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2018 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Mead, Geore Herbert. 2008. Mind, Self and Society. Forum
Region, Fourt Edition. Pathum Thani: Suetawan Co., Ltd.
Sugiyono. 2007 Metode Penelitian Bisnis: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutopo. 2006. Mrtode Penelitian Kualitatif. UNS. Surakarta
Syarifudin, B. (2019). Viral, Video Siswa Sekolah Swasta Merokok di Kelas Saat Belajar. Kompas.com - 08/01/2019
Supratiknya, A. (2011). Merancang Program dan Modul: Psikoedukasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Widowati, H. (2019). Indonesia, negara dengan jumlah perokok terbanyak di Asean. Diunduh dari https://databoks.katadata.co.id/dat apublish/2019/05/31/indonesia- negara-dengan-jumlah-perokok- terbanyak-di-asean
Turner, west Richard/Lyn. 2008. Pegantar teori Komunikasi. Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika
Zulkarnain, I., & Asmara, S. (2020). Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Puspantara.
Published
2022-09-24
How to Cite
Sutatminingsih, R., & Zulkarnain, I. (2022). PSIKOEDUKASI PENCEGAHAN PERILAKU MEROKOK. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 114-120. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i1.126