PENGARUH PUBLISITAS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT PADA PARTAI BERKARYA DI KOTA MEDAN MENGHADAPI PEMILU TAHUN 2019
Abstract
Menjelang Pemilihan Umum tahun 2019 di Indonesia, semua partai politik berlomba-lomba untuk mendapatkan pendukung dan pengikut yang salah satunya adalah melalui publisitas. Partai Berkarya adalah satu dari 16 Partai Politik Nasional yang ikut dalam Pemilihan Umum tersebut, namun kiprahnya belum dirasakan masyarakat dan elektabilitasnya masih sangat rendah. Penulis membuat penelitian ini untuk melihat pengaruh publisitas Partai Berkarya di kota Medan terhadap pengetahuan dan sikap masyarakat pada Partai Berkarya di kota Medan. Tujuan penelitian ini menganalisis tingkat publisitas, melihat tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap Partai Berkarya di kota Medan, dengan menggunakan pendekatan analisis kuantitatif korelasional. Subjek penelitian adalah masyarakat pemilih yang berada di 3 kecamatan yang ditetapkan sebagai area sampel yakni Medan Marelan, Medan Tuntungan dan Medan Selayang. Responden ditetapkan 100 orang menggunakan purposive dan accidental sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan sesuai Undang-Undang Pemilu tahun 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat publisitas Partai Berkarya di kota Medan berada dalam kategori sedang, tingkat pengetahuan masyarakat tinggi, dan sikap masyarakat pada Partai berkarya di kota Medan kurang positif. Hasil penelitian dan analisis juga menunjukkan terdapat pengaruh publisitas terhadap tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat pada Partai Berkarya di kota Medan, yakni mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap pengetahuan masyarakat dan pengaruh yang sedang atau moderat terhadap sikap masyarakat pada Partai Berkarya di kota Medan.
Downloads
References
Arikunto S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Proses. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Basu Swastha dan T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran (Analisa. Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM.
Cangara, Hafied. (2016). Pengantar Ilmu komunikasi. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Firmanzah. (2010). Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor.
Heryanto, Gun Gun & Rumaru, Shulhan. (2017). Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Heryanto. (2018) Media Komunikasi Politik: Relasi Kuasa Media di Panggung Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Nurhadi, Zikri Fachrul. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta: Prenada Media Group.
Roskin, Michael G. (2016). Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: Prenada Media Group.
Swastha, Basu. (1999). Manajemen Penjualan, Edisi Ketiga. BPFE. Yogyakarta.