DONASI RAME-RAME : ANALISIS MEDIA SIBER KITABISA.COM

  • Fera Tri Susilawaty Universitas Halu Oleo
  • La Ode Herman Halika Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo
Keywords: Donasi, Kitabisa.com, Crowfunding, Media Siber

Abstract

Era digital membawa banyak perubahan dalam tatanan hidup manusia. Salah satunya adalah budaya berdonasi. Hadirnya platform crowdfunding Kitabisa.com menjadikan donasi dengan hanya sekali klik, donasi langsung dapat tersalurkan. Data tahun 2020 dari website Kitabisa.com menyebutkan lebih dari 6 juta orang melakukan donasi pada platform ini. Pada riset ini, bertujuan untuk menggambarkan bagaimana platform digital membentuk sebuah budaya pengumpulan donasi yang melibatkan banyak masyarakat digital dengan gaya dan trend yang baru yakni dengan berdonasi digital. Metode riset yang digunakan yaitu metode etnografi virtual yakni metode penelitian kualitatif yang merupakan penyesuaian dari beberapa karakteristik khusus pada etnografi tradisional yang memiliki bertujuan untuk mengkaji budaya dan praktek-prakteknya yang ada dalam komunikasi berbasis teks melalui media komputer. Riset ini juga menggunakan analisis media siber (AMS) yaitu tataran level ruang media, dokumen media, objek media dan pengalaman. Melalui analisis media siber, Kitabisa.com memiliki karakteristik platform yang menarik, mudah dan persuasif. Menarik secara tampilan, fitur-fitur yang mudah, persuasif melalui sapaan, teks dan foto yang digunakan serta fitur share yang dapat ditautkan pada sosial media lain sehingga mengajak para calon donatur untuk berdonasi.

 

Keywords: donasi; kitabisa.com; crowfunding; media siber

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choy, K., & Schlagwein, D. (2016). Crowdsourcing for a better world: On the relation between IT affordances and donor motivations in charitable crowdfunding. Information Technology & People.
Gerber, E. M., Hui, J. S., & Kuo, P.-Y. (2012). Crowdfunding: Why people are motivated to post and fund projects on crowdfunding platforms. Proceedings of the International Workshop on Design, Influence, and Social Technologies: Techniques, Impacts and Ethics, 2(11), 10.
Hidayanto, S., & Kartosapoetro, I. S. (2020). Strategi Digital Branding pada Startup Social Crowdfunding (Studi Kasus pada Kitabisa. com). KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 9(1), 19–33.
Hidayat, A. A. A. (2019). Platform Donasi Online dan Filantropi Digital (Kajian Aktivitas Filantropi dan Komodifikasi Kampanye Sosial melalui Kitabisa. com). UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Hine, C. (2020). Ethnography for the internet: Embedded, embodied and everyday. Routledge.
J, L. (2018). CAF WOrld Giving Index 2018: A GLobal View of Giving Trends. In Charities AId Foundation.
Kozinets, R. V. (2002). The field behind the screen: Using netnography for marketing research in online communities. Journal of Marketing Research, 39(1), 61–72.
Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual. Simbiosa Rekatama Media.
Pall, Z. (2015). Between ideology and international politics: the dynamics and transformation of a transnational Islamic charity. In Religion and the Politics of Development (pp. 177–200). Springer.
Sahid, G. T., Putri, I., Septiana, I. S., & Mahendra, R. (n.d.). Estimating the Collected Funding Amount of the Social Project Campaigns in a Crowdfunding Platform.
Salsabila, N., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Berdonasi Secara Online Pada Crowdfunding Platform Kitabisa. com. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 162–176.
Sari, A. P. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas Proyek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Berdonasi Secara Online Pada Platform Crowdfunding Kitabisa. Com. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sayagiri, G. (2021). Analisis Faktor-faktor Yang Memengaruhi Keberhasilan Crowdfunding Melalui Kitabisa. com.
Schwienbacher, A., & Larralde, B. (2012). Alternative types of entrepreneurial finance. In The oxford handbook of entrepreneurial finance.
Sidiq, R., Sofro, S., Jalil, A., & Achmad W, R. W. (2021). Virtual World Solidarity: How Social Solidarity is Built on the Crowdfunding Platform Kitabisa. com. Webology, 18(1).
Sitanggang, M. H. A., & Manalu, S. R. (2018). Memahami mekanisme Crowdfunding dan Motivasi Berpartisipasi dalam platform kitabisa. com. Interaksi Online, 6(3), 24–34.
Tarazi, M., & Breloff, P. (2010). Nonbank e-money issuers: regulatory approaches to protecting customer funds. Focus Note, 63, 1–10.
Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2004). Computer mediated communication. Sage.
Warapsari, D. (2020). Crowdfunding sebagai Bentuk Budaya Partisipatif pada Era Konvergensi Media: Kampanye# BersamaLawanCorona (Kitabisa. com). Avant Garde, 8(1), 1–19.
Wazis, K. (2017). Facebook Sebagai Media Komunikasi Poltik: Analisis Media Siber Facebook Dr. Faida, MMR. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 6(1), 38–46.
Wicks, M. (2013). Crowdfunding-an introduction. Victoria: Blue Beetle Books.
Published
2022-09-24
How to Cite
Susilawaty, F., & Halika, L. O. (2022). DONASI RAME-RAME : ANALISIS MEDIA SIBER KITABISA.COM. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 134-144. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i1.129