BUDAYA KOREAN WAVE SEBAGAI KOMODITAS INDUSTRI MEDIA INDONESIA

  • Mahardika Mahardika Universitas Padjadjaran
  • Eni Maryani Universitas Padjadjaran
  • Edwin Rizal Universitas Padjadjaran
Keywords: Korean Wave, Budaya Pop, Industri Media, Komoditas Budaya

Abstract

Korean Wave sebagai fenomena globalisasi budaya menjadi sebuah istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan penyebaran budaya Korea dalam berbagai bidang kebudayaan. Produk-produk kebudayaan yang ditawarkan oleh Korea Selatan adalah berupa film, drama Korea, musik pop Korea (K-Pop), mode fashion, bahasa Korea, kuliner, teknologi, dan sub-kebudayaan lainnya yang memiliki unsur budaya Korea di dalamnya. Salah satu dampak dari hadirnya Korean Wave adalah dominasi konten kebudayaan pada berbagai negara di dunia dan salah satunya adalah Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti mengenai komoditas budaya dalam konteks Korean Wave dan eksistensi budaya pada industri media di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif analisis studi literatur untuk memaparkan kajian mengenai Korean Wave, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan penelitian terkait Korean Wave. Pertama adalah komoditas kebudayaan Korea yang hadir secara trans-nasional mengalami ekspansi besar seiring berjalannya waktu dalam konteks komoditas budaya. Kedua adalah masuknya konten kebudayaan Korea pada industri media Indonesia dipandang menjadi sebuah imperialisme budaya yang berimplikasi pada penyesuaian konten-konten lokal di Indonesia. Ketiga adalah mengenai strategi serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penetrasi Korean Wave dalam konteks global. Korean Wave dipandang menjadi sebuah produk komoditas budaya oleh Korea Selatan untuk berdiplomasi sesuai dengan Teori Soft Power. Diplomasi budaya ini menjadi upaya yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam rangka nation branding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anholt, S. (2008). ‘Nation Branding’ in Asia. Place Branding and Public Diplomacy, 4(4), 265–269. https://doi.org/10.1057/pb.2008.22
Bok-rae, K. (2015). Past, Present and Future of Hallyu (Korean Wave). American International Journal of Contemporary Research, 5(5), 154. https://www.academia.edu/download/55837876/19.pdf
Chua, B. H., & Iwabuchi, K. (2008). East Asian Pop Culture: Analysing the Korean Wave. Hong Kong University Press.
Fedorak, S. (2009). Pop Culture: The Culture of Everyday Life. University of Toronto Press.
Geun, L. (2009). A Soft Power Approach to the “Korean Wave.” The Review of Korean Studies, 12(2), 123–137.
Hong, K. (2014). Nation branding of Korea. Cultural Policies in East Asia: Dynamics between the State, Arts and Creative Industries, 69–84. https://doi.org/10.1057/9781137327772
Huang, S. (2017). Social media and the new Korean Wave. Media, Culture & Society, 39(5), 773–777. https://doi.org/10.1177/0163443717707344
Huang, X. (2009). ‘Korean Wave’ — The Popular Culture, Comes as Both Cultural and Economic Imperialism in the East Asia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(8). https://pdfs.semanticscholar.org/c95d/55c879f3463c2414f61fa1928d38e2659325.pdf
Jang, G., & Paik, W. K. (2012). Korean Wave as Tool for Korea’s New Cultural Diplomacy. Scientific Research Publishing, 2(3), 196–202.
Jeong, J. S., Lee, S. H., & Lee, S. G. (2017). When Indonesians routinely consume Korean pop culture: Revisiting Jakartan fans of the Korean drama Dae Jang Geum. International Journal of Communication, 11, 2288–2307.
Jin, Dal Yong. (2007). Reinterpretation of cultural imperialism: Emerging domestic market vs continuing US dominance. Media, Culture and Society, 29(5), 753–771. https://doi.org/10.1177/0163443707080535
Jin, Dal Young, & Yoon, T. J. (2017). The Korean Wave: Retrospect and Prospect. International Journal of Communication, 11, 2241–2249. https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/6296/2047
Kartinawati, E. (2014). Demam Korea dan Imperialisme Budaya (Kajian booming tayangan Korea terhadap perubahan perilaku di masyarakat). Jurnal Komunitas, 3(1), 1–8. http://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JKOM/article/view/113/83
Kim, H., Kim, H., Chang, B. H., & Park, J. (2021). The Impact of Korean Wave on the Distribution of Consumer Goods Exports. Journal of Distribution Science, 19(4), 37–51. https://doi.org/10.15722/jds.19.4.202104.37
Kwon, S. H., & Kim, J. (2014). The cultural industry policies of the Korean government and the Korean Wave. International Journal of Cultural Policy, 20(4), 422–439. https://doi.org/10.1080/10286632.2013.829052
Larasati, D. (2018). Globalization on Culture and Identity: Pengaruh dan Eksistensi Hallyu (Korean-Wave) Versus Westernisasi di Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, 11(1), 109. https://doi.org/10.20473/jhi.v11i1.8749
Lee, S. J. (2011). The Korean Wave: The Seoul of Asia. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 2(1), 85–93.
Listiani, E., Mulyana, D., Rizal, E., & Mulyana, A. (2019). The Reception Audience of the Woman’s Beauty in Korean Drama. 307(SoRes 2018), 249–252. https://doi.org/10.2991/sores-18.2019.59
M.B.P, R. L., & Wahyuningratna, R. N. (2021). Representasi Imperialisme Budaya Korea Dalam Iklan Nutrisari Versi “Jung Min Butuh Vitamin.” Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2173
Maliangkay, R. (2006). When the Korean wave ripples. IAS Newsletter, 42, 2006.
NGII. (2019). National Atlas. ngii.go.kr. http://nationalatlas.ngii.go.kr/pages/page_2043.php#prettyPhoto
Park, Y.-S. (2015). Does the Rise of the Korean Wave Lead to Cosmetics Export? The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 2(4), 13–20. https://doi.org/10.13106/jafeb.2015.vol2.no4.13.
Park, Y. S. (2014). Trade in Cultural Goods: A Case of the Korean Wave in Asia. East Asian Economic Review, 18(1), 83–107. https://doi.org/10.11644/kiep.jeai.2014.18.1.276
Shim, D. (2006). Hybridity and the rise of Korean popular culture in Asia. Media, Culture and Society, 28(1), 25–44. https://doi.org/10.1177/0163443706059278
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Tambunan, S. M. G. (2017). Cultural Dynamics in a Globalized World. In Cultural Dynamics in a Globalized World. https://doi.org/10.1201/9781315225340
Valentina, Annisa & Istriani, R. (2012). Gelombang Globalisasi ala Korea Selatan. 1(2).
Wuryanta, E. W. (2012). Di antara Pusaran Gelombang Korea (Menyimak Fenomena K-Pop di Indonesia). Jurnal ULTIMA Comm, 4(2), 79–94. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v4i2.209
Yeonhee, Yoon & Yang, K. (2020). The Korean Wave from a Private Commodity to a Public Good. Korea University Press.
Yoon, Tae Jin & Jin, D. Y. (2017). The Korean Wave: Evolution, Fandom, and Transnationality. Lexington Books.
Youna, K. (2014). The Korean Wave: Korean Media Go Global. Routledge.
Published
2022-09-24
How to Cite
Mahardika, M., Maryani, E., & Rizal, E. (2022). BUDAYA KOREAN WAVE SEBAGAI KOMODITAS INDUSTRI MEDIA INDONESIA. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 121-133. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i1.132