Budaya Streetwear di Jakarta Sebagai Dampak Dari Globalisasi
Streetwear Culture in Jakarta as an Impact of Globalization
Abstract
Di era globalisasi, streetwear merupakan salah satu tren fesyen yang menarik di dunia dalam beberapa waktu terakhir. Gaya yang bebas dan tidak memiliki aturan ini pun mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Dari yang terkenal karena modenya yang sangat praktis hingga menjadi yang dihargai dari keaslian sebuah barang tersebut. Globalisasi memberikan perkembangan kepada budaya streetwear dan jika ditinjau melalui teori Interaksionisme Simbolik, simbol dari budaya sendiri telah berubah melalui maraknya interaksi di media sosial yang merubah simbol dan paradigma itu sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis data Miles & Huberman, dengan menghadirkan data melalui wawancara tiga narasumber yang meberikan kesimpulan bahwa semakin berkembangnya era, dan semakin beragamnya simbol-simbol streetwear, membuat nilai original streetwear pun menjadi berkembang juga.
Downloads
References
Hundreds, B. (2019). This is not a T-shirt a brand, a culture, a community - a life in . MCD/Farrar, Straus and Giroux.
Koesherwati, U., Hidayat, K., & Alfisyahr, R. (2019). Pengaruh fesyen Lifestyle Terhadap Purchase Intenton (Studi Pada Konsumen fesyen Streetwear Brand H&M Di Jabodetabek).
Menendez, E., & Nitschke, D. (2019). Streetwear Impact Report. Streetwear Impact https://strategyand.hypebeast.com/streetwear-report.
Muhammad, F. (2019, April 28). Tren Street Wear, TAK SEKADAR Gaya BUSANA Ratusan Juta Rupiah. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190428192028-33-69296/tren-street-wear-tak-sekadar-gaya-busana-ratusan-juta-rupiah.
Pramiswara, I. A. (2020). Komunikasi Nonverbal Gaya Berpakaian (Style) Dalam Subkultur Punk, Volume 1 No. 1(No. 1)
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Sahid, R. (2011). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman, Pasca Universitas Muhamadiyah Surakarta: Surakarta
Sella, Y. S. P. (2013). Analisa Perilaku Imitasi Dikalangan Remaja Setelah Menonton Tayangan Drama Seri Korea Di Indosiar ( Studi Kasus Perumahan Pondok Karya Lestari Sei Kapih Samarinda ). https://doi.org/10.18411/a-2017-023
Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah (p.307-308)
Widianto, F. R. (2015). Audience Adaptation Dalam Gaya Berpakaian (Studi Deskriptif Kualitatif Trend Jilboobs Pada Mahasiswi Yogyakarta). Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(2).