Budaya Streetwear di Jakarta Sebagai Dampak Dari Globalisasi

Streetwear Culture in Jakarta as an Impact of Globalization

  • Muhammad Dimyati Haq Institut Komunikasi & Bisnis LSPR
Keywords: Budaya, Streetwear, Interaksionisme Simbolik, Globalisasi

Abstract

Di era globalisasi,  streetwear merupakan salah satu tren fesyen yang menarik di dunia  dalam beberapa waktu terakhir. Gaya  yang bebas dan tidak memiliki aturan ini pun  mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Dari  yang terkenal karena  modenya yang sangat praktis hingga menjadi  yang dihargai dari keaslian sebuah barang  tersebut. Globalisasi memberikan perkembangan kepada budaya streetwear dan jika ditinjau  melalui teori Interaksionisme Simbolik, simbol dari budaya  sendiri telah berubah melalui  maraknya interaksi di media sosial yang merubah simbol dan paradigma itu sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis data Miles & Huberman, dengan menghadirkan data melalui wawancara tiga narasumber yang meberikan kesimpulan bahwa semakin berkembangnya era, dan semakin beragamnya simbol-simbol streetwear, membuat nilai original streetwear pun menjadi berkembang juga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhrunnisa, M. (2016). Gaya Busana Sebagai Media Pembentukkan Identitas Musik White Shoes and the Couples Company. Acta Dunia Komunikasi, 5(1)

Hundreds, B. (2019). This is not a T-shirt a brand, a culture, a community - a life in . MCD/Farrar, Straus and Giroux.

Koesherwati, U., Hidayat, K., & Alfisyahr, R. (2019). Pengaruh fesyen Lifestyle Terhadap Purchase Intenton (Studi Pada Konsumen fesyen Streetwear Brand H&M Di Jabodetabek).

Menendez, E., & Nitschke, D. (2019). Streetwear Impact Report. Streetwear Impact https://strategyand.hypebeast.com/streetwear-report.

Muhammad, F. (2019, April 28). Tren Street Wear, TAK SEKADAR Gaya BUSANA Ratusan Juta Rupiah. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190428192028-33-69296/tren-street-wear-tak-sekadar-gaya-busana-ratusan-juta-rupiah.

Pramiswara, I. A. (2020). Komunikasi Nonverbal Gaya Berpakaian (Style) Dalam Subkultur Punk, Volume 1 No. 1(No. 1)

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Sahid, R. (2011). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman, Pasca Universitas Muhamadiyah Surakarta: Surakarta

Sella, Y. S. P. (2013). Analisa Perilaku Imitasi Dikalangan Remaja Setelah Menonton Tayangan Drama Seri Korea Di Indosiar ( Studi Kasus Perumahan Pondok Karya Lestari Sei Kapih Samarinda ). https://doi.org/10.18411/a-2017-023

Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah (p.307-308)

Widianto, F. R. (2015). Audience Adaptation Dalam Gaya Berpakaian (Studi Deskriptif Kualitatif Trend Jilboobs Pada Mahasiswi Yogyakarta). Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(2).
Published
2023-03-27
How to Cite
Haq, M. (2023). Budaya Streetwear di Jakarta Sebagai Dampak Dari Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 173-182. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.158