Aktivitas Pemasaran Politik Partai Perindo

  • Celly Sompotan PRODI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
  • Silvanus Alvin Universitas Multimedia Nusantara
Keywords: Political Communication, Political Marketing, Political Party, Perindo

Abstract

Partai Perindo termasuk sebagai partai baru di perpolitikan Indonesia. Pada Pemilu 2019 lalu, Perindo belum berhasil memenuhi ambang batas persyaratan legislatif. Partai tersebut akan kembali berkompetisi di Pemilu 2024. Sebagai partai politik, maka komunikasi politik yang baik perlu dijalankan. Salah satu bentuk komunikasi politik adalah penerapan aktivitas pemasaran politik. Pemasaran politik dipahami sebagai serangkaian strategi yang telah disusun sedemikian rupa untuk memperkenalkan serta mempengaruhi keputusan publik sasaran sesuai dengan tujuan politik dari partai. Pemasaran politik dibutuhkan untuk membangun hubungan dengan publik sasaran, memperkenalkan partai ke publik sasaran non pengikut, merawat loyalitas pengikut, hingga meningkatkan elektabilitas. Penelitian kualitatif ini menerapkan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif selama tiga bulan. Temuan menarik dari penelitian ini adalah aktivitas pemasaran politik Perindo dititikberatkan pada strategi pull dan push political marketing. Selain itu, dari strategi yang dijalankan tampak Perindo berusaha mendekatkan diri dengan publik sasaran yang berasal dari generasi milenial dan Gen-Z. Melihat lebih dalam lagi, maka secara tingkat finansial yang dituju berasal dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, S. (2019). STRATEGY OF POLITICAL PARTY CAMPAIGN ON SOCIAL MEDIA (Case Study of Partai Soldaritas Indonesia in Criticizing the Indonesian Parliament Through YouTube). ICCD, 2(1), 494–499. https://doi.org/10.33068/iccd.Vol2.Iss1.196
Alam, S. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik. Avant Garde, 9(1), 67. https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1257
Alvin, S. (2019). Manajemen Citra Politik Prabowo Subianto Dan Sandiaga Uno Melalui Akun @Prabowo Dan @Sandiuno. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2). https://doi.org/10.24090/komunika.v13i2.2538
Alvin, S. (2020). Strategi Komunikasi Politik Juru Bicara Wakil Presiden 2014-2019 sebagai Humas Pemerintah. Jurnal Komunikasi, 14(1), 43–62. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.6031
Alvin, S. (2022a). ANALISIS FRAMING ISU PENUNDAAN PEMILU 2024 DI CNN INDONESIA.COM DAN KOMPAS.COM. Semiotika, 16(2), 133–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i2.3514
Alvin, S. (2022b). Komunikasi Politik di Era Digital: dari Big Data, Influencer Relations & Kekuatan Selebriti, hingga Politik Tawa. Yogyakarta: DeePublish.
Alvin, S. (2022c). Pariwisata Metaverse Indonesia dalam Kacamata Gen-Z. In T. H. Rachmad (Ed.), Ruang Pariwisata (pp. 89–108). Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).
Alvin, S. (2022d). Strategi Komunikasi Politik Caleg PSI Lolos DPRD Kota Bandung di Pemilu 2019. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 312–323. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i4.1167
Alvin, S. (2022e). The Evolution of Political Party in Indonesia: PSI Towards a Digital Party. Jurnal Komunikasi, 14(2), 423–445. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.18352
Andreas, R. (2020). Komodifikasi Ruang dalam Program Televisi di Indonesia. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 21–30. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32668
Asmarantika, R. A., Prestianta, A. M., & Evita, N. (2022). Pola konsumsi media digital dan berita online Gen Z Indonesia. Jurnal Kajian Media, 6(1). https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/ilkom/article/view/4818
Asshiddiqie, J. (2006). Partai Politik dan Pemilihan Umum sebagai Instrumen Demokrasi. Jurnal Konstitusi, 3(4), 6–27. https://www.mkri.id/public/content/infoumum/ejurnal/pdf/BOOK_Volume3nomor4Des2006.pdf#page=7
Backman, K. F. (2018). Event management research: The focus today and in the future. Tourism Management Perspectives, 25, 169–171. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2017.12.004
Budiardjo, M. (1997). Dasar-dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka Utama.
Farazian, T. A., & Paskarina, C. (2021). Political marketing in the 2019 local election: A case of the Indonesia solidarity party in the legislative election in Jakarta. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(5), 1–11. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0119
Febriansyah, F., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., & Hasna, S. (2021). Partai Politik Sebagai Political Brand. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 21(1), 68–73. https://doi.org/10.31294/jc.v21i1.9998
Gerbaudo, P. (2018). The digital party : political organisation and online democracy. Pluto Press. https://kclpure.kcl.ac.uk/portal/en/publications/the-digital-party(3b493088-e395-4251-9860-3fa7b64e8c16).html
Herrman, J. (2020). TikTok Is Shaping Politics. But How? The New York Times. https://www.nytimes.com/2020/06/28/style/tiktok-teen-politics-gen-z.html
Khamim, A. B. M., & Sabri, M. F. (2019). Konglomerasi Media dan Partai Politik: Membaca Relasi MNC Group dengan Partai Perindo. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 10(2), 112. https://doi.org/10.14710/politika.10.2.2019.112-134
Lindgren, S. (2017). Digital Media & Society. Sage Publication.
Mubarok, A. M. (2022). Survei CSIS: Elektabilitas Perindo Tembus 5,1%. Sindonews. https://nasional.sindonews.com/read/895669/12/survei-csis-elektabilitas-perindo-tembus-51-1664179756
Priana, A. (2020). Efektivitas Iklan Baliho Grace Natalie Dalam Meningkatkan Citra Diri Sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Tahun 2019. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1652
Putra, A. P. (2019). 5 Fakta Pemilu 2019, dari Jumlah Caleg, Pemilih hingga TPS. IDNTimes. https://www.idntimes.com/news/indonesia/adrian-permana-putra/5-fakta-pemilu-2019-dari-jumlah-caleg-pemilih-hingga-tps?page=all
Robin, P., Alvin, S., & Hasugian, T. (2022). Gen-Z Perspective on Politics: High Interest, Uninformed, and Urging Political Education. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(3), 183–189.
Robin, P., Fendista, S., & Adiwinata, A. (2020). Manuver dan Momentum Politik Joko Widodo: Analisis Wacana Kritis #JKWVLOG. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 43–58. https://doi.org/10.37715/calathu.v2i1.1259
Saptanti, E. I. (2020). Analisis Manajemen Impresi Ma’ruf Amin dalam Debat Pilpres 2019. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 262–284. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i2.1573
Setiawaty, D. (2018). MENDORONG PARTISIPASI PEMILIH MUDA MELALUI PENDIDIKAN POLITIK YANG PROGRAMATIK. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 3(1), 117–146.
Wardhani, P. S. N. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications. Sixth Edition. Sage Publication.
Yuliani, A. (2017). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media
Zulkarnaen, F., Adara, A. S., Rahmawati, A., Wartadiayu, L., & Pamungkas, M. D. (2020). Partisipasi Politik Pemilih Milenial pada Pemilu di Indonesia. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(2), 55–63. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i2.4554
Published
2023-03-27
How to Cite
Sompotan, C., & Alvin, S. (2023). Aktivitas Pemasaran Politik Partai Perindo. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 183-195. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.179