Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Minat Pengunjung Museum Affandi Yogyakarta

  • Dimas Yudho Prakoso Universitas Amikom Yogyakarta
  • Kartika Sari Yudaninggar Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: Potret Malam Affandi, Strategi Komunikasi, Museum, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Affandi Yogyakarta Melalui Kegiatan Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” Dalam Menarik Minat Pengunjung. Untuk mengetahui tujuan tersebut maka di usung 5 (lima) sub yang berfokus pada penelitian yaitu : perencanaan, pesan, media, kegiatan, dan tujuan. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan 1) Perencanaan yang dilakukan dengan berdiskusi dengan pihak terkait, yang diantaranya Ketua Pameran Museum Affandi Tim G-Art Management – Exhibition Creator dan para kurator untuk menentukan tema yang akan diangkat. 2) Pesan yang akan disampaikan dalam kegiatan ini bersifat informatif mengenai arsip-arsip dan koleksi lukisan yang ada Museum Affandi Yogyakarta. 3) Media yang digunakan dalam Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” adalah media publikasi pihak Museum Affandi Yogyakarta menggunakan media sosial yaitu: Instagram, Facebook, dan Twitter.  4) Kegiatan yang dilaksanakan oleh Museum Affandi Yogyakarta adalah Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” untuk menarik minat pengunjung. 5) Tujuan dari adanya kegiatan Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” mengingatkan kembali pada sang maestro dan memberi informasi seputar perjalanan hidupnya selama di dunia seni yang dikemas dengan menarik dan menghibur untuk menarik minat pengunjung. Kesimpulan Museum Affandi Yogyakarta dengan adanya Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” mampu memberikan sajian informasi serta edukatif untuk menarik minat pengunjung mengenai koleksi arsip-arsip milik sang maestro kepada pengunjung dan Next Generation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elviza, R. (2018). Analisis Fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Dan Pengembangan (Bappedalibang) Dalam Menyusun Perencanaan Pembangunan Daerah Di Kabupaten Kuantan Singingi . Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Iis, S. (2011). Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Outdoor Study Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Murti, A. B. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Gunungapi Merapi dan Museum Affandi Yogyakarta dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Skripsi Universitas Islam Indonesia.
Nurbaeti, R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung Wisawatan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Taman Wisata "Genilangit" Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur) . Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Nuwidagdyo, P., Pradekso, T., & Ulfa , N. S. (2015). Strategi Komunikasi Museum Ranggawarsita. Interaksi Online, Vol. 3, No. 1.
Oliviana, S., Sugandi, & Sabiruddin. (2019). Makna Pesan Ukiran Arit Linawa Pada Masyarakat Daya Lundayeh Kalimantan Utara. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 7, Nomor 2, 42-53.
Prasetyo, N. E. (2019). Strategi Komunikasi Museum Geologi Bandung Melalui Kegiatan Day And Night At The Museum Dalam Menarik Minat Pengunjung. Other thesis Universitas Komputer Indonesia, 1-233.
Ramadhani, C., & Sudaryanto, E. (2022). Strategi Komunikasi Humas Melalui Instagram Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 02 No. 03 (2022), 74-81.
Sari, R. (2014). Orientasi Tujuan Pada Mahasiswa Riau (Pendekatan Indigenous Psychology). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Widiastuti, F. (2020). Peran Media Sosial Sebagai Sarana Strategi Promosi Museum Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Di Museum Basoeki Abdullah. Bachelor's thesis, Fakultas Adab dan Humaniora, 1-115.
Wijaya, R. T. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Satwa Batu Dalam Mempromosikan Museum Satwa Batu. COMMONLINE DEPARTEMEN KOMUNIKASI| VOL. 4/ NO. 1, 331-340.
Published
2023-03-27
How to Cite
Prakoso, D., & Yudaninggar, K. (2023). Pameran Arsip dan Seni Visual “Potret Malam Affandi” Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Minat Pengunjung Museum Affandi Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 205-215. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.183