KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA TEBUIRENG

  • An Nisa Dian Rahma Universitas Medan Area
  • Marlina Deliana, ms Universitas Medan Area
  • Angga Tinova Yudha, mr Universitas Medan Area
  • Selamat Riadi, mr Universitas Medan Area
  • Armansyah Matondang, mr
Keywords: Komunikasi Persuasif, Psikologi Komunikasi, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai komunikasi persuasif antara Guru dan Siswa di RA Tebuireng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana teknik komunikasi persuasif guru dalam pembentukkan karakter anak usia; 2) untuk mengetahui faktor yang menunjang dan menghambat proses komunikasi persuasif yang dilaksanakan oleh guru.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah 3 guru dan 1 kepala sekolah dengan 52 siswa terbagi dalam 3 kelas. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data yaitu data primer, angket dan data hasil wawancara dan data sekunder. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa komunikasi persuasif guru dan cara guru dalam berkomunikasi terhadap anak cukup baik dan respon anak juga sudah cukup baik.  Para guru menggunakan perkataan lemah-lembut, tutur kata yang baik dan benar, memberikan perhatian, keteladanan dan kebiasaan atau sikap yang baik dalam sehari-hari.  Faktor-faktor yang menunjang ataupun menghambat proses komunikasi persuasif yang dilakukan guru dalam membentuk karakter anak usia dini yaitu berdasarkan faktor intern, instink, keluarga dan kebiasaan. faktor ekstern lingkungan pergaulan, lingkungan bermain anak dan lingkungan sekolah.

 

Keywords: Komunikasi Persuasif, Psikologi Komunikasi, Pembentukkan Karakter Anak Usia Dini

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azeharie, S dan Nurul Khotimah. 2015. Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman. Jurnal: Universitas Tarumanagara
Bagong, S. dan Sutinah. 2011. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan, Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshu. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Khoironi, Mulianah. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Prenada Media Group.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugrohoningsih, Dwi. Dkk. 2015. Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat. Jurnal: Universitas Tanjungpura.
Oktafiah, Nur Apni. Komunikasi Persuasif Guru Dan Murid Dalam Membentuk Akhlakul Karimah (Studi Kasus Pada Taman Kanak-Kanak Islam Al-Furqan Kabupaten Enrekang). Skrpsi: Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.
Risnawati, Vivit. 2012. Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Di Taman Kanak-Kanak Padang. Skripsi: Universitas Negeri Padang.
Setyawan, Adi. 2015. Komunikasi Persuasif Guru Dalam Membangun Kreativitas Anak Usia Dini Pada Tk Melati Putih Desa Bukit Kratai. Jurnal: Universitas Riau
Published
2023-03-27
How to Cite
Rahma, A. N., Deliana, M., Yudha, A., Riadi, S., & Matondang, A. (2023). KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA TEBUIRENG. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 304-313. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.200