AKOMODASI KOMUNIKASI PASANGAN SUAMI ISTRI BEDA KEWARGANEGARAAN (INDONESIA-TURKI)

  • Megi Primagara universitas muhammadiyah tangerang
  • Khoiru Nisa Nur Hasanah universitas muhammadiyah tangerang
Keywords: Komunikasi antarpribadi, akomodasi komunikasi, Interpersonal communication, communication accommodation

Abstract

ABSTRAK

Pasangan suami istri beda negara memiliki kendala dalam berkomunikasi, sehingga menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan efektif. Belum lagi hambatan yang muncul dimana terkait dengan masalah identitas budaya, terutama bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk akomodasi komunikasi pasangan suami istri beda kewarganegaraan (Indonesia-Turki) dan untuk mengetahui hambatan komunikasi yang terjadi pada pasangan suami istri beda kewarganegaraan itu. Penelitian ini menggunakan teori akomodasi komunikasi, dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan pasutri beda negara melakukan bentuk akomodasi komunikasi konvergensi dan divergensi dalam berkomunikasi dengan pasangannya menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Turki. Sementara, hambatan yang dialami pasangan suami istri beda kewarganegaraan ini ialah keterbatasan dalam pemahaman bahasa pasangan.

Kata Kunci : Komunikasi antarpribadi, pasangan suami istri beda kewarganegaaran, akomodasi komunikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dea Melinda, Fajar Haryanto, & Ferdiah Oktaviani. (2020). Pola Komunikasi Lintas Budaya pada Pasangan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Jurnal Public Relation dan Media Komunikasi, 2(2).
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Luthfie Yanuar & Muhammad Kevin. (2020). Model Komunikasi Manajemen Konflik Perkawinan Campuran (Studi Kasus pada Pasangan Suami Istri Berbeda Kewarganegaraan). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2.
Lusiana Andriani, Anang Jati, & Syarifudin Pohan. (2020). Komunikasi Antar budaya dalam Perkawinan Beda Warga Negara. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group.
Pujileksono, S. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.
Qaimi, A. (2009). Pernikahan Masalah dan Solusinya. Jakarta: Cahaya.
Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi. Jakarta: Buku Seru.
Suranto, A. W. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Pustaka Setia.
Wahyuningtyas, B. P. (2018). Dinamika Komunikasi dalam Relasi Perkawinan antara Pria Warga Negara Asing dan Wanita Indonesia (Vol. 2).
West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Published
2023-10-24
How to Cite
Primagara, M., & Nur Hasanah, K. (2023). AKOMODASI KOMUNIKASI PASANGAN SUAMI ISTRI BEDA KEWARGANEGARAAN (INDONESIA-TURKI). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(1), 136-145. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i1.204