Primordialisme dan Agenda Media dalam Pilkada Langkat

  • Nurhalim Tanjung Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan
Keywords: Primodialisme, Pilkada, Langkat, Waspada

Abstract

Media massa kerap menjadikan faktor primordialisme sebagai segmentasi audiensi. Kecenderungan ini merupakan orientasi ekonomi politik media, yang tampak semakin jelas dalam menyambut peristiwa politik seperti pemilihan kepala daerah (Pilkada). Media massa berperan besar untuk mengekpresikan pilihan politik terhadap kandidat tertentu. Peran ini semakin efektif  jika media massa mampu merancang segmentasi audiensi berdasarkan faktor primordial dalam komunitas di wilayah peredarannya sehingga masyarakat mempunyai kedekatan bahkan sense of  belonging  terhadap media tersebut. Harian Waspada berhasil mengambil posisi itu di Sumatera Utara, termasuk Langkat. Agenda pemberitaan yang  saling mempengaruhi dengan kelompok kepentingan  di daerah ini  membuat suratkabar ini muncul sebagai ikon dan barometer bagi masyarakat, termasuk dalam menentukan pilihan politik. Kondisi ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak, dimana pasar Waspada akan semakin kuat sehingga berkontribusi terhadap ekonomi dan kredibilitas politiknya sendiri, sedangkan masyarakat pun mendapatkan  media “seagenda” untuk mempopularitaskan sekaligus  memenangkan kandidat yang menjadi pilihan politik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Curran, James & Michael Gurevitch. 2000. Mass Media and Society. London: Arnold
Kurniawan, Robi Cahyadi.Kampanye Politik: Idealitas dan Tantangan dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, Volume 12 Nomor 3 Tahun 2009.
McLuhan, Marshall dan Quentin Fiore. 1967. The Medium is the Message.New York. Bantam Books.
Said, Prabudi. 2006. Berita Peristiwa 60 Tahun Waspada. Medan. PT Prakarsa Abadi Press
Sen, Krishna Sen & David T Hill. 2000. Media, Culture, and Politics in Indonesia. Oxford University Press.
Subiakto, Henry dan Rachmah Ida. 2012. Komunikasi Politik, Media, & Demokrasi. Jakarta: Prenada Media.
Tankard, Jr. James dan Severin, Werner J. 2005. Teori Komunikasi, Sejarah, Metode dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Prenada Media.
Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Primordialisme diakses Kamis, 20 Maret 2014
Website Resmi Pemerintah Kabupaten Langkat: http://www.langkatkab.go.id diakses Kamis, 20 Maret 2014
Published
2023-04-03
How to Cite
Tanjung, N. (2023). Primordialisme dan Agenda Media dalam Pilkada Langkat. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 314-318. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.205