Efektivitas EFEKTIVITAS PEMBANGUNAN PEMERINTAH KOTA MEDAN DALAM MENERAPKAN PERUBAHAN ARUS JALAN

Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka

  • Nurul Hidayat UIN Sumatera Utara
Keywords: Pembangunan, Arus Jalan, Pemerintah Kota Medan

Abstract

Pembangunan merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengembangkan masyarakat dilakukan agar mereka memperoleh peningkatan kehidupan dan kesejahteraan, baik dari sisi material maupun sisi spiritual. Pemerintah Kota Medan mengeluarkan kebijakan baru mengenai perubahan arus jalan di sekitar 12 titik yang diberlakukan pada November 2022, disamping sedang melaksanakan pembangunan dibeberapa tempat. Tujuan diberlakukannya kebijakan ini untuk mereduksi kemacatan dan menertibkan lalu lintas. Sementara itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari pembangunan kebijakan dari Pemerintah Kota Medan mengenai perubahan arus jalan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan oleh peneliti merupakan data langsung yang disampaikan oleh informan penelitian, sehingga menghasilkan sebuah data deskripsi berupa kata-kata, catatan yang berhubungan dengan makna serta nilai ataupun pengertian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disetiap kebijakan yang diberlakukan tentu mendapatkan pro dan kontra dari masyarakat Kota Medan, namun berbicara tentang efek, dan dampak dari kebijakan tersebut untuk masyarakat tergantung dari persepsi masyarakat yang menilainya. Yang pasti kebijakan ini diberlakukan untuk kemaslahatan dan keselamatan bersama, tidak untuk pribadi dari Pemerintah Kota Medan. Dengan harapan kebijakan ini dapat membangun Kota Medan menjadi Kota yang aman, nayaman, tertib dan sejahtera untuk masyarakat yang berada didalamnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto E, dan Rochajat H. (2017). Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Depok : Raja Wali Pers.

Nasution, Z. (1996). Komunikasi Pembangunan, Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
‘Alam. A. F. 2016. Simulasi Pengaruh Manajemen Arus Jalan Dua Arah Menjadi Arus Jalan Searah. Skripsi. Program Studi Teknik Mesin dan Industri. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Amalia. F. R. 2018. Strategi Komunikasi Pembangunan Pemanfaatan Dana Alokasi Nagari (Di Nagari Limo Kaum Sumatera Barat). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Anwar. S. 2004. Pengaruh Perubahan Arus Lalu Lintas Satu Arah Terhadap Kinerja Jaringan Jalan di Kasawan Pusat Kota Samarinda. Skripsi. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Universitas Diponegoro Semarang.
Lestari. N. P. 2016. Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Ketertiban Lalu Lintas Pada Satlantas Polresta Kota Palembang. Skripsi. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri Raden Fatih Palembang.

Aini, N. (2016). Strategi Komunikasi Satlantas Polres Penajam Paser Utama Dalam Mensosialisasikan Tertib Lalu Lintas Untuk Menertibkan Tingkat Kecelakaan Tahun 2015. Jurnal Ilmu Komunikasi , 4, 280-289.
Amanah, S. (2010). Peran Komunikasi Pembangunan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Jurnal Komunikasi Pembangunan , 8, 1-19.
Armawan, I. (2021). Strategi Komunikasi Pembangunan Masyarakat. Dawatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam , 1, 84-95.
Harun, R., & Ardianto, E. (2017). Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Depok: Raja Wali Press.
Hendra, T. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. JURNAL AT-TAGHYIR , 1, 136-152.
Kifli, G. C. (2017). Strategi Komunikasi Pembangunan Pertanian Pada Komunitas Dayak Di Kalimantan Barat. Forum Penelitian Agro Ekonomi , 25, 117-125.
Ramadhani, R. W., & Prihantoro, E. (2020). Strategi Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Dalam Menerapkan Nawacita dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pembangunan , 18, 117-129.
Siregar, R. B., Rohani, L., & Devianty, R. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Komunikasi Pembangunan Di Kota Medan. Sibatik Journal , 2, 1047-1054.
Sukwanti, T. K. (2012). Kajian Dampak Perubahan Biaya Operasional Kendaraan (BOX) Akibat Pengalihan Arus Lalu Lintas Dari Ruas Jalan Candas Pangeran Ke Jalur Alternatif. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota , 23, 1-18.
Published
2023-10-24
How to Cite
Hidayat, N. (2023). Efektivitas EFEKTIVITAS PEMBANGUNAN PEMERINTAH KOTA MEDAN DALAM MENERAPKAN PERUBAHAN ARUS JALAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(1), 59-66. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i1.240