MEMAHAMI PENDEKATAN POSITIVIS, KONSTRUKTIVIS DAN KRITIS DALAM METODE PENELITIAN KOMUNIKASI

  • Febry Ichwan Butsi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan
Keywords: Paradigma, Positivis, Konstruktivis, Kritis

Abstract

Secara substantif, tujuan setiap penelitian khususnya di bidang ilmu komunikasi adalah mendapatkan pengetahuan. Namun dewasa ini fakta memperlihatkan bahwa bermacam-macam paradigma, pendekatan, metode hingga prosedur juga akan menentukan bermacam-macam pengetahuan yang akan dihasilkannya. ada dua paradigma besar dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuan sosial yaitu paradigma kuantitatif dan kualitatif.  Pada tahapan aplikatif paradigma tersebut dalam ranah ilmu komunikasi maka ada pendekatan-pendekatan yang merupakan cabang/turunan/subordinasi dari kedua paradigma tersebut. Dalam bingkai distingsi, tiga macam pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan positivis (Kuantitatif) serta  pendekatan kritis dan pendekatan konstruktivis (Kualitatif). Pada dasarnya para peneliti dan akademisi dari kedua pendekatan ini baik kuantitatif dan kualitatif beserta pendekatan metodologisnya sama-sama bekerja keras, berkomitmen, ketekunan dan integritas untuk memajukan ilmu pengetahuan walaupun cara yang mereka tempuh berbeda. Jadi intinya memang sebuah kebebasan akademis bagi setiap orang untuk melihat, menentukan metodologi yang mana yang akan dipakai, dan tentunya dapat berlaku bijak dalam menempatkan pendekatan yang pas atau kompatibel dengan masalah yang akan ditelitinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berelson B (1971). Content Analysis in Communication Research. Hafner Publishing, New York.

Bryant, Jennings and Dorina Miron (2004). Theory and Research in Mass Communication. Dalam International Communication Association 2004. Ms: 202-231

Deacon. D. Pickering (1999). Researching Communication: A Pratical Guide to Method in Media and Cultural Analaysis. London, Arnold.

Giddens, A. (1989). Social theory of modern societies: Anthony Giddens and his critics. Cambridge University Press.

Hardiman, F. B. (2003). Pustaka Filsafat Melampaui Positivisme dan Modernitas. Yogyakarta, Kanisius.

McQuail, Dennis (1987). Mass Communication Theory: an Introduction. Thousand Oaks California, Sage Publication.

Stokes, J. (2006). How to do media and cultural studies: Panduan untuk melaksanakan penelitian dalam kajian media dan budaya. Jakarta, Bentang Pustaka.

Severin, W.J. and Tankard, J. Werner (1977). Communication Theories: Origins, Methods, Uses in The Mass Media. New York, 4th ed. Longman.
Published
2019-10-09
How to Cite
Butsi, F. (2019). MEMAHAMI PENDEKATAN POSITIVIS, KONSTRUKTIVIS DAN KRITIS DALAM METODE PENELITIAN KOMUNIKASI. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1), 48-55. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v2i1.27