STRATEGI PENGELOLAAN INFORMASI PENGGURUSAN KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN PEMERINTAH KOTA MEDAN

  • Raden Deni Admiral Universitas Islam Sumatera Utara
  • SYLVY ANGGRAINI SYAHPUTRI Universitas Islam Sumatera Utara
Keywords: KTP, Humas, Pemerintahaan, Pengelolaan Informasi

Abstract

Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini ditandai dengan masih adanya berbagai kritikan dan keluhan masyarakat mengenai pelayanan kenyamanan. Sebagai contoh adanya masyarakat yang dipersulit ketika mengurus permohonan pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) di instansi pemerintah seperti dikenakan biaya ekstra untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat. Selain itu keluhan lain yang diungkapkan pengguna layanan yaitu adanya ketidakpastian waktu sehingga mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan. Ketidakpastian waktu dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap instansi pemerintah tersebut. Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat, maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas dalam mempublikasikan informasi mengenai pengurusan KTP. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian dinas kependudukan catatan sipil kota medan Jl.Iskandar Muda No.270, petisah tengah, Kec.Medan Petisah Kota Medan, Sumatera Utara. Dengan hasil pelayanan e-KTP seperti mekanisme pembuatan sidik jari, tandatangan, dan foto yang ada di kantor Disdukcapil Kota Medan dapat dikatakan sudah baik dan mudah dipahami oleh masyarakat/penduduk wajib KTP yang akan melakukan pembuatan e-KTP. Strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dalam sosialisasi KTP-el yaitu melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses perencanaan diawali dengan analisis stuasi, penetapan tujuan, menentukan khalayak dan menentukan media Pelaksanaan strategi komunikasi Dinas Dukcapil Kota Medan pada program KTP-el meliputi dua cara yaitu komunikasi tatap muka (face to fece) dan komunikasi bermedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro. 2004. Public relations: Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Ashari, Ade Hasan. 2015. Implementasi Program Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Bandung: Bumi Aksara
Anggoro, Linggar. 2008. Teori dan Profesi Humas. Jakarta: BumiAksara
Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi. Bandung: Amrico.
Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdarya.
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabet.
Published
2022-10-26
How to Cite
Admiral, R., & SYAHPUTRI, S. (2022). STRATEGI PENGELOLAAN INFORMASI PENGGURUSAN KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN PEMERINTAH KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 161-166. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i1.280